Kartu KIS Belum dikirim ke rumah lebih dari 7 hari ambil ke kantor bpjs kesehatan

Kartu KIS atau kartu BPJS bisa kita dapatkan ketika kita sudah melakukan pendaftaran bpjs dan iuran pertama bpjs sudah dibayarkan.

Setelah calon peserta melakukan pendaftaran bpjs, umumnya tidak langsung mendapatkan kartu bpjs, namun peserta akan mendapatkan nomor virtual account (VA), atau nomor referensi rekening tujuan yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran pertama bpjs.

Pembayaran iuran pertama bpjs biasanya harus dibayarkan setelah 14 sampai dengan 30 hari sejak VA diterima, setelah iuran pertama dibayarkan, maka peserta akan memperoleh kartu bpjs atau kartu KIS yang harus diambil ke kantor bpjs dengan membawa bukti pembayaran iuran pertama, kartu keluarg (KK), dan juga KTP.

Pada mulanya proses untuk mendapatkan kartu bpjs dirasa kurang efektif karena peserta harus rela bulak-balik ke kantor bpjs untuk mencetak kartu setelah peserta melakukan pembayaran iuran pertama bpjs.



Namun peraturan tersebut saat ini sepertinya sudah mulai dibenahi, kini untuk mendapatkan kartu BPJS peserta tidak perlu bulak-balik ke kantor BPJS, karena setelah iuran pertama dibayarkan, maka dalam waktu maksimal 6 x 24 jam atau 6 hari, kartu akan dikirimkan ke alamat rumah peserta.

Tapi sayangnya ada banyak kasus dimana kartu bpjs belum diterima, padahal sudah lebih dari 7 hari sejak dilakukan pembayaran iuran pertama, sehingga peserta banyak yang belum memiliki kartu BPJS.

Mungkin ada banyak penyebab kenapa kartu bpjs tidak sampai ke rumah, bisa karena alamat rumah sulit dijangkau, alamat rumah salah, atau kartu memang belum dikirim karena membludaknya peserta.

Kartu KIS Belum dikirim ke rumah lebih dari 7 hari ambil ke kantor bpjs kesehatan

Seharusnya kartu BPJS akan dikirim ke alamat peserta paling lambat sampai dengan 6 hari sejak pembayaran iuran pertama.

Namun jika setelah lebih dari 7 hari kartu masih belum juga anda terima, maka sebaiknya anda melakukan upaya-upaya untuk mendapatkan kartu tersebut.

Upaya yang disarankan adalah langsung mendatangi kantor bpjs tempat anda melakukan pendaftaran untuk mendapatkan kartu, pihak BPJS akan membuatkan atau mencetak kartu bpjs anda.

Untuk mendapatkan kartu bpjs di kantor bpjs persyaratan yang harus anda bawa adalah sebagai berikut:

1. Membawa bukti pembayaran iuran pertama.

2. Membawa Copy kartu Keluarga (KK)

3. Membawa Copy KTP.

Silahkan ikuti prosedur untuk mendapatkan kartu di kantor BPJS, berikan berkas di atas ke petugas bpjs, dan sampaikan tujuan anda, maka petugas bpjs akan mencetak kartu KIS untuk anda.


loading...

0 Response to "Kartu KIS Belum dikirim ke rumah lebih dari 7 hari ambil ke kantor bpjs kesehatan"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel