-->

Cara Mengurus Kartu BPJS Anda Yang Hilang atau Rusak

Solusi cara mengurus kartu bpjs kesehatan yang hilang atau rusak? - Kartu BPJS kesehatan adalah kartu Identitas peserta yang harus selalu di bawa dan ditunjukan setiap kali ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dengan BPJS, pada kartu ini tertera Nomor Peserta BPJS, nama Peserta dan nama fasket tingkat 1, setiap peserta memiliki kewajiban menjaga kartu BPJS sebaik-baiknya jangan sampai hilang atau rusak seperti patah, sobek yang menyebabkan data yang tertera pada kartu tidak bisa terbaca.

Namun terkadang karena penyebab tertentu bisa saja kartu BPJS kesehatan milik anda hilang, lupa menyimpan atau mungkin terjatuh dari dompet, sehingga anda kehilangan kartu, atau karena penyebab tertentu kartu BPJS anda rusak parah.

Mengurus kartu bpjs yang hilang atau rusak
Mengurus kartu bpjs yang hilang atau rusak

Tentu jika kartu hilang atau rusak parah maka anda akan kesulitan ketika ingin berobat dengan BPJS karena kartu adalah salah satu syarat wajib yang selalu harus dibawa pada saat anda melakukan pengobatan dengan BPJS.

Jika kebetulan anda mengalami kehilangan kartu atau kartu BPJS anda rusak parah, sebaiknya anda tidak perlu panik, yang harus segera anda lakukan adalah lapor ke pihak BPJS setempat dengan membawa kelengkapan persyaratan yang telah ditentukan, nanti pihak BPJS akan melakukan cetak ulang kartu BPJS anda untuk mengganti kartu BPJS anda yang hilang atau rusak.

Syarat untuk Mengganti Kartu BPJS yang hilang atau Rusak

Berikut adalah syarat-syarat yang harus anda bawa ke kantor bpjs untuk mencetak ulang kartu bpjs kesehatan baru sebagai pengganti kartu bpjs anda yang hilang atau rusak:

  1. Asli dan Fotocopy KTP
  2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga atau KK
  3. Untuk kartu yang hilang anda harus membuat surat kehilangan dari kepolisian (polsek) setempat.
  4. Jika kartu rusak sebaiknya anda membawa kartu BPJS yang rusak tersebut.
  5. Fotocopy kartu BPJS jika ada.


Cara Mengurus Kartu BPJS yang hilang atau rusak

Jika kelengkapan persyaratan untuk mengurus kerusakan atau kehilangan kartu bpjs sudah lengkap, anda bisa datang langsung ke kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan di atas. langsung menuju bagian pengaduan, nanti pihak BPJS akan membuat cetakan baru untuk kartu BPJS anda yang hilang atau rusak tersebut dengan data-data yang sama dengan kartu lama anda.

Waktu yang dibutuhkan sampai 1 hari, atau hari itu juga bisa selesai jika antrian di kantor BPJS tidak banyak.


Bagaimana jika kondisi anda sedang di luar kota

Bisa saja terjadi ketika anda diluar kota kartu bpjs yang ingin anda gunakan hilang atau rusak padahal kartu tersebut ingin anda gunakan

Jika terjadi kehilangan kartu di luar kota, anda bisa mengurusnya ke kantor BPJS terdekat dimana anda berada pada saat itu dengan membawa syarat-syarat di atas, untuk membuat laporan kehilangan anda bisa membuat di kantor kepolisan terdekat di kota dimana anda berada.

Saran:
  • Sebaiknya kartu BPJS dijaga baik-baik jangan sampai hilang atau rusak, karena mengurus kehilangan atau kerusahakan kartu akan menghabiskan waktu anda.
  • Jika kartu hilang segeralah urus ke kantor bpjs setempat agar segera dibut cetak baru untuk penggantinya.
  • Fotocopy kartu BPJS anda secukupnya.

Demikian informasi tentang cara mengurus kartu BPJS yang hilang atau rusak, semoga membantu.
loading...

4 Responses to "Cara Mengurus Kartu BPJS Anda Yang Hilang atau Rusak"

  1. Saya mau tanya, kartu BPJS saya hilang beserta ktp dan atm. Jd ktp asli saya tidak ada,saya daftar menggunakan ktp Jakarta, ktp baru saya hilang. apa menggunakan fotokopi KTP lama saja?

    ReplyDelete
  2. Kartu BPJS saya hilang dan saya ingin di buat kan yg baru oleh perusahaan kerja saya yg baru .Tapi saya di suruh minta no BPJS kesehatan saya gimana yah cara ngecek nomer BPJS kesehatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicek secara online, menggunakan kartu bpjs anggota keluarga lainnya yang sudah menjadi peserta.
      Silahkan baca disini caranya.

      nanti akan muncul seluruh data anggota keluarga yang sudah daftar bpjs nama, nomor bpjs termasuk punya bapak.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel