Mengetahui Nomor KPJ yang lupa sementara kartu bpjstknya hilang

Nomor KPJ adalah nomor kartu peserta jamsostek peserta penerima upah yang sekarang dikenal sebagai bpjs ketenagakerjaan, nomor KPJ biasanya tertera di kartu BPJS TK, nomor KPJ sebaiknya dicatat baik-baik untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti misalnya ketika kartu hilang, jika kita masih memiliki data nomor KPJ, maka kita masih memiliki kesempatan untuk mengganti atau membuat kartu baru sebagai pengganti kartu yang hilang tersebut. baik via aplikasi BPJS TKU maupun melalui kantor cabang BPJS TK.

Terkait nomor KPJ, saat ini ada banyak sekali peserta BPJS ketenagakerjaan yang mengeluhkan tidak lagi mengetahui nomor KPJ miliknya karena kartunya hilang atau karena kartunya tidak diberikan oleh perusahaan, sementara mereka menginginkan untuk mencaikan / klaim dana JHT bpjs tk miliknya.

Memang untuk peserta bpjstk /jamsostek yang tidak lagi memiliki kartu karena hilang atau karena tidak diberikan oleh perusahaan, satu-satunya cara agar bisa memiliki kesempatan untuk klaim dana JHT miliknya adalah mengetahui nomor KPJ. karena dengan mengetahui nomor KPJ, kita bisa buat akun BPJSTKU dan kita bisa cetak kartu eID dari aplikasi tersebut sebagai pengganti kartu BPJSTK yang hilang.



Selain itu kita juga bisa membuat kartu BPJSTK yang baru sebagai pengganti kartu BPJSTK yang lama di kantor cabang bpjs setempat dengan menyertakan surat kehilangan dari kepolisian.

Tapi masalah yang sering sekali dialami oleh peserta adalah Nomor KPJ miliknya sudah tidak diketahui dan kartu hilang.

Mengetahui Nomor KPJ sementara kartu hilang dan nomornya lupa.

Ada banyak sekali cara yang bisa kita upayakan untuk mengetahui nomor KPJ yang lupa sementara kartu hilang atau kartu memang belum pernah diberikan oleh perusahaan.

Beberapa upaya yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi HRD Perusahaan

Tentunya ini cara yang paling disarankan oleh pihak BPJS TK, salah satu cara untuk mendapatkan nomor KPJ adalah dengan cara menghubungi pihak HRD perusahaan untuk meminta data nomor KPJ yang lupa.

Jika kita masih dalam keadaan aktif bekerja di perusahaan yang bersangkutan, cara ini memang sangat praktis, namun untuk yang sudah tidak lagi bekerja (sudah berhenti bekerja), ada banyak kendala yang mereka alami ketika menghubungi HRD perusahaan.

Permasalahannya Banyak HRD perusahaan yang sudah tidak lagi mau peduli terhadap mantan karyawan yang sudah keluar, sehingga untuk mengetahui Nomor KJP saja perusahaan melalui pihak HRD enggan sekali mengupayakannya. atau bisa juga karena perusahaan sudah pindah. sehingga sulit untuk didatangi.

2. Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat

Cara kedua yang dapat diupayakan jika melalui HRD perusahaan sulit dilakukan, maka anda bisa menempuh cara ke 2 yaitu dengan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Cara ini bisa anda coba untuk mendapatkan informasi nomor KJP BPJS TK anda dengan membawa persyaratan:

1. KTP elektronik
2. Kartu Keluarga (KK).
3. Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja).
4. Data nama gadis ibu kandung

Silahkan bawa persyaratan di atas ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, bilang saja, "ingin mengetahui nomor KPJ untuk membuat surat kehilangan dari kepolisian", karena kartu hilang.

Jika beruntung dan petugas BPJSTKnya baik, maka anda akan mendapatkan informasi mengenai nomor KPJ anda, jika sudah diperoleh catat baik-baik dan jangan sampai hilang/lupa.

Jika kurang beruntung, maka pihak BPJS akan meminta Anda untuk menghubungi HRD perusahaan kembali.

3. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Jika sebelumnya anda sudah pernah membuat akun BPJSTKU di HP android anda, maka anda bisa dengan mudah mengetahui nomor KPJ anda dengan cara login ke aplikasi BPJSTKU  menggunakan email dan PIN yang sudah anda buat sebelumnya.

Selain dapat mengetahui nomor KPJ anda juga bisa mencetak e-ID BPJSTK untuk dicetak dan digunakan sebagaimana kartu BPJSTK yang asli.


4. Meminta informasi di forum dan group medis sosial BPJTK
Jika ke 3 cara di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang dapat anda upayakan adalah dengan  meminta informasi di Forum pemerintahan atau di group media sosial BPJS ketenagakerjaan.

Forum dan media sosial yang dapat anda gunakan diantaranya:
a. Forum lapor.go.id

Silahkan buat pertanyaan di situs lapor.go.id, siapkan biodata nama, nik ktp dan nomor KK juga nama ibu kandung, mudah-mudahan berhasil.

b. Group facebook BPJSTK
Selain di forum anda juga bisa meminta informasi di group facebook bpjstk, silahkan buat status di forum tersebut untuk meminta informasi mengenai KPJ.


Kesimpulan.

Nomor KPJ memang terkadang jarang untuk dihapal, karena mungkin sudah tertera di kartu jamsostek/bpjstk, namun manakala kartu hilang dan nomor KPJ sangat dibutuhkan sebagai syarat untuk pencairan, maka baru kita sibuk mencari cara untuk mengetahuinya.

Menurut saya untuk mengetahui nomor KPJ sampai saat ini prosedurnya cukup rumit, karena pihak BPJS sendiri pun terkadang tidak bisa menyebutkan begitu saja, walaupun sudah kita suguhkan KK, KTP, dan data lainnya.

Umumnya pihak BPJS akan meminta kita untuk menghubungi HRD persuahaan, permasalahannya adalah banyak sekali HRD perusahaan yang sudah tidak lagi kooperatif terhadap mantan karyawan yang sudah keluar. tidak jarang banyak sekali yang sulit mendapatkan informasi mengenai data bpjstk, walaupun hanya untuk meminta informasi nomor KPJ.

Mudah-mudahan kedepannya diharapkan pihak BPJS lebih mempermudah para pesertanya untuk mengetahui Informasi nomor KPJ, baik secara online atau via telepon. jangan menyajikan prosedur yang sulit, menguras tenaga dan waktu para peserta untuk mengurusnya, jika memang bisa dibuat mudah, kenapa harus menyajikan prosedur yang rumit.
loading...

0 Response to "Mengetahui Nomor KPJ yang lupa sementara kartu bpjstknya hilang"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel