-->

Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes

Dulu sebelum era bpjs, jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk warga miskin dan kurang mampu adalah JAMKESMAS dan JAMKESDA, kedua program pemerintah tersebut hanya diperuntukan untuk warga miskin yang kurang mampu berdasarkan data dinas sosial, namun di era bpjs saat ini kedua program bpjs tersebut sudah digantikan oleh bpjs kesehatan PBI (Penerima bantuan iuran) yang hanya berhak atas kelas III.

Walaupun program bpjs kesehatan sudah cukup lama bergulir ternyata masih banyak masyarakat sebagai pemegang kartu jamskesmas dan jamkesda yang kepersertaannya belum dialihkan sebagai peserta bpjs kesehatan PBI (Penerima bantuan iuran dari pemerintah), namun walaupun begitu mereka tetap masih bisa menggunakan kartu jamkesmas / jamkesda miliknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan layaknya peserta bpjs pbi.

Cara cek aktif tidaknya kartu jamkesmas /jamkesda


Sebenarnya Pemegang kartu jamsostek maupun jamkesmas, pada akhirnya kepesertaannya akan otomatis menjadi peserta BPJS PBI yang iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah, dengan catatan kepesertaan jamkesmas / jamkesda mereka masih aktif.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengetahu Aktif tidaknya kartu jamkesmas dan jamkesda yang mereka miliki, karena banyak sekali kasus yang sebelumnya pemegang kartu jamkesmas / jamkesda namun ternyata ketika ingin berobat status kartunya sudah non-aktif.

Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes

Status aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda memang perlu diketahui apalagi anda sudah cukup lama tidak mengunakan kartu tersebut, tujuannya adalah agar anda lebih mudah melakukan pindah kepesertaan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan administrasi jaminan kesehatan nasional.

Lantas bagaimana cara mengetahui aktif tidaknya kartu jamkesmas / jamkesda ?

Sampai hari ini yang saya tau ada 2  cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui status aktif tidaknya kepesertaan jamkesda / jamkesmas sebagai berikut:

1. Menghubungi petugas bpjs kesehatan

Cara pertama yang bisa anda tempuh adalah menghubungi petugas bpjs kesehatan dengan datang langsung ke kantor bpjs kesehatan, minta kemereka untuk mengetahui informasi status kepesertaan bpjs anda, syaratnya anda harus membawa kartu jamkesmas/jamkesda anda atau paling tidak anda mengetahui nomor jamkesmas/jamkesda anda dan bawa juga kartu keluarga (KK).

Biasanya anda akan dibantu oleh mereka untuk mengetahui status aktif tidaknya kepesertaan jamkesmas / jamkesda anda melalui aplikasi khusus.

Jika data anda masih diikutsertakan di hasil rekonsiliasai oleh kementrian kesehatan maka data anda akan aktif, namun jika di data rekonsiliasi terbaru tidak ada, maka kepesertaan anda kemungkinan tidak aktif.

Kepesertaan Jamkesmas/jamkesda akan dinonaktifkan secara otomatis oleh perintah, jika di data hasil rekonsiliasi yang dilakukan oleh kementrian sosial data anda tidak diikutsertakan, biasanya dikarenakan keluarga anda sudah dianggap tidak lagi masuk kategori warga miskin atau kurang mampu.

2. Melalui Situs Tanya jawab Lapor.go.id

Cara kedua yang dapat anda pilih apabila anda malas untuk datang langsung ke kantor bpjs adalah dengan menggunakan situs tanya jawab lapor.go.id

Situs tersebut adalah situs resmi pemerintah untuk media tanya jawab hal-hal yang berkaitan dengan pemerintah termasuk untuk bertanya masalah Jaminan kesehatan masyarakat seperti Jamkesmas, Jamkesda, askes dan bpjs, baik bpjs kesehatan maupun bpjs tenaga kerja.

Di situs tersebut anda biasanya harus melakukan registrasi dulu dan anda bisa mengajukan pertanyaan terkait kasus anda, biasanya jawaban akan anda terima dalam beberapa hari.

Apakah tidak ada Aplikasi khusus untuk cek aktif tidaknya kepesertaan jamkesmas / jamkesda ?

Sejauh ini saya belum mendapatkan informasi tentang adanya aplikasi yang dapat digunakan untuk cek status kepesertaan jamkesmas/ jamkesda.

Cara diatas adalah cara yang saat ini banyak dipilih sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi status kepesertaan jamkesmas anda.

Namun jika anda punya cukup informasi tentang cara cek status jamkesmas/jamkesda, silahkan berbagi di komentar, barangkali pengalaman anda bermanfaat untuk orang lain.

Demikian tentang bagaimana Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes, semoga membantu.
loading...

3 Responses to "Cara Cek aktif tidaknya kartu jamkesmas/jamkesda /askes"

  1. Aktif tidakya kartu jamkesmas / jamkesda atau saat ini KIS bpjs PBI sangat tergantung dari status peserta, jika peserta sudah dianggap mampu maka kepesertaan pada akhirnya akan nonaktif. dan peserta harus daftar menjadi peserta bpjs mandiri.

    Jika masih aktif, bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas desa/kelurahan / kecamatan setempat

    ReplyDelete
  2. Saya punya kartu Jamkesmas yang berwarna biru apakah bisa digunakan di RS ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peserta Jamkesmas, jamkesda atau askes secara otomatis sudah terdaftar menjadi peserta BPJS, bisa berobat di rumah sakit dengan catatan, jangan langsung ke rumah sakit tapi harus atas rujukan dari faskes tingkat 1 klinik, puskesmas atau dokter.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel