Arti Faskes tingkat 1 pada kartu KIS BPJS Kesehatan

Sebagai seorang peserta BPJS setidaknya anda akan dibekali dengan  kartu BPJS atau saat ini lebih dikenal sebagai KIS (Kartu Indonesia sehat), kartu KIS tersebut merupakan kartu identitas peserta yang harus ditunjukan setiap kali peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh BPJS.

Jika dilihat kartu KIS itu ukurannya sama dengan KTP dan di dalamnya juga terdapat biodata peserta sama halnya seperti KTP, namun di Kartu KIS, ada satu data yang tidak ada di KTP yaitu data faskes tingkat 1 yang berisi nama fasilitas kesehatan atau kadang juga berisi nama desa atau kecamatan.

Mengenai data faskes tingkat 1 tersebut, ternyata tidak semua peserta mengetahui maksudnya, padahal data tersebut cukup penting diketahui artinya oleh setiap peserta BPJS.

Karena masih banyak peserta bpjs yang masih bingung mengenai arti faskes tingkat satu pada kartu KIS, maka di artikel kali ini saya akan jelaskan apa itu arti faskes tingkat 1.

Arti Faskes tingkat 1 pada kartu KIS BPJS Kesehatan

Faskes tingkat 1 atau fasilitas kesehatan tingkat 1 atau juga sering disingkat sebagai FKTP (Fasilitas kesehatan tingkat pertama) adalah puskesmas, poliklinik, dokter gigi atau praktek dokter yang harus dikunjungi pertama kali pada saat peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang dijamin oleh BPJS.

arti faskes tingkat 1 bpjs kis


Di kartu BPJS faskes tingkat 1 umumnya tidak hanya berisi nama puskesmas, nama praktek dokter, nama poliklinik, tetapi juga terkadang berisi nama desa atau nama kecamatan.

Jika nama faskes adalah nama fasilitas kesehatan, itu artinya sudah jelas, nama fasilitas kesehatan tersebutlah yang harus dikunjungi oleh peserta ketika ingin melakukan pengobatan dengan BPJS.

Namun jika nama faskes adalah nama desa/kelurahan atau nama kecamatan itu artinya nama faskes yang harus dikunjungi adalah puskesmas desa atau keluarahan atau puskesmas kecamatan. 

Apakah nama faskes bisa diubah?

Nama faskes yang tertera di kartu bpjs bisa kita ubah jika diinginkan, dengan ketentuan masa kepesertaan minimal harus sudah 3 bulan, atau anda bisa merubah nama faskes setiap 3 bulan sekali, anda bisa memilih faskes di alamat sesuai ktp atau faskes di luar kota jika anda sering tinggal diluar kota dalam waktu yang lama.

Berobat dengan BPJS harus sesuai Faskes

Nama faskes penting untuk diperhatikan, karena nama faskes tersebut adalah nama faskes yang harus dikunjungi pada saat peserta ingin mendapatkan pengobatan dari BPJS. 

Jika nama faskes adalah nama puskesmas, maka puskesmas tersebut yang harus anda kunjungi ketika kendak berobat dengan bpjs. begitu juga jika nama paskes tersebut nama poliklinik atau dokter pribadi.

Sedangkan jika nama faskes tersebut adalah nama kecamatan atau desa/keluarahan, maka yang harus anda kunjungi ketika ingin berobat dengan bpjs adalah puskesmas kecamatan atau puskesmas desa atau kelurahan.

Kenapa berobat dengan bpjs harus sesuai faskes ?
Jika anda berobat dengan bpjs dimana saja tanpa memperhatikan faskes, maka anda akan dianggap seabagai pasien umum dan anda harus membayar seluruh biaya pengobatan sendiri.


loading...

0 Response to "Arti Faskes tingkat 1 pada kartu KIS BPJS Kesehatan"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel