Ini Alasan kenapa kartu BPJS anda Nonaktif dan tidak bisa digunakan untuk berobat.

Ternyata tidak semua peserta BPJS mengatahui penyebab atau alasan kenapa kartu BPJS kesehatan miliknya nonaktif, sehingga kartu tidak bisa digunakan untuk berobat.

Untuk memberikan informasi tambahan kepada peserta bpjs keseahtan, di artikel kali ini saya akan coba uraikan alasan kenapa kartu bpjs bisa nonaktif, namun sebelum saya jelaskan secara panjang lebar, saya akan ulas sedikit tentang kartu BPJS.

Kita ketahui bersama bahwa Kartu BPJS atau sekarang dikenal juga sebagai KIS (Kartu indonesia sehat) adalah kartu identitas peserta BPJS, kartu tersebut merupakan satu persyaratan yang harus selalu dibawa pada saat peserta ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang ditanggung oleh BPJS.

Untuk mendapatkan pelayanan BPJS, maka selain peserta harus memiliki kartu, status kepesertaan juga harus dalam keadaan aktif, jika status kepesertaan non aktif atau kartu diblokir, maka peserta tidak akan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Penyebab kartu bpjs nonaktif

Ada beberapa penyebab kenapa kartu bisa menjadi nonaktif, penyebab ini harus diketahui oleh para peserta bpjs untuk menghindari terjadinya penonaktifan kartu, sehingga peserta dapat selalu memastikan kartu bpjs kesehatan miliknya selalu dalam keadaan aktif dan bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan gratis kapanpun dan dimanapun.

Ini alasan kenapa Kartu BPJS Kesehatan alias KIS bisa menjadi Nonaktif.

Berikut adalah beberapa penyebab yang sering terjadi yang membuat kartu KIS/ BPJS menjadi nonaktif atau diblokir, sehingga tidak bisa digunakan untuk berobat:

1. Kartu BPJS Nonaktif karena Menunggak Iuran Bulanan.
Untuk jenis peserta BPJS Mandiri dan BPJS kesehatan yang ditanggung oleh perusahaan, maka setiap peserta wajib untuk membayar iuran bulanan yang harus dibayarkan setiap bulan dengan besaran sesuai dengan kelas BPJS yang diambil.

Untuk saat ini berlaku, bahwa ketika iuran tidak dibayarkan atau menunggak iuran minimal 1 bulan, maka kartu kis atau BPJS akan langsung dinonaktifkan alias diblokir.

Ketika kartu diblokir maka kartu tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan keseahatan dari BPJS, kartu baru bisa digunakan kembali setelah tunggakan dilunasi.

Jika kartu bpjs anda nonaktif karena anda menunggak atau tidak membayar iuran bulanan, maka untuk mengaktifkan kartu bpjs tersebut, anda harus membayar seluruh tunggakan untuk kartu tersebut, jika tunggakan sudah dilunasi, maka kartu akan langsung aktif kembali dan bisa digunakan.

2. Terdeteksi sebagai peserta dengan data ganda.
Yang kedua penyebab kartu BPJS nonaktif adalah karena peserta terindikasi sebagai peserta yang memiliki data kepesertaan double atau ganda.

Ini banyak sekali dikeluhkan oleh beberapa peserta bpjs yang tiba-tiba kartu bpjs miliknya diketahui nonaktif dengan alasan karena kepesertaan ganda.

Ketika peserta BPJS terdeteksi memiliki kepesertaan ganda maka kartu BPJS akan dinonaktifkan sepihak, kartu akan aktif kembali setelah diperbaiki dengan datang ke kantor bpjs setempat.

Baca juga: Penyebab peserta memiliki data kepesertaan ganda

Jika kartu anda nonaktif karena anda dianggap memiliki kepesertaan ganda, maka sebaiknya anda lapor ke kantor BPJS, pihak bpjs akan menonaktifkan salah satu kepesertaan anda, sehingga kepesertaan anda akan aktif kembali.

3. Kesalahan sistem BPJS
Yang ketiga yang bisa menyebabkan kepesertaan BPJS dinonaktifkan adalah karena kesalahan sistem BPJS.

Ini banyak sekali dialami oleh peserta BPJS, mereka tidak memiliki tunggakan, setiap bulan selalu rutin membayar iuran namun kartu BPJS miliknya dalam keadaan nonaktif.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan sistem, jika ini terjadi maka sebaiknya peserta segera lapor ke kantor BPJS terdekat dengna membawa bukti pembayaran terakhir. pihak BPJS akan membantu menyelesaikan permasalahan dengan kepesertaan anda dan akan mengaktifkan kembali kartu BPJS anda.

loading...

0 Response to "Ini Alasan kenapa kartu BPJS anda Nonaktif dan tidak bisa digunakan untuk berobat."

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel