Ini Akibat Telat bayar bpjs 1 hari, 1 minggu, (1,2,3 bulan), (1,2,3,4 tahun)

Sampai dengan saat ini tahun 2018, permasalahan utama yang sering dialami oleh peserta bpjs kesehatan terutama peserta bpjs mandiri adalah telat bayar bpjs.

Mereka yang mengalami telat melakukan pembayaran bpjs dengan berbagai alasan, ada yang merasa terbebani, sengaja tidak dibayar iurannya atau bahkan ada yang lupa, sehingga jumlah hari keterlambatannyapun berbeda-beda satu sama lain, ada yang telat 1 hari sampai dengan 1 minggu, ada yang telat 1 bulan, 2 bulan maupun 3 bulan, bahkan ada yang terlambat sampai bertahun tahun baik 1 tahun, 2 tahun 3, tahun 4 tahun dan lebih dari 4 tahun.

telat bayar bpjs


Perlu diketahui, bahwa saat ini keterlambatan pembayaran iuran bpjs minimal 1 bulan saja, akan berdampak pada diblokirnya kartu bpjs atau dinonaktifkannya kartu bpjs peserta, sehingga kartu tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari bpjs sampai tunggakan semua dilunasi.

Karena banyaknya yang bertanya mengenai solusi dan konsekuensi keterlambatan pembayaran bpjs di artikel kali ini saya akan coba bahas apa yang harus dilakukan ketika anda terlambat membayar bpjs, baik 1 hari, 1 minggu 2 bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

Mengatasi Telat bayar bpjs 1 hari, 1 minggu, (1,2,3 bulan), (1,2,3,4 tahun)

Pembayaran BPJS seharusnya dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulan, namun dengan berbagai alasan banyak sekali peserta yang telat melakukan pembayaran.

Berikut adalah informasi untuk anda ketika anda telat membayar bpjs:

1. Telat bayar BPJS 1 Hari.

Untuk anda yang telat  membayar BPJS 1hari, jangan khawatir karena anda belum dianggap terlambat, sehingga kartu anda akan tetap aktif dan anda pun tidak akan terkena denda apapun

Yang harus anda lakukan adalah segera melakukan pembayaran jangan sampai melebihi 30 hari dari tanggal 10 di bulan bayar.

2. Telat Bayar iuran bpjs 1 minggu

Untuk anda yang telat bayar iuran BPJS selama 1 minggu, itu belum dianggap terlambat, dengan demikian kartu anda akan tetap aktif dan anda tidak akan mendapatkan konsequensi apapun, namun begitu segeralah bayar iuran bulanan bpjs anda.

3. Telat Bayar iuran bpjs 1 bulan

Pembayaran iuran BPJS baru dikatakan telat satu bulan jika anda membayar iuran bpjs di atas tanggal 10 di bulan berikutnya.

Misal pembayaran iuran bpjs di bulan agustus 2018 anda bayar tanggal 11 bulan september 2018, maka itu sudah dikatakan terlambat satu bulan.

Konsequensinya kartu anda akan dinonaktifkan untuk sementara sampai tunggakan dilunasi, dan anda akan terkenda denda rawat inap tingkat lanjut selama 45 hari.

Artinya jika anda menjalani rawat inap sebelum 45 hari sejak kartu diaktifkan kembali, maka anda akan mendapatkan denda rawat inap tingkat lanjut yang besarnya sebesar 2,5% dari biaya perawatan dikali jumlah bulan menunggak maksimal 12 bulan dan besarnya denda maksimal adalah sebesar 30.000.000.

Hal yang sama akan terjadi ketika anda terlambat bayar bpjs 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan dan seterusnya.

4. Telat bayar iuran bpjs 1,2,3,4,5 tahun atau lebih

Untuk anda yang telat membayar iuran bpjs selama 1,2, 3 atau 4 tahun atau lebih, maka konsequensinya jelas, kartu akan dinonaktifkan dan anda tidak akan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari BPJS.

Solusinya agar kartu bisa dipakai kembali adalah membayar seluruh tunggakan sekaligus untuk 1 keluarga terdaftar sesuai KK tanpa bisa dicicil.

Hal yang sama bisa terjadi untuk anda yang terlambat membayar iuran 2,3,4, 5 bahkan lebih dari 5 tahun.

Itulah informasi mengenai konsequensi ketika anda telat membayar iuran bpjs, semoga membantu.

loading...

0 Response to "Ini Akibat Telat bayar bpjs 1 hari, 1 minggu, (1,2,3 bulan), (1,2,3,4 tahun)"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel