Cara mencetak kartu KIS BPJS kesehatan secara Online maupun Offline

Kartu BPJS adalah kartu identitas peserta BPJS kesehatan yang saat ini lebih dikenal sebagai KIS (Kartu Indonesia sehat).

Kartu tersebut adalah salah satu syarat wajib yang harus ditunjukan kepada pihak faskes setiap kali peserta ingin mendapakan pelayanan kesehatan di poliklinik, puskesmas, dokter pribadi atau di rumah sakit. jika peserta tidak bisa menunjukan kartu maka peserta akan dilayani sebagai pasien umum dan biaya pengobatan atau pemeriksaan harus dibayar oleh sendiri.

Kartu BPJS harus dijaga jangan sampai hilang atau rusak parah, jika hilang atau rusak maka harus segera  mencetak lagi di kantor BPJS dengan menyertakan surat pernyataan kehilangan yang ditandatangani di atas materai 6.000.

cara cetak kartu bpjs kesehatan


Atau jika tidak mau repot kita bisa mencetaknya secara offline melalui aplikasi mobile JKN yang bisa didownload dan diinstal pada hp kita melalui playstore atau APP store.

Begitu juga untuk anda yang sudah menjadi peserta BPJS yang belum mendapatkan kartu, anda juga bisa mencetaknya ke kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan bukti pembayaran iuran pertama dan persyaratan lainnya.

Cara Cetak Kartu BPJS secara Offline di kantor BPJS kesehatan

Untuk anda yang kartu BPJSnya hilang atau rusak atau anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS namun anda belum mendapatkan kartu BPJS, maka anda bisa mecetaknya dikantor BPJS dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Syarat cetak/ganti kartu BPJS yang hilang

Untuk anda yang kehilangan kartu BPJS anda bisa menggantinya atau mencetak yang baru di kantor BPJS syarat sebagai berikut:

  • Copy Kartu Keluarga
  • Copy KTP
  • Bawa kartu BPJS jika rusak. atau copy kartu BPJS juga bisa
  • Surat pernyataan kehilangan yang ditandatangi di atas materai 6.000.
  • Tidak memiliki tunggakan.
  • Surat kehilangan dari kepolisian sudah tidak lagi diminta tapi tergantung dari kebijakan setiap kantor cabang bpjs, biasanya hanya meminta surat pernyataan kehilangan saja yang bisa kita buat sendiri yang ditandatangi di atas materai.

Datang ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan di atas dan bilang saja ke pak satpam ingin mencetak kartu BPJS baru. pihak bpjs akan membuatkan kartu baru untuk anda.

Syarat Cetak Kartu BPJS untuk peserta Baru

Untuk anda sebagai peserta Baru yang belum mendapatkan kartu BPJS, anda juga bisa mencetaknya sendiri dengan datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa persyaratan:

  • Bukti pembayaran iuran pertama
  • Copy Kartu keluarga
  • Copy KTP
  • Tidak memiliki tunggakan

Datang ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan di atas dan bilang saja ke pak satpam ingin mencetak atau mengambil kartu BPJS baru. pihak bpjs akan membuatkan kartu baru untuk anda.

Cara Mencetak Sendiri kartu BPJS secar Online melalui Aplikasi mobile JKN

Selain bisa cetak secara offline di kantor BPJS anda juga bisa mencetak kartu BPJS anda (e-ID BPJS) yang fungsinya sama sebagai kartu BPJS melalui aplikasi mobile JKN.

Langkah-langkanhya:
1. Download dan instal aplikasi mobile JKN di playsotre.
2. Buka aplikasi mobile JKN di hp Anda
3. Pada aplikasi, silahkan buat akun pengguna baru (butuh alamat email, nomor kartu BPJS).
4. Login ke aplikasi
5. Dan cetak kartunya melalui aplikasi

Langkah-langkah detail untuk mencetak kartu BPJS secara online melalui aplikasi mobile JKN  bisa dibaca pada postingan berikut:

Semoga artikel di atas tentang Cara mencetak kartu KIS BPJS kesehatan secara Online maupun Offline bermanfaat untuk anda. Salam Sehat.
loading...

0 Response to "Cara mencetak kartu KIS BPJS kesehatan secara Online maupun Offline"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel