Kartu bpjs akan langsung aktif setelah melunasi tunggakan

Satu permasalahan yang sering sekali dialami oleh kebanyakan peserta bpjs adalah kartu bpjs miliknya nonaktif atau tidak bisa digunakan untuk berobat. penyebabnya adalah karena tidak membayar iuran bulanan bpjs sehingga menunggak.

Perlu diketahui bahwa mulai 1 juli 2016 denda keterlambatan pembayaran iuran memang sudah dihapuskan, tapi itu bukan berarti tidak ada konsekuensi ketika iuran bulanan bpjs terlambat dibayar atau tidak dibayarkan, konsequensinya tetap ada.

Sejak tanggal tersebut sampai sekarang, jika iuran bulanan BPJS menunggak atau tidak dibayar minimal 1 bulan saja, maka kartu bpjs akan langsung dinonaktifkan atau diblokir, sehingga kartu tidak akan bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Selain itu ada aturan juga bahwa setelah kartu diaktifkan kembali dan sebelum 45 hari peserta menjalani rawat inap di rumah sakit maka peserta akan terkena denda rawat inap.

Jadi untuk anda yang kebetulan sebelumnya menunggak dan baru melunasi tunggakan sehingga kartu sudah aktif kembali, pastikan tidak menjalani rawat inap sebelum 45 hari sejak kartu aktif kembali, karena jika tidak maka anda akan mendapatkan denda rawat inap tingkat lanjut pada tagihan anda berikutnya.

Untuk anda yang kebetulan saat ini memiliki tunggakan, maka sebaiknya dilunasi segera, karena tunggakan tidak akan pernah dihapus, selama menjadi peserta tunggakan akan semakin besar dan selama ada tunggakan.

Kartu bpjs akan langsung aktif setelah melunasi tunggakan

Terkait cara membayar tunggakan ada pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta, jika memiliki tunggakan bagaimana cara membayar tunggakan dan apakah kartu akan langsung aktif setelah membayar tunggakan.

Cara membayar tunggakan BPJS
Seperti yang telah diuraikan diartikel sebelumnya, cara untuk membayar tunggakan sebenarnya sangat mudah, bisa melalui ATM, atau di PPOP seperti alfamart atau indomart dan PPOB lainnya.

Untuk anda yang saat ini memiliki tunggakan, baik satu bulan maupun sudah bertahun tahun anda bisa membayar tunggakan di tempat anda biasa melakukan pembayaran iuran bpjs.

Umumnya tunggakan yang harus dibayar akan muncul terakumulasi dengan tagihan BPJS, untuk melunasinya cukup membayar seluruh tagihan yang muncul.

Apakah kartu BPJS Akan langsung Aktif setelah tunggakan dilunasi ?

Dimanapun peserta membayar tunggakan, menurut petugas bpjs di laman fanspage BPJS, menyatakan bahwa secara otomatis kartu akan langsung aktif kembali dan kartu  bpjs kesehatan akan bisa digunakan kembali setelah tunggakan dilunasi.,




Jadi untuk anda yang ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs anda yang sebelumnya sempat diblokir karena menunggak, cukup dengan membayar seluruh tunggakan bpjs untuk seluruh keluarga terdaftar di KK, maka setelah pembayaran dilakukan seharusnya kartu akan langsung aktif dan bisa digunakan untuk berobat.

Tapi ada kalanya kartu masih diblokir, jika itu terjadi kemungkinan terjadi kesalahan sistem, maka anda bisa mengunjungi kantor bpjs setempat untuk mengaktifkannya.

Yang harus selalu diinagat bagi seluruh peserta, walaupun denda keterlambatan memang dihapus, tetap saja denda bisa muncul apabila setelah mengaktifkan kartu peserta harus menjalani rawat inap di rumah sakit sebelum 45 hari sejak kartu aktif.

Tujuannya ya agar tidak banyak peserta yang hanya memanfaatkan bpjs pada saat ingin menjalani rawat inap saja. semoga informasi di atas bermanfaat.












loading...

0 Response to "Kartu bpjs akan langsung aktif setelah melunasi tunggakan"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel