Penyebab penangguhan pada kartu BPJS Kesehatan ?

Di artikel kali ini saya akan menguraikan arti kata penangguhan dan juga alasan dan penyebab kenapa kartu BPJS kesehatan statusnya ditangguhkan.

Mengenai kartu BPJS, Ada 2 kasus kenapa kartu bpjs tidak bisa digunakan untuk berobat secara gratis, yang pertama karena kartu dinonaktifkan, dan yang kedua karena kartu dalam keadaan ditangguhkan.

Untuk kartu yang dinonaktifkan atau diblokir biasanya penyebab utamanya adalah karena peserta menunggak membayar iuran, saat ini satu bulan saja terlambat membayar iuran maka kartu akan langsung dinonaktifkan. dan agar kartu bisa digunakan kembali untuk mendapatkan pelayanan gratis dari bpjs kartu harus diaktifkan kembali dengan cara membayar seluruh tunggakan untuk satu keluarga terdaftar. setelah tunggakan dibayar maka umumnya kartu akan langsung aktif dan bisa digunakan.

Tentunya hampir semua peserta sudah mengetahui mengenai alasan penonaktifan kartu dan sudah mengetahui bagaimana solusinya, namun yang belum banyak diketahui adalah mengenai penangguhan pada kartu bpjs.

ini sering sekali jadi pertanyaan dari peserta bpjs mengenai arti dari penangguhan, dan juga penyebab kenapa terjadi penangguhan. karena peserta tidak pernah terlambat membayar iuran.

Ketika kartu ditangguhkan sebenarnya memungkinkan kartu masih bisa digunakan dengan syarat status kartu masih aktif, namun jika status kartu yang ditangguhkan nonaktif maka kartu tidak akan bisa digunakan.

Kartu yang ditangguhkan jika dilihat di aplikasi mobile JKN, maka akan muncul tanda silang di dalam bulat merah di sebelah kanan nomor BPJS peserta. kemudian di bagian bawahnya akan muncul tulisan PENANGGUHAN PESERTA dengan teks berwarna merah. seperti gambar di bawah ini:

Kartu BPJS dengan Status ditangguhkan

Alasan dan Penyebab terjadinya penangguhan pada Kartu BPJS

Mengenai penangguhan ini sebenarnya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai  status penangguhan pembayaran dan penangguhan peserta bpjs.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari halaman twitterBPJS, bahwa penyebab penangguhan peserta bisa terjadi pada peserta yang melakukan peralihan kepesertaan, terutama perlaihan kepesertaan dari peserta mandiri / peserta penerima bantuan iuran menjadi peserta BPJS yang ditanggung oleh perusahaan.



Berdasarkan informasi pada gambar di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa Penangguhan peserta terjadi karena kartu masih peserta dalam proses peralihan dari mandiri ke perusahaan, sementara iuran bpjs bulanan yang harus dibayarkan oleh perusahaan untuk peserta tersebut belum dipotong, dengan kata lain belum terbentuk iuran untuk kartu peserta tersebut.

Berapa lama proses penangguhan berlangsung

Lama proses penangguhan biasanya sangat tergantung dengan waktu pemotongan iuran untuk peserta yang bersangkutan dibayarkan oleh perusahaan.

Jika persuahaan sudah melakukan pemotongan iuran untuk peserta tersebut, maka proses penangguhan akan berakhir dan status kartu peserta akan aktif kembali dan bisa digunakan kembali untuk berobat gratis dengan BPJS.

Apakah kartu yang ditangguhkan bisa digunakan?

Kartu yang sedang ditangguhkan tidak bisa digunakan untuk berobat jika statusnya nonaktif, namun jika jika statusnya masih aktif, maka kartu bisa digunakan untuk berobat.

 Semoga dengan uraian di atas bisa memberikan informasi tambahan mengenai bpjs kesehatan terutama mengenai arti penangguhan juga mengetahui penyebab dan alasan kenapa kartu bpjs kesehatan yang kita miliki ditangguhkan dan tidak bisa digunakan.

loading...

0 Response to "Penyebab penangguhan pada kartu BPJS Kesehatan ?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel