-->

Proses pendaftaran BPJS di luar domisili yang tidak sesuai KTP

Setiap orang memiliki mobilitas yang berbeda-beda, ada yang menetap di suatu daerah dan ada juga yang hilir mudik pindah-pindah tempat tinggal karena tuntutan pekerjaan, sebenarnya untuk masalah kependudukan tidak ada masalah, yang penting yang bersangkutan memiliki ktp yang jelas, namun permasalahan muncul ketika yang bersangkutan ingin daftar menjadi peserta BPJS kesehatan, kita ketahui bersama bahwa untuk menjadi peserta bpjs salah satu persyaratannya adalah KTP, dan sangat diprioritaskan untuk daftar di wilayah yang sesuai dengan KTP dengan memilih faskes tingkat 1 yang terdapat di wilayah tersebut.

Walaupun berobat dengan bpjs bisa dilakukan di luar kota yang tidak sesuai ktp, sayangnya proses untuk mendapatkan layanan kesehatan dari bpjs di luar kota yang tidak sesuai KTP sedikit ribet, karena si peserta harus membuat surat pengantar dari kantor bpjs setempat ketika ingin mendapatkan layanan kesehatan di faskes tingkat 1 di wilayah tersebut, dengan maksud untuk menghindari penolakan dari faskses karena faskes tk1 yang digunakan untuk mendapatkan layanan bpjs tidak sesuai dengan faskes tk 1 yang tertera di kartu BPJS.

Proses syarat dan prosedur daftar bpjs di luar kota tidak sesuai ktp


Oleh karena itu untuk anda yang sudah menjadi peserta BPJS, agar anda bisa mendapatkan layanan bpjs dengan lebih mudah dan lancar, maka jika anda banyak menghabiskan waktu di luar kota yang tidak sesuai KTP, sebaiknya anda melakukan perubahan data kepesertaan untuk pindah faskes, dengan menyertakan surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, sehingga anda bisa mengganti faskes sesuai dengan domisili anda saat ini, walaupun tidak sesuai ktp.

Namun, Untuk anda yang sampai saat ini belum terdaftar sebagai peserta bpjs dikarenakan anda sering pindah-pindah tempat tinggal, jika anda memutuskan untuk melakukan pendaftaran bpjs kesehatan, maka  yang harus anda pertimbangkan adalah memilih lokasi pendaftaran dimana anda sering menghabiskan waktu, beda ktp tidak masalah, karena saat ini pendaftaran bpjs bisa dilakukan dimana saja walaupun tidak sesuai KTP.

berikut akan saya uraikan proses pendaftaran bpjs di luar kota menggunakan ktp daerah:

Proses pendaftaran BPJS di luar domisili yang tidak sesuai KTP

Untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran bpjs di luar kota yang tidak sesuai KTP maka proses pendaftaran untuk menjadi peserta bpjs dengan memilih faskes di kota tersebut adalah sebagai berikut:

Persyaratan:
  • Asli dan Fotocopy KTP
  • Asli dan Fotocopy KK terbaru
  • Surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, ini sebagai syarat agar anda bisa memilih fasekes yang berada di wilayah tempat anda melaukuan pendaftaran.
  • Foto 3x4 berwarna 2 buah
  • Kepemilikan rekening bank, untuk anda yang memutuskan mengambil kelas 1 atau kelas 2, sedangkan jika ingin mengambil kelas III, rekening tidak dibutuhkan
  • Mengisi formulir pendaftaran, formulir bisa anda peroleh di kantor bpjs pada saat anda melakukan proses pendaftaran.

Prosedur pendaftaran:
Pendaftaran bpjs di luar kota/daerah/provinsi yang tidak sesuai dengan KTP tidak bisa lakukan secara online, namun harus datang langsung ke kantor bpjs setempat dengan membawa dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan

Anda akan diminta untuk memilih kelas BPJS dan juga memilih fasilitas kesehtan tingkat I (faskes tingkat 1)

Kelas yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan anda, jika anda bingung memutuskan untuk memilih kelas anda bisa baca:
Silahkan pikirkan untuk memilih kelas bpjs, karena kelas hanya bisa anda ganti jika usia kepesertaan anda minimal sudah 1 tahun.

Sedangkan untuk memilih faskes tingkat 1, anda bisa memilih praktek dokter, dokter keluarga, atau poliklinik, untuk yang mengambil kelas III hanya boleh memilih puskesmas kelurahan/desa.


loading...

7 Responses to "Proses pendaftaran BPJS di luar domisili yang tidak sesuai KTP"

  1. Saya pertama daftar bpjs, faskes tingkat 1 wilayah ciledug, tangerang. tapi ktp bekasi. Karna waktu itu saya berdomisili di tangerang.
    Skrg saya domisili sudah dibekasi, tapi faskes bpjs nya kan masih ciledug. Untuk pengurusan tagihannya bisa gak ya kalau diurus di bpjs bekasi? Karna saya mau berobat di Rs. Di bekasi, dan menurut pengalaman sebelumnya, saya ada proses pembayaran denda ke kantor bpjsnya yg di tangerang wkt itu, setelah pembayaran tagihan bpjsnya di indomaret wkt itu. Nah krn sekarang saya sdh berdomisili di bekasi, apa saya tetap hrs ke bpjs tangerang untuk proses pembayaran denda dan pengaktifan bpjsnya? Bisakah semua di proses di bekasi saja? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa tidak via atm, pembayaran tunggakan via atm lebih mudah,

      Jika tunggakan sudah dilunasi, bisa mengurus pindah faskes secara online atau datang langsung ke kantor bpjs domisili sekarang, jika ktp tidak sama dengan alamat faskes yang dipilih sertakan surat keterangan domisili dari rt/rw setempat.

      Delete
  2. Assalamualaikum.. saya skrng tingga di jakarta, ktp dan kk saya panadeglang(banten)
    Pertanyaannya klo saya mau daftar bpjs di jakrta kira2 bisa ga? Dan klo bs persyaratan apa saja yg hrs saya bawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar bpjs disesuaikan dengan kota sesuai dengan faskes yang ingin dipilih, jika faskes yang ingin dipilih dijakarta bisa daftar di jakarta.

      Jika beda KTP karena alamatnya pandeglang, ketika daftar dijakarta bisa menyertakan surat keterangan domisili dari RT/RW setempat.

      Delete
  3. Saya daftar bpjs dikota madiun dengan ktp kebumen, karna sekarang saya sudah kembali ke kebumen, untuk perpindahan faskes di kebumen apa harus mengurus di kantor bpjs madiun? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup datang di kantor cabang bpjs yang di kota faskes yang ingin dipilih..
      Ganti faskes minimal masa kepesertaan sudah 3 bulan.

      Untuk mempermudah pergantian atau pindah faskes bisa melalui aplikasi android mobile JKN, silahkan dapatkan melalui playstor

      Delete
  4. Cukup datang di kantor cabang bpjs yang di kota faskes yang ingin dipilih..
    Ganti faskes minimal masa kepesertaan sudah 3 bulan.

    Untuk mempermudah pergantian atau <a href='http://www.pasienbpjs.com/2018/03/pindah-faskes1-bpjs-via-online.html>pindah faskes bisa melalui aplikasi android mobile JKN</a>, silahkan dapatkan melalui playstor

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel