Cara pindah Faskes BPJS 2019 Via Online melalui aplikasi mobile JKN

Faskes BPJS kesehatan adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang harus dipilih ketika peserta melakukan pendaftaran, faskes disini bisa berupa puskesmas, poliklinik maupun praktek dokter.

Faskes biasanya ditentukan/dipilih pada saat peserta melakukan pendaftaran, nama faskes yang dipilih umumnya akan dicantumkan pada kartu anggota, lokasi faskes tersebut merupakan tempat yang pertama kali harus dikunjungi manakala peserta ingin melakukan pemeriksaan gratis yang ditanggung oleh BPJS.

Faskes sifatnya bisa diubah diganti sesuai keinginan, artinya jika memang dikehendaki ingin diganti, maka peserta bisa menggantinya.

Ada banyak penyebab kenapa peserta banyak yang ingin mengganti paskes, beberapa kasus misalnya karena faskes yang dipilih sebelumnya terlalu jauh dari rumah, peralatan kurang memadai dan sebab-sebab lainnya.

Namun yang paling sering menjadi alasan peserta ganti paskes adalah karena peserta pindah tempat tinggal / domisili, baik karena tuntutan pekerjaan ataupun karena ingin tinggal sementara di tempat lain seperti karena peserta ingin melahirkan di tempat orang tuanya yang beda kota atau karena peserta ikut pasangan ke luar kota..

Ketika peserta sedang di daerah lain, misalnya sedang diluar kota, memang faskes  tidak perlu diganti, karena jika peserta sakit sementara berada di luar kota, peserta sebenarnya bisa menggunakan bpjs di kota tersebut untuk berobat, namun peserta hanya memiliki kesempatan 3 kali untuk mengunjungi Faskes di luar kota yang tidak sesuai dengan faskes yang tertera di kartu peserta tersebut.

Memang kalau dilihat kesempatan tersebut sangat sedikit, bahkan tidak jarang peserta terkadang sering sekali mendapatkan penolakan dari pihak faskes pada saat diketahui faskes yang dikunjunginya tidak sesuai dengan faskes yang tertera pada kartu, padahal prosedur saat ini berlaku bahwa peserta bpjs bisa berobat di faskes manapun di luar kota dengan kesempatan sampai 3 kali walaupun faskes yang dikunjunginya berbeda dengan faskes pilihan peserta yang terdapat di kartu peserta.

Ketika posisi kita di luar kota dengan masa tinggal yang cukup lama, sementara ingin tetap mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs di kota tersebut, solusi terbaik adalah mengganti faskes dengan memilih faskes yang terdapat di kota tersebut.

Cara pindah paskes BPJS Via Online melalui aplikasi mobile JKN

Dulu pada saat program BPJS baru saja berdiri, pindah faskes tidak bisa dilakukan secara online, namun seiring dengan waktu dan seiring dengan terus ditingkatkannya pelayanan BPJS kini di tahun 2019 sekarang ini, pindah faskes sudah bisa dilakukan secara online.

Untuk mengganti faskes secara online caranya pun cukup mudah, bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN yang sudah disediakan oleh pihak BPJS.

Syarat dan Langkah-langkah ganti faskes secara online adalah sebagai berikut:

1. Kepesertaan minimal sudah 3 bulan.
Ganti faskes baru bisa dilakukan jika usia kepesertaan minimal sudah 3 bulan, artinya setiap 3 bulan sekali peserta sebenarnya bisa ganti faskes jika diinginkan.

2. Download dan instal Aplikasi Mobile JKN pada perangkat android anda.
Langkah pertama silahkan download aplikasi mobil JKN melalui playstore, kemudian instalkan di perangkat android anda.

3.  Silahkan lakukan registrasi aplikasi Mobile JKN.
Langkah kedua setelah anda memiliki aplikasi Mobile JKN adalah melakukan registrasi di aplikasi mobile JKN Tersebut, silahkan buka aplikasinya, lalu setelah terbuka silahkan lakukan pendaftaran dan ikuti Petunjuknya.

4. Ubah data faskes anda melalui Mobile JKN
Setelah anda membuat akun, silahkan login ke aplikasi mobile JKN, lalu setelah masuk pilih menu Ubah data peserta.

Pada menu ubah data peserta anda bisa melakukan perubahan data sebagai berikut:
  • Data peserta (Nama, Alamat, No HP dan email)
  • Data FKTP (Fasilitas keseahtan tingkat pertama)
  • Data Kelas Perawatan.

Untuk ganti faskes, Silahkan klik pada Opsi menu FKTP  atau Faskes tingkat 1, kemudian pada dialog yang muncul, silahkan lakukan perubahan faskes dengan memilih data Provinsi, kabupaten dan nama Faskes di lokasi tersebut, kemudian Simpan.

Perubahan faskes pun sudah bisa dilakukan.

Perubahan faskes bisa digunakan di tanggal 1 bulan berikutnya

 Setelah dilakukan perubahan faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN, perubahan tidak bisa ditindak lanjuti pada saat itu juga, namun harus menunggu hingga tanggal 1 bulan berikutnya. setelah tanggal 1 baru perubahan berlaku dan anda bisa mengunjungi faskes baru yang anda pilih.

Kartu BPJS/KIS bisa dicetak melalui aplikasi Mobile JKN.

Sebenarnya setelah penggantian faskes melalui mobile JKN, peserta harus mencetak ulang kartu BPJS/KIS baru di kantor BPJS, karena di kartu tertera faskes agar nama faskes menyesuaikan dengan nama faskes baru yang sudah dipilih.

Namun sebagai alternatif pengganti kartu bpjs yang mencantumkan nama faskes yang baru dipilih, anda sebenarnya bisa mencetak Kartu BPJS-ID melalui aplikasi mobile JKN. kartu ID tersebut bisa difungsikan sama halnya seperti kartu BPJS.

Langkah-langkah untuk mencetak kartu BPJS-ID melalui aplikasi mobile JKN adalah sebagai berikut:

1. Login ke aplikasi mobile JKN

2. Pilih menu  Kartu Peserta


3. Pilih nama peserta yang ingin kartunya dicetak.

4. Tekan gambar tombol Amplop di sudut kiri bawah layar, gambar Kartu pun akan dikirim ke email anda dan siap untuk dicetak.


Demikian artikel mengenai cara pindah faskes tingkat 1 bpjs dan cara cetak kartu bpjs sendiri secara online melalui aplikasi mobile JKN.
loading...

0 Response to "Cara pindah Faskes BPJS 2019 Via Online melalui aplikasi mobile JKN"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel