#Baru: Turun kelas bpjs kesehatan secara online melalui aplikasi mobile JKN lebih mudah dan cepat

Ingin pindah/ganti kelas bpjs kesehatan (baik naik kelas atau turun kelas perawatan), tidak usah repot!. sekarang kita bisa turun kelas secara online menggunakan aplikasi mobile JKN tanpa harus datang ke kantor BPJS kesehatan, sehingga lebih praktis cepat dan mudah.

Di 2020 kenaikan iuran bpjs kesehatan akan mulai diberlakukan, awal januari 2020 sekarang ini kita mulai harus membayar iuran sesuai dengan besaran kenaikan dari pemerintah, dampak dari kenaikan tersebut ternyata banyak peserta yang memutuskan turun kelas untuk iuran yang lebih murah.

Kenaikan tersebut memang cukup membebani para peserta, bayangkan saja jika tidak turun kelas berarti kita harus membayar iuran bulanan bpjs 2 kali lipat dari sebelumnya, terutama untuk peserta BPJS yang mengambil kelas 1 dan kelas 2, karena kita ketahui kelas I dan kelas II kenaikannya 100%.

Mungkin ada yang memutuskan berhenti dari bpjs dengan tidak lagi membayar iuran, tapi itu sebenarnya bukan solusi, karena walaupun iuran tidak dibayar tidak akan membuat anda dikeluarkan dari kepesertaan BPJS, justru ketika iuran bpjs tidak dibayar, maka konsequensinya tunggakan yang akan  terus membesar dan kartu diblokir alias nonaktif.

Solusi terbaik jika dengan kenaikan iuran bpjs tersebut kita merasa terbebani dan merasa berat untuk membayar, maka jalan aman satu-satunya adalah dengan turun kelas, kita bisa turun kelas sampai kelas 3 yang paling murah, walaupun kelas 3 bpjs ini ikut naik, tapi kenaikannya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kelas I atau kelas II, kelas 3 hanya naik Rp 16.500, dari Rp 25.500 sekarang menjadi Rp 42.000.

Terkait turun kelas, untuk anda yang ingin memutuskan untuk turun kelas bpjs, saat ini tidak perlu repot-repot harus datang ke kantor bpjs, karena saat ini turun kelas sudah bisa dilakukan secara online, yaitu melalui aplikasi mobile JKN.

Cara Turun kelas bpjs kesehatan secara online melalui aplikasi mobile JKN lebih mudah dan cepat

Untuk anda yang ingin menganti kelas atau ingin turun kelas bpjs dengan cepat dan mudah tanpa harus datang ke kantor bpjs keseahtan anda bisa menggunakan aplikasi mobile JKN yang bisa anda downlod secara gratis di playstore.

Namun sebelum melakukan turun kelas BPJs, ada ketentuan ganti kelas yang harus anda perhatikan, ketentuannya adalah sebagai berikut:
  1. Masa usia kepesertaan minimal harus sudah mencapai 1 tahun.
  2. Anda bisa melakukan turun kelas atau ganti kelas setiap 1 tahun sekali.
  3. Satu keluarga dalam KK secara otomatis akan memilih kelas yang sama
  4. Kelas perawatan baru yang anda pilih akan mulai berlaku di tanggal 1 bulan berikutnya.
  5. Pindah kelas akan menyebabkan Terkena denda pelayanan rawat inap tingkat lanjut
Jika usia kepesertaan anda sudah minimal satu tahun atau satu tahun dari pindah kelas sebelumnya jika anda sebelumnya sudah melakukan turun kelas. maka anda bisa melakukan permintaan turun kelas melalui aplikasi mobile JKN.

Langkah-langkah turun kelas melalui aplikasi mobile JKN adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi mobile JKN, silahkan instal dulu melalui playstore jika belum punya

2. Login, kemudian pilih menu Ubah data peserta

turn kelas bpjs secara online

3. Pada halaman ubah data peserta, tap opsi kelas di bagian bawah, lalu pilih kelas yang diinginkan sebagai pengganti.

4. Selesai.

Pindah kelas akan berlaku mulai tanggal 1 bulan berikutnya, dan dibulan berikutnya iuran yang harus dibayarkan mengikuti kelas yang baru.

Perlu dingat karena pindah kelas menyebabkan terkena denda pelaanan rawat inap tingkat lanjut, sebaiknya sebelum masa denda tersebut berakhir usahakan tidak melakukan rawat inap (semoga dalam keadaan sehat). karena jika ada rawat inap, peserta akan mendapatkan denda rawat inap yang harus dibayarkan.

Setelah pindah kelas tidak perlu cetak ulang kartu BPJS (KIS)

Setelah anda berhasil melakukan pindah kelas, jika kartu masih ada, anda tidak perlu melakukan cetak ulang kartu, cukup gunakan saja kartu bpjs yang sekarang anda pakai, karena pindah kelas tidak menyebabkan data pada kartu berubah, kecuali anda melakukan pindah faskes, maka kartu harus dicetak ulang.

Semoga informasi mengenai Turun kelas bpjs kesehatan secara online di atas bermanfaat untuk anda.
loading...

0 Response to "#Baru: Turun kelas bpjs kesehatan secara online melalui aplikasi mobile JKN lebih mudah dan cepat"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel