Pindah Faskes baru akan aktif di tanggal 1 bulan berikutnya

Setelah pindah faskes anda mungkin akan bertanya, apakah kita bisa langsung mengunjungi faskes yang baru atau tidak ?

Faskes tk 1 adalah fasilitas kesehatan (poliklinik, puskesmas, dokter pribadi) yang harus dikunjungi pertama kali pada saat peserta bpjs ingin mendapatkan pelayanan keseahtan dari BPJS.

Faskes adalah salah satu yang haris ditentukan dan dipilih oleh peserta BPJS pada saat peserta melakukan pendaftaran pertama kali. nama faskes yang dipilih akan tercatat di kartu BPJS/KIS setiap peserta.

Fakses adalah salah satu data yang bisa diperbaharui atau dirubah dikemudian hari jika diinginkan, seperti misalnya ketika peserta pindah alamat atau peserta pindah domisili sedang diluar kota. faskes bisa kita ubah agar bisa menggunakan faskes yang terdapat di luarkota yang tidak sesuai dengan alamat KTP peserta.



Perubahan faskes saat ini bisa dilakukan dengan beberapa alternatif, bisa datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa berkas persyaratan yang telah ditentukan, atau kita juga bisa ganti faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN.

Pindah faskes melalui aplikasi MObile JKN bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor BPJS, cara ini merupakan cara praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Syarat utama untuk pindah faskes adalah sebagai berikut:
1. Peserta tidak memiliki tunggakan iuran bpjs.
2. Masa kepesertaan sudah menginjak minimal 3 bulan, atau 3 bulan sejak pindah faskes sebelumnya jika sudah pernah dilakukan. jika belum 3 bulan maka pindah faskes tidak bisa dilakukan

 Pindah Faskes akan aktif di tanggal 1 bulan berikutnya

Anda mungkin akan bertanya, apakah setelah pindah faskes kita bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan di faskes yang baru ?

Nah ini yang perlu diketahui oleh setiap peserta, Setelah pindah faskes, baik findah faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN ataupun pindah faskes di kantor bpjs kesehatan, fakses baru yang dipilih tidak akan langsung bisa digunakan.

Kapan faskes yang baru aktif dan bisa digunakan ?

Setelah pindah faskes, maka faskes yang baru akan bisa digunakan di tanggal 1 bulan berikutnya, misal anda pindah faskes bulang agustus, maka faskes baru tersebut akan aktif di bulan September tanggal 1. Jadi setelah pindah faskes anda bisa mengunjungi faskes baru mulai tanggal 1 bulan berikutnya.

Kartu KIS atau BPJS setelah pindah faskes harus diganti

Oh ya, setelah anda pindah faskes, anda juga jangan lupa untuk memperbaharui kartu kis/bpjs anda, karena pada kartu tertera data nama faskes.

Untuk mencetak atau ganti kartu anda bisa mendatangi kantor cabang BPJS terdekat, atau jika malas ke kantor BPJS, anda juga bisa mencetak kartu e-ID BPJS di aplikasi mobile JKN. kartu tersebut dapat anda fungsikan sebagaimana kartu BPJS/KIS.

Silahkan lakukan cetak kartu KIS baru di tanggal 1 bulan berikutnya setelah anda melakukan pindah faskes.

loading...

0 Response to "Pindah Faskes baru akan aktif di tanggal 1 bulan berikutnya"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel