-->

Cara Mudah Mengetahui Kelas BPJS Kesehatan

Terkadang informasi sederhana mengenai data bpjs tidak kita ketahui, seperti yang terjadi pada teman saya, beliau lupa tidak tahu kelas bpjs yang dia ambil, padahal kelas adalah salah satu data yang harus diketahui yang dapat menentukan besar kecilnya iuran bpjs kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Karena sudah lama tidak menggunakan kartu bpjs dan juga sudah cukup lama tidak bayar iuran bulanan bpjs, teman saya lupa kelas bpjs miliknya, sedangkan di kartu BPJS sendiri tidak tertera kelas bpjs yang diambil, informasi di kartu hanya nama peserta dan fasilitas kesehatan tingkat 1 atau faskes tingkat 1, akhirnya dia bertanya pada saya tentang kelas bpjs.

MEngetahui Kelas BPJS dengan SMS Gateway


Pertanyaannya jika diperhatikan memang sangat sederhana, tapi saya berfikir ini bisa terjadi pada siapapun anda sebagai peserta bpjs kesehatan, lupa kelas bpjs yang diambil. oleh karena itu untuk membantu anda bagaimana cara mengetahui kelas bpjs jika anda lupa maka di artikel kali ini saya akan share cara untuk mengetahuinya.

Cara Mudah Megetahui Kelas BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara untuk mengetahui kelas bpjs yang diambil, bisa secara online maupun melalui sms gateway, namun cara yang paling praktis menurut saya adalah menggunakan layanan sms gateyaw, cara ini sebenarnya sudah saya bahas di artikel sebelumnya tentang cara praktis untuk cek status aktif tidaknya kartu bpjs anda, namun di artikel tersebut lebih fokus tentang cara untuk mengatahui aktif tidaknya, walaupun yang di bahas tidak jauh berbeda, di artikel kali ini saya akan bahas lebih fokus untuk mengetahui kelas bpjs, sekaligus mengetahui nama peserta dan juga fasilitas kesehatan tingkat 1 yang diambil.

Melalui SMS Gateway

Cara ini merupakan cara paling praktis dan paling mudah menurut saya, bisa dilakukan dimana saja yang penting syaratnya memiliki HP yang terhubung ke jaringan internet. Cara ini sebenarnya untuk mengecek keanggotaan bpjs, jadi selain anda dapat mengetahui kelas bpjs anda juga dapat mengetahui nama fasilitas keseahatan, nama peserta dan status aktif-tidaknya kepesertaan bpjs anda, dengan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Silahkan SMS Menggunakan Format di bawah ini

  • - NOKA  Nomor Kartu                  kemudian kirim ke 087775500400
  • - NIP  Nomor NIP                     kemudian kirim ke 087775500400
  • - NIK  Nomor NIK                     kemudian kirim ke 087775500400


Respon atas penerimaan SMS Gateway tersebut berupa tampilan data :
Contoh :
NIK 1606070603800003
Jawaban SMS :
UDIN WAHYUDI
JK : L PISA : PESERTA Tgl lahir : 0603/1980
Kls Rwt: KELAS II Terdaftar di : Dr. DEWI ETIKAWATI

Di saat-saat tertentu terkadang sms gateway kendalanya adalah responny lama karena banyak yang menggunakan, jadi jika anda menggunakan cara ini pilih waktu-waktu dini hari.

Itulah tentang cara paling mudah untuk mengetahui kelas BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Kelas BPJS Kesehatan"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel