Pindah Faskes Tk1 BPJS bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, ini syarat dan ketentuannya!

Faskes tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang harus dikunjungi pertama kali ketika peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari BPJS. Faskses tingkat 1 bisa berupa puskesmas, poliklinik dan praktik dokter / dokter pribadi.

Faskes tk1 pada umumnya dipilih dan ditentukan ketika peserta melakukan pendaftaran bpjs. faskes yang harus dipilih adalah fasilitas kesehatan yang lokasinya dengan dengan domisili peserta.

Terkait fakses tingkat 1, ada salah satu pertanyaan yang sering sekali diutarakan oleh peserta BPJS, berapa kali pindah faskes bisa dilakukan, pertanyaan tersebut muncul karena ada banyak peserta bpjs yang sering sekali bepergian ke luar kota baik utnuk urusan pekerjaan, liburan maupun urusan lainnya.

Tentu saja ketika sedang berada di luar kota peserta tidak mungkin harus pulang terlebih dahulu untuk menjadlani pengobatan apabila sakit.

pindah faskes bpjs


Sebenarnya ketika peserta berada di luar kota sementara peserta dalam keadaan sakit dan ingin menjalani pengobatan gratis dengan bpjs, maka ada beberapa alternatif yang bisa dipilih, peserta bisa berobat di faskes terdekat dengan domosili peserta saat itu, atau peserta bisa pindah faskes memilih faskes terdekat dengan domisili peserta.

Jika peserta tidak ingin pindah faskes namun ingin tetap menjalani pengobatan di luar kota dengan BPJS, maka peserta harus meminta surat pengantar dari kantor bpjs setempat agar bisa mengunjungi faskes terdekat walaupun tidak sesuai dengan kartu peserta, agar tidak terjadi penolakan.

Namun peserta juga bisa mempertimbangkan untuk pindah faskes jika peserta banyak menghabiskan waktu di luar kota, agar ketika peserta dalam keadaan sakit dan ingin berobat dengan bpjs, maka peserta dapat mengunjungi faskes terdekat sesuai dengan pilihan peserta.

Berapa kali peserta bisa melakukan pindah faskes tingkat 1.

Sampai saat  ini  2018, saya pribadi belum mendapatkan informasi batasan jumlah pindah faskes, namun yang jelas salah satu syarat untuk melakukan pindah faskes adalah 3 bulan sekali.

Artinya anda baru bisa melakukan findah faskes dimanapun jika kepesertaan bpjs kesehatan anda sudah berusia minimal 3 bulan, atau 3 bulan dari perpindahan faskes sebelumnya.

Dengan demikian tidak ada batasan pindah faskes, selama masa kepesertaan anda sudah minimal berusia 3 bulan atau lebih atau 3 bulan dari pindah faskes sebelumnya, maka anda bisa pindah faskes dengan memilih faskes terdekat dengan domosili anda sesuai dengan yang anda inginkan.

Bagaimana prosedur cara pindah faskes ?

Jika kepesertaan bpjs anda sudah memenuhi syarat untuk pindah faskes, maka anda bisa melakukan pindah faskes dimanapun. Adapun prosedurnya sebagai berikut:

Persyaratan Pindah Faskes:

a. Copy dan asli Kartu Keluarga (KK)
b. Asli Kartu Peserta BPJS / KIS
c. Melampirkan surat keterangan domisili dari RT/RW setempat jika faskes yang anda pilih tidak sesuai KTP.
d. Membawa bukti pembayaran iuran bpjs 1 bulan terakhir (beberapa kantor bpjs terkadang meminta bukti ini, untuk memastikan aanda tidak memiliki tunggakan, lebih baik dipersiapkan agar tidak bulak-balik)

Prosedur pindah Faskes tingkat 1:

Saat ini pindah faskes sudah bisa dilakukan secara online maupun offline, untuk pindah faskes secara online bisa menggunakan aplikasi android mobile JKN yang bisa didownload di google playstore, sedangkan pindah faskes secara offline bisa dengan datang langsung ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan di atas.

Pindah faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN, kartu bisa dicetak melalui pesan yang dikirim via Email atau dicetak di kantor bPJS.

Sedangkan pindah faskes secara offline kartu bisa langsung dicetak pada hari itu Juga.

Kesimpulan

pindah Faskes tidak memiliki batasa, anda bisa melakukan pindah faskes berkali-kali sesuai dengan yang anda inginkan dengan syarat masa kepesertaan sudah minimal berusia 3 bulan atau 3 bulan dari pindah faskes sebelumnya.

Pindah faskes bisa dilakukan secara online maupun offline. lakukan pindah fakses dengan memilih faskes yang terdekat dengan tempat tinggal / domisili anda jika anda menghabiskan banyak waktu di lokasi tersebut.



loading...

0 Response to "Pindah Faskes Tk1 BPJS bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, ini syarat dan ketentuannya!"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel