-->

Pindah KK Apakah BPJS Masih bisa digunakan ?, ini yang harus anda lakukan

Kepesertaan BPJS kesehatan saat ini menggunakan sistem kartu keluarga, artinya jika salah satu anggota keluarga mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS kesehatan, maka secara otomatis setiap anggota keluarga dalam satu Kartu keluarga (KK) harus ikut juga didaftarkan mengambil kelas yang sama, dan iuran bulanannya harus dibayarkan untuk satu keluarga tersebut dengan besaran sesuai dengan kelas yang diambil.

Terkait Kepesertaan BPJS tersebut, ada pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh peserta BPJS, terutama pada saat ada dari anggota keluarga yang sudah terdaftar  pisah KK, seperti misalnya mereka menikah, sehingga KKnya secara otomatis akan ikut bersama dengan Suami/Istrinya, sehingga terpisah dari KK orang tua sebelumnya, lantas bagaimana status kepesertaan BPJS kesehatan untuk anggota keluarga yang sudah pisah KK tersebut ?

cara pindah kk bpjs jkn kis
Mutasi anggota keluarga karena punya KK Baru

Bagi peserta JKN-KIS BPJS kesehatan yang telah menikah namun iuran masih menjadi satu dengan VA (Virtual Account) di kartu keluarga lama, segera melaporkan perubahan susunan anggota keluarga yang baru dengan membawa kartu keluarga baru ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat untuk dilakukan pembaharuan data kepesertaan dan penyesuaian VA.



Pisah KK kartu BPJS kesehatan /JKN KIS tetap masih berlaku dan bisa digunakan

Pada saat status peserta pindah KK baik itu karena menikah atau lain sebagainya, tetap kartu BPJS kesehatan peserta yang bersangkutan masih berlaku dan tetap bisa digunakan, namun jika tidak dilaporkan kepesertaan bpjs peserta masih ikut dalam KK yang lama sehingga iuran bulanan BPJS kesehatan untuk peserta yang bersangkutan masih bergabung dengan KK sebelumnya.

Sementara untuk kartu selama tidak memiliki tunggakan atau tidak sedang menunggak, kartu aktif dan tetap masih berlaku dan masih bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh bpjs kesehatan.


Apa yang harus saya lakukan jika ada anggota keluarga yang sudah pindah KK?

Jika ada anggota keluarga yang sudah pindah KK misal karena Menikah, seharusnya segera membuat pelaporan ke pihak BPJS, Peserta yang sudah pindah KK dikluarkan dari KK yang lama sehingga iuran bulanan untuk anggota keluarga yang sudah pisah KK tidak diikut sertakan menjadi tanggungan bersama lagi. 

Jika tidak dilakukan pelaporan, pihak bpjs belum mampu mendeteksi secara otomatis kepesertaan anggota keluarga yang pindah KK tersebut dengan begitu jika tidak ada pelaporan, iuran bulanan untuk anggota keluarga yang sudah pindah KK tersebut tetap menjadi tanggungan bersama Kartu keluarga yang lama.


Pindah KK jangan melakukan daftar baru BPJS ?

Saat anda pindah KK, anda tidak perlu daftar ulang bpjs, karena sebenarnya anda sudah masuk kepesertaan BPJS kesehatan, yang harus anda lakukan adalah melakukan perubahan data kepesertaan untuk pindah KK dengan cara datang ke kantor cabang BPJS kesehatan dengan membawa persayaratan yang dibutuhkan.


Cara Pindah KK BPJS Kesehatan terbaru ?

Sampai hari ini Pindah KK untuk peserta BPJS Kesehatan belum bisa dilakukan secara online, namun harus dilakukan secara offline dengan cara peserta harus datang ke kantor cabang bpjs kesehatan setempat dengan membawa persyaratan-persayaratan yang dibutuhkan.

Adapun syarat dan prosedur pindah KK BPJS kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Membawa KK yang lama.

2. Membawa KK keluarga yang baru

3. Membawa Asli dan Fotocopy KTP anggota keluarga yang pindah KK

4. Membawa Asli Kartu JKN KIS BPJS kesehatan kartu Keluarga yang pindah KK.

5. Datang ke kantor cabang BPJS kesehatan untuk melakukan pemisahan KK.

6. Pihak BPJS akan membantu anda untuk memisahkan kepesertaan anggota keluarga yang sudah pisah KK dari Kartu Keluarga Lama, sehingga anggota keluarga yang sudah pisah KK iuran bulanannya tidak lagi menjadi tanggungan.


Tapi Saya Memiliki tunggakan Apakah bisa pindah KK ?

Jika ada peserta yang masih memiliki tunggakan, maka pindah KK tidak akan bisa dilakukan sebelum seluruh tunggakan dilunasi, jika merasa berat untuk melunasi tunggakan anda bisa mengikuti program Rehab BPJS kesehatan untuk menyicil tunggakan anda hingga lunas seluruhnya.

Jadi sebelum melakukan perubahan data kepesertaan pindah kk karena menikah, maka pastikan anda dan keluarga anda tidak memiliki tunggakan.


Demikian tentang cara memperbaharui perubahan data kepesertaan saat ada anggota keluarga pindah KK karena menikah atau lain halnya sehingga Iuran peserta tidak diikutsertakan pada Tagihan Virtual account KK yang lama, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.





loading...

0 Response to "Pindah KK Apakah BPJS Masih bisa digunakan ?, ini yang harus anda lakukan"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel