Identitas pada KIS (Nik, Nama atau Tgl Lahir) tidak sesuai KTP/KK, ini solusinya !

Kartu KIS dalam hal ini adalah kartu Indonesia sehat yang didistribusikan oleh pemerintah khsus untuk warga miskin dan kurang mampu, kartu KIS tersebut sebenarnya adalah kartu BPJS kesehatan kelas 3 sebagai pengganti kartu Jamkesmas atau Jamkesda yang iuran bulannannya dibayarkan oleh pemerintah.

Dari banyaknya kartu yang berbedar saat ini ternyata permasalahan yang sering ditemukan adalah Adanya perbedaan antara data yang tertera di Kartu KIS dengan data asli yang terdapat di KTP atau KK, seperti misalnya data NIK tidak sama, data Nama bahkan tanggal Lahir.

Atau ada juga data di Kartu KIS sudah benar sesuai KTP dan KK, namun tidak sama dengan data Peserta di komputer yang bersumber dari master file BPJS.

Adanya perbedaan data tersebut tentu saja jika dibiarkan bisa bermasalah, karena dapat menghambat pelayanan kesehatan peserta ketika berobat di faskes tingkat 1 (puskesmas), karena ketika peserta ingin menjalani pelayanan kesehatan petugas kemungkinan akan mendapati adanya perbedaan data antara data di Kartu dengan data Online di komputer yang bersumber dari data Master File (MF) BPJS.



Sehingga saat ini karena kejadian tersebut, banyak para peserta yang mengeluhkan tidak tuntasnya pelayanan kesehatan di puskesmas ketika mereka ingin berobat gratis dengan BPJS dengan alasan identitas tidak sesuai dan harus melakukan perbaikan atau pembaharuan identitas dulu.

Karena masih banyak peserta yang tidak tau solusi untuk memperbaiki perbedaan data identitas antara KArtu KIS dan data asli peserta yang terdapat di KTP atau KK, maka melalui artikel kali ini saya akan berbagi informasi cara memperbaikinya.

Solusi Jika Identitas di Kartu KIS tidak sesuai dengan Data KTP atau KK

Untuk anda yang kebetulan memiliki kartu KIS yang sudah diketahui identitas pada kartu tersebut tidak sesuai dengan data identitas yang terdapat pada Kartu Keluarga (KK) atau KTP, atau data di Kartu Sudah benar, namun berbeda dengan master data di komputer Petugas BPJS. maka langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut:

Cara ke #1. Datang ke kantor BPJS terdekat 

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS setempat di kota anda dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

  • Membawa Copy Kartu Keluarga (KK) yang identitasnya sudah valid.
  • Membawa Copy KTP
  • Membawa Kartu KIS
Bilang ke petugas ingin memperbaiki kesalahan identitas yang tercantum di Kartu KIS.

Petugas akan membantu anda untuk memperbaiki data anda dengan data yang valid, dan jika memang tidak seusai maka petugas akan melakukan perbaikan pada data di kartu Anda dan data pada master file BPJS.

Jika data Identitas yang terdapat pada Kartu salah, seperti data NIK, data tanggal lahir maupun data Nama, maka anda akan mendapatkan penggantian kartu BPJS dari petugas.

Cara di atas harus anda lakukan untuk anda yang kebetulan mendapatkan kartu KIS dengan data yang salah tidak sesuai dengan data Asli yang terdapat di KTP atau Kartu Keluarga (KK).

Cara ke #2 : Membuat Laporan pengaduan di itus lapor.go.id

Selain secara langsung, anda juga sebenarnya bisa memperbaiki data anda dengan cara membuat laporan pengaduan di situs pemerintah lapor.go.id.

Cara ini Cocok sekali untuk anda yang kebetulan mendapatkan Kartu KIS dengan data identitas yang benar, namun ketika digunakan untuk berobat ternyata data di master file BPJS Salah karena tidak sama dengan data yang terdapat di kartu KIS anda.

Silahkan kunjungi situs lapor.go.id, lalu buat akun disana kemudian buat laporan pengaduan dengan judul Pembetulan Identitas Pada KIS yang ditujukan ke Pihak BPJS kesehatan.

Pihak BPJS melalui situs lapor akan mengimformasikan kepada anda, jika memang dapat dibuktikan bahwa data anda salah, maka data anda akan diperbaiki. 



Cara di atas sebarnya bukan hanya untuk pemegang kartu KIS peserta PBI saja, namun berlaku juga untuk anda pemegang kartu KIS atau kartu BPJS sebagai peserta Mandiri atau BPJS keluarga.

Semoga mengenai cara memperbaiki data identitas pemegang kis di atas bisa membantu anda mendapatkan informasi yang anda butuhkan.


loading...

0 Response to "Identitas pada KIS (Nik, Nama atau Tgl Lahir) tidak sesuai KTP/KK, ini solusinya !"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel