-->

Berapa lama sih Proses Naik Kelas BPJS, ini penjelasannya !

 Ada kalanya kelas BPJS yang dipilih tidak sesuai lagi di kemudian hari, sehingga peserta memutuskan untuk mengganti kelas yang dipilihnya baik itu turun kelas maupun naik kelas, atau mungkin saja keputusan ingin ganti kelas juga terkadang muncul pada saat selesai melakukan registrasi padahal iuran pertama belum dibayarkan.

Memang perubahan kelas bpjs terkadang sering sekali dilakukan oleh peserta, tentunya dengan berbagai alasan, ada yang memilih turun kelas dengan alasan karena merasa terbebani dengan besarnya iuran yang harus dibayarkan tiap bulannya, karena kita tahu iuran bpjs sudah mengalami beberapa kali kenaikan, namun ada juga yang memilih naik kelas dengan harapan karena ingin mendapatkan ruang perawatan yang diinginkan saat peserta harus dirawat inap di rumah sakit.

Kelas 1, kelas 2 ataupun kelas 3, sebenarnya untuk rawat jalan tidaklah ada perbedaan, semua kelas akan mendapatkan hak  yang sama, perbedaannya hanyalah pada hak kelas perawatan yang akan diperoleh peserta saat peserta bpjs harus di rawat di rumah sakit.

ganti kelas bpjs (naik kelas dan turun kelas)


Berapa lama sih Proses Naik Kelas BPJS ?

Proses naik kelas BPJS sebenarnya tidak lama, apalagi saat ini sudah tersedia aplikasi mobile JKN, ganti kelas tidak perlu lagi harus datang ke kantor cabang BPJS, cukup bisa dilakukan di rumah dengan aplikasi mobile JKN tersebut bahkan hanya membutuhkan beberapa menit saja. silahkan dapat dibaca Ganti kelas BPJS dengan aplikasi mobile JKN

Tapi sebelum melakukan ganti kelas ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi yaitu:
  1. Peserta tidak punya tunggakan, pastikan sebelum melakukan ganti kelas baik itu turun kelas bpjs maupun naik kelas bpjs, pesera tidak memiliki tunggakan, umumnya jika memiliki tunggakan ganti kelas tidak bisa dilakukan sebelum seluruh tunggakan dilunasi.
  2. Harus sudah minimal 1 tahun kepsertaan, ganti kelas baru dapat dilakukan pada saat usia kepesertaan minimal sudah menginjak 1 tahun, atau jika pernah melakukan ganti kelas sebelumnya, waktunya harus sudah 1 tahun dari ganti kelas sebelumnya.
  3. Ganti kelas otomatis akan merubah kelas bpjs seluruh anggota keluarga, ganti kelas akan berdampak pada berubahnya seluruh kelas anggota keluarga dalam 1 KK artinya ganti kelas bpjs tidak untuk perorangan.
  4. Kelas Baru akan berlaku di bulan berikutnya. saat anda melakukan ganti kelas, maka kelas baru akan berlaku di bulan berikutnya, misalnya anda melakukan ganti kelas di tanggal 10 bulan januari, maka kelas baru akan belaku di tanggal 1 bulan pebruari.

Ganti kelas tidaklah lama, hanya beberapa menit saja apalagi dilakukan menggunakan aplikasi mobile JKN, namun Seperti yang disebutkan pada point 4 di atas, kelas bpjs yang baru akan berlaku di tanggal 1 bulan berikutnya.

Saya baru daftar, Belum bayar iuran pertama apakah bisa ganti kelas

Adakalanya keputusan ingin ganti kelas bpjs (naik kelas atau turun kelas) dilakukan saat peserta baru selesai melakukan pendaftaran, padahal iuran pertama bpjs belum dibayarkan. Untuk peserta yang baru melakukan registrasi, namun belum membayar iuran pertama, bisa melakukan ganti  kelas dengan datang langsung ke kantor bpjs terdaftar, namun akan kena masa tunggu selama 14 hari lagi untuk mengaktifkan kartu hingga iuran pertama di bayarkan
loading...

0 Response to "Berapa lama sih Proses Naik Kelas BPJS, ini penjelasannya !"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel