#5 Cara mudah cek Saldo dana JHT BPJS Ketenagakerjaan / JAMSOSTEK

BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ekonomi kepada warga negara indonesia yang sudah bekerja. Sebenarnya BPJS ketenagakerjaan merupakan program peralihan dari Jamsotek atau jaminan sosial tenagakerja, program-program yang diusung bpjs ketenagakerjaan tidak jauh berbeda dengan program pendahulunya jamsostek, yang meliputi JHT (Jaminan hari tua), Jaminan kematian (JK), Jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan satu tambahan lagi adalah Jaminan Pensium (JP), sedangkan jaminan kesehatan yang sebelumnya merupakan program JAMSOSTEK kini digabung ke dalam bpjs kesehatan.

Kepesertaan bpjs ketenagakerjaan sifatnya wajib untuk semua warga negara indonesia yang sudah bekerja, baik di sektor formal maupun informal, yang meliputi pekerja penerima upah selain penyelenggara negara dan pekerja penerima upah (pemberi kerja atau pekerja mandiri).

Perusahaan yang mendaftarkan setiap pekerjanya sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan wajib membayar iuran bulanan yang besarnya ditentukan dari upah para pekerja, sebagian dipotong dari upah pekerja dan sebagian lagi dibayar oleh perusahaan.

Salah satu program BPJS ketenagakerjaan yang saldonya bisa diambil adalah Program Jaminan Hari Tua, Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya terkait cara mencairkan saldo JHT Jamsostek, ada 2 peluang untuk melakukan pencairan saldo JHT,  bisa dicairkan 10% atau 30% ketika pekerja masih dalam keadaan bekerja, atau 100%  ketika pekerja sudah tidak lagi bekerja.

Tentunya Dana JHT ini bisa digunakan oleh peserta layaknya sebagai uang tunjungan manakala pekerja sudah tidak lagi bekerja, karena uang dana JHT baru bisa diambil 100% setelah peserta sudah tidak lagi bekerja minimal 1 bulan, selain itu peserta pun dapat dengan mudah memonitor berapa jumlah saldo dana JHT miliknya.

Untuk anda yang kebetulan saat ini sudah menjadi peserta bpjs ketenagakerjaan dan belum mengetahui cara mengetahui saldo dana JHT miliknya, maka anda beruntung membaca artikel ini, karena di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mudah mengecek saldo JHT, sehingga anda bisa mengetahui berapa saldo dana JHT milik anda yang bisa anda cairkan.

Cara  mudah cek  Saldo JHT (Jaminan hari tua) bpjs ketenagakerjaan / JAMSOSTEK

Untuk mengecek saldo jamsotek ada beberapa yang bisa kita tempuh yang meliputi sebagai berikut:

1. Cek saldo jht bpjs tk di kantor BPJS.

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengetahui jumlahs aldo JHT adalah dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di kota anda.

Sayangnya menurut saya jika  datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan hanya untuk mengecek saldo JHT saja rasanya kurang praktis, karena anda biasanya harus menunggu antrian yang cukup panjang.

Namun begitu jika anda kebetulan memiliki waktu luang serta selain anda ingin mengetahui saldo dana JHT, anda juga ingin mendapatkan informasi lainnya terkait bpjs ketenagakerjaan, maka tidak ada salahnya untuk datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan.

Walaupun antrian banyak anda sebenarnya tidak akan rugi, karena di beberapa kantor bpjs tk sudah disediakan wifi gratis, minuman sehingga bisa anda manfaatkan sambil menunggu antrian.

2. Cek Saldo JHT Melalui ATM Bank BNI

Selain datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, anda juga sebenarnya bisa mengecek saldo BPJS TK melalui bank BNI.

Saat ini Bank BNI sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dan sudah menyediakan menu khusus untuk mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan.

Untuk anda yang kebetulan sudah menjadi nasabah bank BNI, anda bisa mengecek saldo dana BPJS anda termasuk dana JHT melalui atm BNI, caranya pun tidak sulit,  anda bisa mengeceknya dengan memilih menu  Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan.


3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS Gateway

Cara ke 3 yang bisa anda gunakan untuk mengecek saldo jht bpjs ketenagakerjaan adalah melalui layanan sms gateway.

Layanan sms gateway disediakan oleh bpje kertenagakerjaan sebagai salah satu alternatif yang dapat memudahkan peserta untuk mendapatkan informasi mengenai saldo bpjs ketenagakerjaan. Sayangnya untuk saat ini layanan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna kartu GSM (Telkomsel dan Indosat).

Langkah-langkah cek saldo bpjr ketenagakerjaan melalui sms gateway adalah sebagai berikut:

1.  Cara ke 1:
Ketik DAFTAR lalu Kirimkan SMS ke 2757 atau

Cara ke 2:
Langsung ketik Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(Bila ada).

2. Jika memilih cara 1, anda akan menerima SMS balasan berisi menu layanan yang dapat dipilih mulai dari cek SALDO, ganti hp, ganti PIN sampai status BPU.



3. Bila ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, anda cukup mengirimkan SMS di nomor yang sama dengan mengetikkan sms dengan format. Yaitu: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA kemudian kirim ke 2757

4. Anda akan menerima SMS balasan berupa informasi nilai upah, tanggal terakhir iuran dan posisi terakhir saldo.

4. Cek Saldo BPJS TK melalui Website BPJS Ketenagakerjaan.

Cara berikutnya untuk mengecek saldo bpjstk termasuk saldo JHT adalah melalui applikasi berbasis web BPJSTKU yang terdapat di situs resmi bpjs ketenagakerjaan.

BPJSTKU, adalah layanan untuk peserta khusus tenaga kerja untuk mendapatkan informasi Saldo JHT dan Rincian Saldo JHT tahunan. Tersedia juga informasi Profil perserta, simulasi Saldo JHT dan Formulir pengajuan Klaim online.


Laangkah-langkah cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan via BPJSTKU adalah sebagai berikut:

1. kunjungi situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

2. Lalu pada bagian atas sebelah kanan, pilih menu Layanan Peserta

3. Kemudian pilih tombol masuk pada opsi Tenaga Kerja (Layanan bagi Tenaga Kerja untuk cek Saldo, e-Klaim JHT, cetak Kartu dan Antrian Online)

cek saldo jht bpjs ketenagakerjaan

4. Kemudian pilih menu BPJS TKU


Anda akan masuk ke halaman login bpjstku seperti gambar di bawah ini:


Untuk login Isilah kolom USERID dengan alamat Email dan PIN dengan PIN yang dikirim ke email yang anda daftarkan saat membuat akun

Jika anda lupa PIN untuk login, silahkan melakukan reset PIN dengan mengklik link lupa Akun. Jika anda belum memiliki Akun, silahkan melakukan registrasi dengan mengklik link Buat Akun.

5. Cek Saldo JHT Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Selain Via SMS dan via aplikasi web bpjstku, untuk mengecek saldo juga kini tersedia melalui aplikasi BPJTK Mobile.

Silahkan download melalui google play store untuk pengguna android, atau melalui app store untuk pengguna iPhone.

atau anda bisa mengunjungi halaman bpjstk mobile untuk mendapatkan informasi seputar aplikasi bpjstk mobile.

BPJSTK Mobile merupakan alternatif yang paling praktis untuk mengecek saldo JHT, cukup dengan menginstal aplikasi bpjs tk mobile di hp anda, maka anda bisa login untuk mendapatkan informasi seputar bpjs ketenagakerjaan.

Daftar Informasi yang bisa diakses melalui aplikasi BPJSTK Mobile adalah sebagai berikut:
  • Daftar Kantor Cabang, Dapatkan informasi alamat kantor cabang BPJSTK diseluruh Indonesia
  • Daftar Rumah Sakit, Daftar Rumah Sakit Trauma Center.
  • News Feed, Dapatkan informasi tentang pelayanan dan manfaat menjadi peserta BPJSTK
  • Cek Saldo JHT, Mendapatkan informasi saldo JHT terkini
  • Klaim Saldo JHT, Pengajuan Klaim Saldo Jaminan Hari Tua
  • Profil Peserta, Dapat mengetahui profil lengkap peserta
  • Simulasi JHT,Simulasi perhitungan saldo JHT Pertahun masa kerja

Itulah 5 alternatif cara mengecek saldo dana JHT BPJS Ketenagakerjaan / JAMSOSTEK, dengan tersedianya banyak alternatif pengguna dapat memilih cara yang cukup praktis sehingga informasi mengenai dana saldo JHT dan inrofmasi terkait BPJS bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus melulu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang cukup padat dengan antrian.

Semoga informasi di atas bisa memberikan informasi tambahan untuk anda pada saat anda ingin mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.
loading...

0 Response to "#5 Cara mudah cek Saldo dana JHT BPJS Ketenagakerjaan / JAMSOSTEK"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel