-->

Cara berobat dengan bpjs di klinik, puskesmas atau faskes tingkat 1

Cara berobat dengan bpjs bagaimana ?, pertanyaan ini saya dulu pernah tanyakan saat baru pertama kali menjadi peserta bpjs. pertanyaan yang sama mungkin saja pernah juga anda tanyakan manakala baru pertama kali menjadi peserta dan ingin melakukan pengobatan agar ditanggung bpjs.

Namun untuk yang sudah lama menjadi peserta bpjs dan sudah sering berobat dengan bpjs cara berobat dengan bpjs bukanlah perkara yang sulit. Nah untuk anda yang kebetulan belum mengetahui cara menggunakan kartu bpjs untuk berobat, di artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara berobat dengan bpjs, syaratnya dan juga prosedurnya.

Cara berobat dengan BPJS di Puskesmas atau klinik ?

Pada saat anda sakit dan anda sudah menjadi peserta BPJS serta sudah memiliki kartu JKN KIS, maka solusinya adalah melakukan pengobatan dengan BPJS agar biaya dijamin bpjs kesehatan.



Namun anda harus tahu caranya, dan pengobatan yang anda tempuh harus sesuai dengan  prosedur pengobatan yang ditetapkan oleh bpjs.

Perlu diketahui bahwa pengobatan dengan bpjs menggunakan sistem berjenjang, yakni harus dimulai dari faskes tingkat 1, kemudian jika tidak bisa ditangani di faskes tingkat satu, maka faskes tingkat satu bisa merujuk pasien ke rumah sakit.

Apa itu Faskes tingkat 1 ?

Pernah di jelaskan pada artikel ini bahwa Faskes tingkat 1 merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang meliputi (puskesmas, poliklinik, dokter gigi, atau dokter keluarga) yang harus dikunjungi pertama kali pada saat anda  sakit dan ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dengan bpjs.

Jadi pada saat anda sakit dan ingin melakukan pemeriksaan menggunakan kartu bpjs anda dan agar biaya pengobatn ditanggung bpjs, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus melakukan pemeriksaan di faskes tingkat 1 sesuai dengan faskes tingkat 1 yang terdapat pada kartu bpjs anda sesuai pilihan anda pada saat anda mendaftar.

Jika di kartu peserta anda faskes tingkat 1 di puskesmas A, maka saat anda sakit anda harus melakukan pemeriksaan ke puskesmas A, jika di klinik A, maka harus diklinik A sesuai dengan faskes tingkat 1 yang tertulis di kartu KIS anda, jika faskes yang anda kunjungi tidak sesuai maka kemungkinan besar biaya pengobatan tidak akan pernah ditanggung BPJS kesehatan.


Berobat dengan BPJS membawa Apa saja ?

Saat anda ingin berobat dengan BPJS di faskes tingkat satu, maka yang harus anda bawa umumnya adalah KTP Asli dan Kartu BPJS anda.

Jika kartu hilang maka anda bisa menggunakan kartu virutal  yang bisa anda tunjukan melalui aplikasi JKN Mobile, karena saat ini dengan menunjukan kartu virtual atau kartu digital di aplikasi JKN Mobile sudah dapat diterima. namun sebelum anda bisa melihat kartu di aplikasi JKN mobile anda perlu mendownload dan dan menginstal aplikasi JKN mobile di smartphone android anda, lalu anda lakukan registrasi dengan mencantumkan no kartu bpjs anda hingga berhasil.

Aplikasi JKN mobile bisa menampilkan kartu anda untuk dicetak, juga bisa digunakan untuk pindah faskes dan juga bisa digunakan untuk memperoleh informasi lainnya terkait bpjs kesehatan.

Langkah-langkah berobat dengan BPJS di puskesmas atau poliklinik?

Langkah-langkah berobat dengan bpjs adalah sebagai berikut:

1. Siapkan kartu BPJS asli anda dan juga KTP

2. Kunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas atau poliklinik) sesuai dengan yang tertulis di kartu BPJS anda

3. Sesampainya di faskes tingkat 1, lakukan registrasi ke bagian pendafrtaran pasien bpjs, umumnys sertiap faskes menyediakan pintu dan ruang khusus untuk pendaftaran pasien bpjs. silahkan tunjukan kartu BPJS dan KTP anda untuk dilakukan pemeriksaan.

4. Dokter faskes akan melkukan pemeriksaan kesehatan untuk anda, jika berdasarkan diagnosa dokter penyakit anda tidak berbahaya dan bisa ditangani di faskes tingkat 1, maka umumnya anda akan diberikan resep bpjs (dapat ditebus secara gratis) di apotek yang terdapat di faskes tingkat 1 tersebut, atau di apotek-apotek yang sudah bekerja sama dengan bpjs di kota anda.

Namun jika kondisi anda perlu penanganan di rumah sakit, maka fasekes tingkat 1 akan merujuk anda dengan memberi anda suarat pengantar rujukan untuk di periksa di rumah sakit, simpan surat rujukan tersebut baik-baik untuk pengantar pemeriksaan bpjs d irumah sakit


Berobat dengan BPJS saat sedang di luar kota bagaimana ?

Nah jika anda sedang diluar kota dan ingin melakukan pemeriksaan dengan BPJS, maka tetap masih bisa dilakukan tapi anda harus membuat surat pengantar terlebih dahulu ke kantor bpjs untuk di periksa di faskes di kota tersebut. surat pengantar tersebut harus anda bawa saat melakukan pemeriksaan di faskes tingkat 1 di luar kota tersebut. 

Walaupun sebenarnya tanpa surat pengantar pun seharusnya pasien bisa dilayani difaskes manasaja, minimal 3 kali kunjungan (dalam 1 bulan), tetap saja beberapa faskes terkadang tidak mengijinkan untuk melakukan pemeriksaan fasien bpjs di luar faskesnnya, jadi untuk menghindari penolakan lebih baik membut surat pengantar terlebih dahulu.

Anda juga sebenarnya bisa pindah faskes jika anda tinggal di luar kota lebih dari 3 bulan, sebaiknya silahkan lakukan pindah faskes melalui aplikasi mobile jkn, karena pindah faskes bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, tapi ingat, setelah pindah fasekes kartu dengan faskes baru bisa digunakan di awal bulan berikutnya.

loading...

0 Response to "Cara berobat dengan bpjs di klinik, puskesmas atau faskes tingkat 1"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel