-->

Berapa hari proses pendaftaran BPJS sampai kartu diterima?

Berapa lama sih proses pendaftaran bpjs kesehatan ?, apakah setelah daftar kartu bpjs langsung aktif dan bisa langsung digunakan.

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah 2 dari sekian pertanyaan yang umumnya sering sekali ditanyakan oleh calon peserta BPJS kesehatan yang memutuskan ingin mendaftar menjadi peserta bpjs kesehatan.

Pertanyaan tersebut muncul karena informasi terkait syarat dan prosedur pendaftaran bpjs belum mereka ketahui dengan pasti.

Sebenarnya untuk daftar menjadi peserta bpjs itu sangat mudah, namun ada persyaratan dan juga ketentuan yang harus diikuti, jika persyaratannya dipersiapkan dengan baik maka  pendaftaran bpjs pun akan lebih cepat dan tidak banyak memakan waktu.

berapa lama proses pembuatan kartu bpjs


Artikel ini saya buat khusus untuk anda yang ingin mendaftar menjadi peserta bpjs, di artikel ini akan saya uraikan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendaftaran bpjs yang masih banyak dipertanyakan oleh calon peserta seperti:
  • Berapa lama proses pembuatan kartu bpjs
  • Apakah setelah daftar kartu bpjs langsung aktif dan bisa digunakan ?
  • Kapan kartu bpjs bisa digunakan setelah mendaftar ?
  • Bagaimana cara mengambil kartu bpjs?
  • Kapan kartu bpjs dikirim?
  • Berapa lama masa aktif kartu BPJS?
Dengan membaca artikel ini saya harapkan anda memiliki informasi yang cukup ketika melakukan pendaftaran sehingga proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik.

#1. Berapa lama proses pembuatan kartu bpjs

Untuk mengetahui lamanya proses pembuatan kartu bpjs, maka anda setidaknya harus mengetahui prosedur pendaftaran bpjs.

Prosedur pendaftaran bpjs bisa dilakukan baik secara offline dengan datang langsung ke kantor bpjs atau secara online melalui situs resmi bpjs kesehatan atau melalui customer care bpjs.

Namun umumnya waktu yang dibutuhkan hingga peserta mendapatkan kartu bpjs relative membutuhkan waktu yang tidak jauh berbeda.

Prosedur pendaftaran bpjs adalah sebagai berikut:

1. Peserta melakukan pendaftaran dengan mempersiapkan persyaratan pendaftaran bpjs yang telah ditentukan.

2. Setelah peserta selesai melakukan pendaftaran peserta tidak akan langsung menerima kartu, namun peserta akan menerima Nomor Virutal Account Keluarga (VA Keluarga) dalam bentuk lembaran keretas, di VA keluarga tercantum nomor rekening tujuan untuk melakukan pembayaran iuran pertama.

3. Peserta Harus membayar iuran pertama biasanya setelah 14 hari sampai dengan 30 hari sejak menerima nomor virtual account.

Anda mungkin bertanya, Kenapa pembayaran iuran pertama harus menunggu 14 hari  ?
Ini dikarenakan untuk peserta baru ada proses pengolahan dan validitas berkas hingga data peserta siap.

4. Setelah peserta membayar iuran pertama, Peserta Bisa mengambil kartu bpjs di kantor BPJS dengan membawa bukti pembayaran iuran pertama dan Kartu Keluarga.

Berapa lama pendaftaran BPJS ?
 
Dari uraian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pendaftaran bpjs itu 1 hari saja bisa selesai, namun Lamanya proses pembuatan kartu sampai kartu diterima dan siap digunakan kira kira 14 hari sampai 30 hari sejak melakukan pendaftaran. tergantung seberapa cepat anda membayar iuran pertama dan mengambil kartu bpjs anda.

#2 Apakah setelah daftar kartu bpjs akan langsung aktif dan siap digunakan ?

Setelah anda selesai mendaftar anda tidak akan langsung mendapatkan kartu, lihat lagi uraian di atas, kartu bpjs baru dapat anda terima ketika anda selesai membayar iuran pertama yang bisa dibayarkan setelah 14 hari sampai 30 hari sejak anda melakukan pendaftaran.

Kartu bpjs yang anda terima akan langsung aktif dan bisa langsung digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mengikuti sistem pelanan berjenjang.

#3 Kapan kartu BPJS Bisa digunakan setelah mendaftar

Jawaban untuk pertanyaan ini sama dengan nomor #2 di atas, jika kartu sudah diterima, kartu langsung aktif dan sudah bisa digunakan.

#4 Bagaimana Cara mengambil Kartu BPJS.

Untuk peserta yang melakukan pendaftaran secara offline di kantor bpjs, maka kartu bisa diambil di kantor bpjs setelah iuran pertama dibayarkan, syarat pengambilan kartu adalah bukti pembayaran dan kartu keluarga.

Begitu juga untuk anda yang melakukan pendaftaran secara online, kartu akan anda terima setelah iuran pertama dibayarkan, kartu akan dikirim langsung ke alamat peserta.

#5 Berapa lama masa aktif kartu BPJS ?

Kartu BPJS selamanya akan aktif dan bisa digunakan jika iuran bulanan lancar dibayarkan.

Kartu akan nonaktif atau diblokir jika si peserta menunggak pembayaran iuran bulanan minimal 1 bulan, kartu akan aktif kembali setelah peserta melunasi seluruh tunggakan.


Demikian informasi mengenai hal- hal yang berkaitan dengan kartu bpjs, dengan artikel di atas saya berharap anda sudah memiliki jawaban terkait pertanyaan anda terutama yang berkaitan dengan lamanya proses pembuatan kartu atau pendaftaran bpjs keseahatan, semoga membantu.

loading...

9 Responses to "Berapa hari proses pendaftaran BPJS sampai kartu diterima?"

  1. Sudah hampir 2 bulan saya belum dapat kartu BPJS setelah pendaftaran dan setor pertama .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicetak di kantor bpjs, jangan lupa bawa KK dan bukti terakhir pembayaran.
      Bilang saja ingin cetak kartu..

      Delete
  2. kalau pendaftaran online di aplikasi bpjstku berapa hari siap nya..kalau langsung di bayar pas hari pndftaran apkah bisa 2 hari siap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mungkin aplikasi mobile jkn, bpjstku untuk peserta bpjs ketenagakerjaan. kartu akan dikirimkan 14 hari kerja

      Delete
  3. Saya baru daftar 2 orang 1 KK 4 orang baru mau saya tambah kan 2 orang lagi tidak bisa saya di tangguhan pembayaran lalu saya bayar tidak bisa gimana itu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah yang 2 sudah aktif kartunya?, penangguhan bisa terjadi jika ada peralihan kepesertaan misal dari mandiri ke perusahaan atau sebaliknya, iuran pertama masih proses pembayaran. ditunggu saja hingga tidak berstatus penangguhan.

      Delete
  4. Maaf pak saya baru saja mendafar online bpjs, brp lama sy menunggu harus menunggu proses untuk mendapatkan virtual account keluarga nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika setelah mendaftar belum juga mendapatkan nomor VA, peserta bisa konfirmasi ke Care Center BPJS Kesehatan di 1500400 atau melalui layanan sosial media bpjs kesehatan di facebook

      Delete
  5. Berapa lama saya harus menunggu proses virtual account keluarga setelah pendaftaran?

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel