-->

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan mandiri setelah mendaftar

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan mandiri  atau kartu indonesia sehata (KIS) setelah mendaftar - Seperti yang tercantum dalam UU No 24 tahun 2012 tentang BPJS, menyatakan bahwa seluruh Warga negara Indonesia wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya ke BPJS Kesehatan, ada 3 jenis kepesertaan bpjs, peserta bpjs penerima bantuan iuran (PBI), peserta bpjs pekerja penerima upah (PBPU) dan peserta bpjs mandiri.

Untuk menjadi peserta bpjs mandri peserta dapat melakukan pendafaran secara online lewat situs resmi bpjs atau pendaftaran secara langsung dengan datang sendiri ke kantor bpjs, namun pendaftaran secara online hanya bisa dilakukan khusus untuk peserta bpjs yang semua anggota keluarganya yang tercatat di KK satu pun belu ada yang sudah menjadi peserta BPJS.

cara mengambil kartu bpjs kis


Pendaftaran bpjs sebenarnya gratis, anda akan dikenakan biaya untuk iuran pertama bpjs saja, besarnya iuran akan sangat dipengaruhi oleh kelas bpjs yang anda pilih, setelah iruan di bayarkan anda akan mendapatkan kartu bpjs sebagai kartu identitas peserta untuk anda gunakan setiap kali ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang dijamin bpjs..

Sebenarnya daftar bpjs mandiri itu mudah, persyaratannya pun juga cukup mudah seperti apa yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai cara daftar bpjs mandiri, walupun mudah, ternyata masih cukup banyak peserta yang belum mengetahui prosedur pendaftarannya. salah satunya adalah cara megambil kartu bpjs setelah mendaftar, bagaiamana cara peserta memperoleh kartu tersebut.

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan mandiri setelah mendaftar

Untuk anda peserta bpjs yang baru mendaftar bpjs mandiri dan masih bingung cara memiliki kartu bpjs, maka artikel ini bisa memberikan informasi kepada anda.

Tahapan dari mulai anda melakukan pendaftaran bpjs sampai anda mendapatkan kartu bpjs adalah sebagai berikut:

1. Untuk menjadi peserta bpjs anda harus melakukan pendaftaran bpjs baik secara online maupun datang langsung ke kantor bpjs.

2. Setelah pendaftaran selesai, anda akan mendapatkan nomor virtual account (VA). VA harus anda simpan dan jangan sampai rusak. Nomor ini digunakan sebagai nomor referensi untuk melakukan pembayaran iuran pertama bpjs, ketika anda melakukan iuran pertama bpjs anda akan diminta untuk mencantumkan nomor virtual account tersebut.

Baca: Solusi jika nomor virtual account (VA) hilang atau rusak

3. Biasanya pembayaran iuran pertama bpjs baru bisa dibayarkan setelah 14 hari sejak anda mendapatkan nomor virtual account (VA). selanjutnya silahkan bayar iuran pertama di bank yang sudah bekerjasama dengan bpjs maupun di PPOP seperti kantor pos, alfamart atau indomart.

4. Setelah iuran pertama dibayar, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi pembayaran, bukti transaksi pembayaran digunakan untuk mengambil kartu bpjs di kantor BPJS.

5. Setelah iuran pertama anda bayarkan, maka selanjutnya anda bisa datang ke kantor bpjs untuk mengambil Kartu BPJS dengan membawa persyaratan :
  • Kartu keluarga (KK) dan  
  • Bukti pembayaran iuran pertama.

6. Anda dan juga anggota keluarga anda yang anda daftarkan akan dibuatkan kartu bpjs (kartu indonesia sehat) masaing-masing 1.

Setelah anda mendapatkan kartu, kartu tersebut bisa anda gunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (faskes tk 1 bpjs) sesuai dengan faskes yang anda pilih, fasilitas kesehatan (faskes tingkat 1) yang harus anda datangi untuk berobat jalan adalah fasilitas kesehatan sesuai dengan yang tertera di kartu bpjs anda.

Itulah tahapan dari mulai daftar bpjs sampai anda mendapatkan kartu bpjs, memang prosesnya tidak terlalu sulit jika anda sebelumnya sudah menyiapkan segala persyaratan dan ketentuannya. semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.


loading...

13 Responses to "Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan mandiri setelah mendaftar"

  1. Kalau ada perubahan identitas (pindah) alamat rumah, apakah ada kewajiban untuk menlapor dan mengganti data pada kartu...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik melakukan perubahan data kepesertaan agar data bpjs sesuai dengan KTP, biasanya akan bermasalah ketika yang bersangkutan mendapatkan pelayanan kesehatan di RS

      Delete
  2. Mau tanya kalo kk nya harus bawa yg asli atau boleh fotocopy??

    ReplyDelete
  3. Bagaimana kalau bukti pembayaran pertama tidak ada....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terantung petugasnya biasanya mas, bukti pembayaran untuk menghindari pertanyaan, karena walaupun tidak ada tetap saja petugas sebenarnya bisa melihat bahwa transaksi sudah dibayarkan.

      Bisa dicoba mas, terus terang saja bukti pembayaran hilang, minta dicek saja

      Delete
  4. Klo mendaftar kan bayi mau cetak kartu tapi lupa email ambil ke kantor bpjs syarat nya apa aja?

    ReplyDelete
  5. Mw tny apa stlh dbyr iuran 1 nya,, BPJS ny sudah bsa digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah 14 hari sejak daftar dan iuran pertama sudah dibayarkan, kartu sudah bisa digunakan.

      infonya bisa dibaca disini: kartu bisa digunakan setelah 14 hari

      Delete
    2. info lebih lengkap bisa dibaca di sini : http://www.pasienbpjs.com/2016/06/masa-aktif-kartu-bpjs.html

      Delete
  6. Maaf mau tanya donk yg sebenarnya kartu bpjs berbayar itu gimana soal nya temen q ko beda2 kartu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk BPJS Kesehatan Tergantung jenis kepesertaan Jika peserta PBI (Penerima bantuan Iuran / khusus warga miskin) itu iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah, sementara untuk NON pbi iurannya dibayarkan oleh mandiri atau oleh sebagian oleh perusahaan jika peserta masih bekerja di perusahaan,

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel