Belum Mendapatkan Nomor Virtual account (VA) BPJS Ini yang harus anda lakukan ?

Nomor Virtual Account BPJS kesehatan atau disebut sebagai VA keluarga adalah nomor referensi yang harus digunakan peserta untuk membayar iuran pertama bpjs kesehatan, Nomor VA biasanya diberikan langsung setelah proses pendaftaran selesai, setelah nomor VA diterima umumnya peserta harus melakukan pembayaran iuran pertama setelah 14 hari sampai 30 hari sejak nomor VA tersebut anda terima.

Sistem pemberian nomor via saat ini berbeda dengan sebelumnya, jika sebelumnya nomor va langsung diberikan pada saat pendaftaran selesai dilakukan, namun saat ini nomor VA dikirim via SMS ke nomor hp yang digunakan pada saat melakukan pendaftaran,  baik pendaftaran dilakukan secara offline di kantor bpjs kesehatan maupun online.

Terkait nomor va ini ada satu permasalahan yang sering sekali dialami oleh peserta yang baru pertama kali melakukan pendaftaran, SMS nomor virtual account (VA) tidak kunjung diterima padahal sudah lebih dari 3 hari sejak melakukan pendaftaran.

solusi jika nomor virtual account belum dikirim via sms

Ada beberapa penyebab kenapa SMS yang berisi nomor VA tidak kunjung diterima, bisa karena nomor hp yang digunakan ketika melakukan pendaftaran tidak dalam keadaan aktif atau sudah tidak aktif, atau juga bisa karena sistem bpjs yang mengalami gangguan sehingga nomor VA tidak bisa dikirim melalui SMS pada waktu yang tepat.

Perlu diperhatikan, jika nomor VA tidak kunjung diterima setelah melakukan pendaftaran, maka anda sebaiknya harus segera mengupayakan untuk mendapatkan nomor VA, karena jika terlalu lama dibiarkan, anda akan terkendala untuk melakukan pembayaran iuran pertama dan itu artinya kartu bpjs pun tidak akan bisa dicetak.

Baca juga: Cara mencetak e-ID BPJS Sendiri, jika link tidak dikirim via email

Selain itu seandainya anda sudah menerima nomor VA baru sebagai pengganti nomor VA sebelumnya yang tidak kunjung anda terima, maka biasanya nomor VA baru terssebut akan terkena waktu tunggu selama 2 minggu atau 14 hari untuk pembayaran iuran pertamanya, itu artinya anda harus menunggu lagi dan lagi.

Solusi yang harus anda lakukan jikaNomor VA tidak kunjung dikirim melalui SMS?

Jika anda kebetulan sudah melakukan pendaftaran bpjs kesehatan mandiri, lalu anda belum menerima nomor va yang dikirim melalui sms ke nomor hp anda, maka jangan menunggu lama, sebaiknya upayakan untuk mendapatkan nomor va tersebut, agar iuran pertama bpjs kesehatan anda bisa segera dibayarkan dan kartu bpjs anda bisa segera dicetak.

Hal-hal yang bisa anda lakukan jika nomor Virtual account bpjs anda tidak kunjung anda terima melalui sms adalah sebagai berikut:

1. Lakukan panggilan melalui care center bpjs 1400500.

Salah satu alternatif yang bisa anda lakukan jika nomor VA BPJS tidak kunjung anda terima adalah melakukan panggilan ke nomor care center BPJS 1400500, siapkan NIK KTP/KK anda dan tanyakan kepada petugas bpjs kenapa nomor VA untuk keluarga anda tidak kunjung dikirim via SMS.

Jika mereka meminta nomor HP anda pastikan nomor hp yang diberikan dalam keadaan masih aktif, agar nomor VA baru bisa dikirim ulang.

2. Buat laporaan pengaduan di situs lapor.go.id

Jika anda malas untuk datang ke kantor BPJS, maka cara yang kedua yang bisa anda tempuh jika nomor Virutal account bpjs kesehatan anda tidak kunjung anda terima melalui SMS adalah membuat laporan pengaduan di situs lapor.go.id.

Situs lapor.go.id adalah situs resmi pemerintah yang dapat digunakan sebagai media informasi dan pengaduan, silahkan buat akun dan buat laporan pengaduan pada situs tersebut.

Jangan lupa untuk menjelaskan kronologis pendaftaran dan minta informasi virtual account anda, selanjutnya jangan lupa selalu cek laporan anda,  laporan anda biasanya akan di respon oleh pihak BPJS yang akan memberikan informasi mengenai virtual account anda.

3. Datang ke kantor BPJS terdekat

Cara terakhir jika kedua cara di atas tidak membuahkan hasi, maka anda harus mendatangi kantor BPJS tempat anda melakukan pendaftaran, silahkan tanyakan ke petugas BPJS kenapa nomor VA belum juga dikirim via SMS.

Petugas BPJS akan menginformasikan nomor viartual account bpjs anda yang bisa anda gunakan untuk membayar iuran pertama guna mendapatkan kartu BPJS kesehatan.


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait solusi ketika nomor virtual account (VA) tidak kunjung dikirim via SMS. semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Belum Mendapatkan Nomor Virtual account (VA) BPJS Ini yang harus anda lakukan ?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel