Cara Mudah cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

JHT atau jaminan Hari tua sebenarnya sudah cukup lama dikenal, dulu JHT merupakan salah satu program JAMSOSTEK, namun karena saat ini JAMSOSTEK sudah dialihkan menjadi BPJS Ketenagajerhaan, program JHT kini menjadi salah satu program BPJS Ketenagajerjaan.

Iuran JHT umumnya dibayarkan perbulan oleh perusahaan yang mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, besarnya iuran bulanan yang dibayarkan untuk dana JHT sangat tergantung sekali dengan upah pokok pegawai namun sebagian dibayar oleh perusahaan tempat peseerta bekerja. persentase besar iuran adalah 5,7%. sebesar 2% dipotong dari upah pekerja, sementara yang 3,7% dibayarkan oleh perusahaan.

Saldo yang terkumpul pada akhirnya akan bisa dicairkan oleh peserta yang bersangkutan, saat ini ada 2 kategori pencairan dana jht, yaitu sebesar 10% atau 30 % ketika pekerja masih dalam bekerja, atau 100% ketika pekerja sudah tidak lagi bekerja.

Pencairan dana JHT 100% bisa dicairkan pada saat pekerja sudah tidak lagi bekerja selama 1 bulan dan kepesertaan dalam keadaan nonaktif.

Selama menjadi peserta BPJS TK, peserta juga bisa mengecek saldonya setiap saat, saat ini pihak bpjs tk menyediakan 5 alternatif untuk melihat saldo dana JHT.

Salah satu cara megecek saldo dana BPJS TK adalah melalui SMS Gateway, walaupun tidak gratis dan dikenakan tarif 165 rupiah setiap kali cek Dana JHT via SMS, namun cara ini cukup praktis mudah dan cepat bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Mungkin tidak banyak peserta bpjs tk yang tahu cara cek saldo dana JHT via SMS Gateway, untuk memberikan informasi di artikel kali ini saya akan coba uraikan secara singkat bagaimana cara mengecek saldo dana JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS.

Cara Mudah cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS 

Untuk mengecek saldo dana JHT VIA SMS sebenarnya cukup mudah, namun saat ini cara ini baru tersedia untuk para pengguna kartu GSM Indonsat dan telkomsel.

Langkah-langkah mengecek saldo dana JHT BPJS Ketenagakerjaan via SMS adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Ponsel dengan kartu Telkomsel atau Indosat, lalu ketikan perinta di bawah ini:

Cara ke #1:
ketik Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(Bila ada). kemudian kirim ke 2757.


Cara ke #2:
Atau menggunakan cara ke 2, Ketik DAFTAR lalu Kirimkan SMS ke 2757 

2. Selanjutnya anda akan menerima SMS balasan berisi menu layanan yang dapat anda pilih, meliputi cek SALDO, ganti hp, ganti PIN sampai status BPU.

3. Bila ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, anda cukup mengirimkan SMS di nomor yang sama dengan mengetikkan sms dengan format. Yaitu: SALDO(spasi)NOMOR PESERTA kemudian kirim ke 2757

4. Anda akan menerima SMS balasan berupa informasi nilai upah, tanggal terakhir iuran dan posisi terakhir saldo. seperti ilustrasi gambar di bawah ini:

Cek saldo JHT BPJSTK melalui SMS


Pengecekan saldo melalui SMS Gateway memang sangat praktis, tapi terkadang suka lama, apalagi dilakukan di jam-jam aktif.

Jika pengecekan saldo via SMS dirasa sangat lama, maka anda bisa menggunakan alternatif lainnya.

Silahkan baca 5 cara mudah cek saldo JHT BPJS TK. anda bisa memilih alternatif yang menurut anda mudah, bisa melalui Aplikasi web BPJSTKU, melalui aplikasi BPJSTK Mobile atau bisa juga datang langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan, jika anda ingin melakukan pengaduan atau ingin mendapatkan informasi detail terkait kepesertaan bpjstk anda.

loading...

0 Response to "Cara Mudah cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS "

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel