Masa aktif kartu BPJS Kesehatan setelah menunggak berapa hari?

Saat ini di 2019 dicanangkan semua warga negara indonesia harus sudah menjadi peserta BPJS kesehatan, baik bpjs kesehatan mandiri, perusahaan maupun bpjs kesehatan yang ditanggung negara.

Kewajiban peserta bpjs adalah membayar iuran bulanan, iuran bulanan harus dibayarkan paling tidak setiap tanggal 10 setiap bulan, jika tidak maka akan muncul tunggakan dan kartu bpjs akan diblokir dan berstatus nonaktif  sehingga tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Besar kecilnya iuran bpjs akan sangat tergantung sekali dengan kelas BPJS yang diambil, misalnya untuk peserta bpjs mandiri, besaran iuran bulanan yang harus dibayarkan sesuai dengan kelas BPJS yang diambil dikali dengan jumlah peserta di KK. Kelas I umumnya iuran bulanan nya lebih besar daripada kelas II dan diikuti oleh kelas III.

Sampai saat ini ada banyak sekali peserta yang menunggak iuran bulanan, baik disengaja karena tidak tahu konsekuensi kedepan nya, atau karena sudah tidak mampu lagi bayar dengan alasan kondisi keuangan yang sudah tidak lagi mampu membayar iuran.

Ketika iuran bpjs tidak dibayarkan maka secara otomatis kepesertaan akan menjadi nonaktif, biasanya kartu akan dinonaktifkan secara otomatis minimal peserta telat membayar iuran satu bulan atau lebih.

Untuk mengaktifkan kembali kartu bpjs caranya cukup mudah, peserta tinggal membayar semua tunggakan untuk masing-masing anggota keluarga terdaftar yang terdapat dalam KK. dengan membayar seluruh tunggakan maka kartu akan aktif kembali dan bisa digunakan kembali untuk berobat gratis yang ditanggung oleh BPJS.

Masa aktif BPJS kesehatan setelah dilakukan pembayaran tunggakan berapa hari?

Anda mungkin bertanya, setelah tunggakan bpjs keseahatan seluruhnya dilunasi, apakah bpjs akan langsung aktif  atau harus menunggu 14 hari ?

Menurut pihak bpjs seperti yang saya kutif dari fanspage resmi bpjs keseahtan RI, dan juga sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya , bahwa  kartu bpjs akan langsung aktif setelah dilakukan pembayaran


Jadi Setelah semua tunggakan dilunasi, maka seharusnya kartu akan langsung aktif pada saat itu juga dan kartu bpjs bisa langsung digunakan kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang dipilih.

Jadi setelah dilakukan pelunasan  atau pembayaran seluruh tunggakan, baik tunggakan 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun atau lebih,  kartu akan langsung aktif dan bisa digunakan untuk berobat, kita tidak perlu lagi menunggu 14 hari, karena masa tunggu 14 hari itu hanya untuk pembayaran iuran pertama setelah peserta melakukan pendaftaran bpjs kesehatan.

Kenapa kartu saya masih nonaktif setelah dilakukan pembayaran tunggakan?

Namun begitu masih ada kasus, kartu masih nonaktif walaupun sudah dilakukan pembayaran tunggakan jadi bagaimana solusinya?

Untuk anda yang kebetulan sebelumnya kartunya nonaktif karena menunggak dan setelah dilakukan pembayaran tunggakan kartu masih saja nonaktif, maka solusinya anda bisa menghubungi pihak bpjs kesehatan, baik via telepon di 1500400 atau datang langsung ke kantor bpjs kesehatan.

Pihak bpjs akan membantu mengaktifkan kembali kartu bpjs kesehatan anda jika memang terbukti sudah dilakukan pembayaran.

Menurut saya setelah anda melunasi seluruh tunggakan, pastikan anda menyimpan bukti pembayaran, dan selanjutnya anda langsung cek aktif tidaknya kepesertaan bpjs anda, melalui aplikasi mobile JKN salah satunya.

Tunggu beberapa jam hingga kartu aktif, jika kartu masih saja statusnya nonaktif walaupun sudah menunggu berhari-hari, biasanya karena kesalahan sistem bpjs, maka anda harus segera menghubungi pihak BPJS.


Dimanakah saya harus membayar tunggakan, apakah harus datang ke kantor BPJS ?

Jika anda ingin melunasi tunggakan bpjs, sebenarnya tidak perlu datang ke kantor BPJS kesehatan, anda cukup membayarnya di loket-loket pembayaran bpjs yang sudah disediakan sepeti di Kantor Pos, Indomart/ alfamart, atm BNI/BRI Mandiri atau PPOP yang lainnya.

Ketika anda melakukan pembayaran, maka tunggakan secara otomatis akan muncul, anda cukup membayar sejumlah uang dengan besaran sesuai dengan tagihan yang muncul. dengan begitu maka iuran pertama di bulan yang bersangkutan dan juga tunggakannya akan langsung terbayar.  sehingga kartu anda akan langsung aktif kembali dan bisa digunakan untuk berobat.


Kesimpulannya:

Kartu bpjs akan langsung aktif setelah dilakukan pelunasan tunggakan, dan kartu akan langsung bisa digunakan.

Pembayaran tunggakan tidak perlu ke kantor bpjs cukup membayarnya di loket-loket pembayaran yang sudah disediakan.

Jika kartu statusnya masih nonaktif setelah dilakukan pelunasan tunggakan, maka anda harus segera menghubungi pihak bpjs, pihak bpjs akan mengaktifkan kartu bpjs anda.

Semoga informasi di atas mengenai masa aktif kartu bpjs setelah menunggak bermanfaat untuk anda.






loading...

0 Response to "Masa aktif kartu BPJS Kesehatan setelah menunggak berapa hari?"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel