-->

Bayar Iuran BPJS kesehatan di minimarket (alfamart atau indomart) terbukti lebih praktis, mudah dan cepat

Membayar iuran bpjs di alfamart atau indomart dan PPOB lainnya yang sudah disediakan adalah salah satu alternatif yang bisa anda pilih, cara ini menurut saya adalah cara paling cepat, mudah dan praktis untuk membayar iuran bulanan bpjs tanpa antri, walaupun harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp.2. 000 sampai dengan Rp 3.000 untuk tiap peserta.

Salah satu kewajiban peserta BPJS kesehatan terutama untuk peserta bpjs bukan penerima bantuan iuran dari pemerintah (BPJS non PBI) adalah membayar iuran bulanan BPJS yang besar kecilnya ditentukan oleh kelas bpjs yang dipilih, awalnya pembayaran iuran BPJS hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM Bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS, namun saat ini BPJS menyediakan beberapa alternatif untuk melakukan pembayaran iuran bpjs, sehingga  akan lebih mudahkan peserta melakukan pembayaran iuran bulanan bpjs.

bayar iuran bpjs di minimarket alfamart atau indomart
Bayar bpjs bisa dilakukan diminimarket (alfamart atau indomart)

Beberapa cara untuk membayar iuran BPJS yang disediakan oleh bpjs saat ini adalah sebagai berikut:

  • Melalui ATM Bank (BNI, BRI atau Mandiri)
  • Melalui Bank langsung
  • Melalui Autodebet bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS.
  • Melalui Payment Point Online Bank (PPOP) yang tersedia di beberapa minimarket terdekat seperti alfamart, indomart dan juga di kantor pos

Tersedianya banyak cara untuk membayar iuran bpjs tentu saja disambut gembira oleh beberapa peserta BPJS, terutama peserta BPJS kelas III yang tidak memiliki rekening Bank  atau peserta BPJS yang sama sekali awam dengan teknologi modern semacam mesin ATM, dengan banyaknya alternatif mereka bisa memilih cara membayar iuran yang mereka anggap paling mudah, cepat dan praktis.

Dari banyaknya alternatif yang tersedia, salah satu cara pembayaran iuran bpjs yang terbilang cukup cepat, mudah dan praktis adalah melalui PPOB yang sudah tersedia di minimarket seperti alfamart dan indomart, meskipun harus mengeluarkan biaya lebih jika memilih cara ini, namun terbukti cepat dan lebih mudah.

Cara Membayar iuran BPJS kesehatan di minimarket (Indomart atau alfamart)

Untuk anda yang kebetulan sebagai peserta BPJS kelas 3 yang tidak memiliki rekening bank atau anda yang merasa kesulitan melakukan pembayaran melalui mesin ATM, anda bisa memilih melakukan pembayaran iuran BPJS di minimarket terdekat yaitu alfamart dan indomart.

Untuk melakukan pembayaran iuran bpjs di alfamart atau indomart langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Persyaratan:
  • Kartu BPJS atau Nomor Virtual account yang diterima pada saat selesai melakukan pendaftaran, untuk membayar iuran pertama bpjs yang digunakan adalah nomor virtual account, sedangkan untuk membayar iuran bpjs bulanan bisa juga menggunakan nomor identitas peserta yang tertera pada kartu bpjs.
  • Jangan lupa membawa uang untuk biaya pembayaran iuran sesuai dengan jumlah total tunggakan
  • Asli KTP.

Prosedur:
  • Jika peserta yang akan dibayarkan iurannya lebih dari satu anda bisa mencatat nomor kartu BPJS setiap peserta pada secarik keretas, atau bisa juga membawa kartu BPJS setiap peserta.
  • Bawa persyaratan diatas, kemudian langsung menuju indomart atau alfamart terdekat dengan tempat tinggal anda, pembayaran bisa dilakukan dimanapun meskipun anda sedang diluar kota silahkan pilih saja alfamart atau indomart terdekat dengan domosili anda.
  • Bilang pada Kasir ingin membayar iuran bpjs, kasir akan meminta KTP anda atau nomor identitas peserta yang akan melakukan pembayaran.
  • Kasir akan mengecek tunggakan anda dan menginformasikan jumlah tunggakan yang harus anda bayar. pembayaran iuran bpjs di minimarket akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500- sampai Rp 3.000 untuk setiap peserta, jika sedang promo peserta biasanya akan mendapatkan satu botol minuman.
  • Serahkan total uang yang diminta, kasir akan melakukan proses pembayaran iuran bpjs untuk anda.
  • Jangan lupa minta bukti nota pembayaran iuran dari kasir, silahkan simpan bukti pembayaran tersebut baik-baik, untuk antisifasi apabila diperlukan.

Dengan adanya fasilitas pembayaran bpjs di minimarket seperti alfamart atau indomart kini peserta lebih mudah untuk melakukan pembayaran, tidak perlu repot-repot harus ke atm, namun jika anda memiliki rekening di bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS seperti BNI, BRI atau Mandiri, anda juga bisa melakukan autodebet untuk mengatasi telat bayar, iuran akan langsung dipotong dari saldo rekening anda setiap kali iuran harus dibayarkan. ini menurut saya paling praktis untuk peserta BPJS dari kalangan menengah ke atas.

Baca juga: Prosedur cara membayar iuran BPJS di ATM Bank

Selain Iuran bisa dibayarkan di alfamart atau indomart, di beberapa daerah iuran bpjs juga bisa dibayarkan melalui kantor pos, namun hanya berlaku di beberapa tempat saja, seiring waktu kantorpos akan menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk membayar iuran bpjs dimanapun.

BUkan hanya untuk membayar iuran bpjs saja, anda juga bisa membayar tunggakan bpjs di alfamart atau indomart dan juga PPOB lainnya.

Demikian tentang Cara Praktis Bayar Iuran BPJS kesehatan melalui indomart atau alfamart, semoga membantu. selamat mencoba.
loading...

0 Response to "Bayar Iuran BPJS kesehatan di minimarket (alfamart atau indomart) terbukti lebih praktis, mudah dan cepat"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel