Kartu BPJS Nonaktif karena data Ganda (double data) begini cara mengatasinya

Untuk mendapatkan pelayanan gratis yang ditanggung oleh BPJS syarat utama adalah kepesertaan harus dalam keadaan aktif, jika kepesertaan statusnya tidak aktif, maka sampai kapanpun peserta tidak akan bisa berobat menggunakan bpjs.

Ada banyak penyebab kenapa kartu bisa berstatus menjadi non-aktif, salah satu penyebab yang sering sekali terjadi adalah, karena menunggak iuran bulanan bpjs, iuran bulanan bpjs umumnya harus dibayarkan setiap 1 bulan sekali minimal setiap tanggal 10, jika iuran tidak dibayarkan baik disengaja ataupun tidak sehingga dinyatakan menunggak minimal satu bulan saja, maka kartu akan langsung nonaktif.

Sebenarnya yang membuat kartu Nonaktif bukan hanya masalah tunggakan saja, tapi ada kasus-kasus lainnya yang tidak dikehendaki, salah satu permasalahan yang cukup banyak dikeluhkan oleh peserta bpjs adalah karena peserta dianggap memiliki data kepesertaan ganda, padahal iuran bpjs setiap bulan tidak pernah menunggak



Kasus data ganda atau data double, terkadang baru diketahui oleh peserta pada saat peserta ingin menjalani pengobatan dengan BPJS, atau pada saat peserta ingin menjalani rawat inap di rumah sakit, peserta mendapat informasi bahwa kartu miliknya statusnya nonaktif dengan alasan data Ganda.

Apa penyebab peserta memiliki data ganda?

Walaupun peserta menganggap tidak pernah mendaftar BPJS 2 kali, kepsertaan ganda bisa terjadi oleh beberapa hal, diantaranya adalah seabgai berikut:

  • Peserta sebelumnya sudah terdaftar menjadi peserta BPJS PBI pemegang kartu KIS yang iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah tanpa sepengetahuannya, namun peserta melakukan pendaftaran bpjs mandiri atau perusahaan.
  • Peserta sebelumnya terdaftar menjadi peserta BPJS Mandiri atau BPJS PBI, kemudian peserta bekerja di sebuah perusahaan, sementara perusahaan mendaftarkan kembali peserta menjadi peserta bpjs kesehatan perusahaan.
Kasus kepesertaan ganda sebenarnya tidak boleh terjadi, dan tidak mungkin terjadi jika sistem bpjs sudah dapat mengatasinya dengan baik.

Kepesertaaan ganda seperti kasus di atas bisa terjadi kemungkinan sistem bpjs belum bisa mengcover hal-hal semacam itu, sehingga kasus kepesertaan data ganda tidak dapat terdeteksi pada saat peserta terdaftar bpjs untuk yang kedua kali, dan baru diketahui di kemudian hari yang menyebabkan  kepesertaan bpjs dinonaktifkan.

Solusi Kartu BPJS Dinonaktifkan karena data Ganda

Untuk anda yang kebetulan mengalami kepesertaan BPJS dinonaktifkan dengan alasan Kepesertaan Ganda, maka sebaiknya segera atasi agar kepesertaaan BPJS/KIS anda bisa Aktif kembali.

Langkah-langkah untuk mengatasi kepesertaan Ganda yang dapat anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Menghubungi Pihak BPJS secara online bisa melalui telepon di 1500400, atau melalui Media sosial, seperti Twitter BPJS Kesehatan RI atau facebook BPJS Kesehatan RI, atau bosa membuat laporan di situs lapor.go.id menyangkut kepesertaan bpjs nonaktif.

b. Langsung datang ke kantor BPJS untuk memperbaiki  prihal penonaktifan kepesertaan BPJS kesehatan karena double data.

Adapun persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Kartu BPJS / KIS 
2. Kartu Keluarga 
3. Copy KTP.

Data dari persyaratan di atas akan digunakan oleh petugas BPJS untuk melakukan crosscek kepesertaan BPJS Anda.

Jika kepesertaan anda nonaktif dikarenakan ada double data atau data ganda, maka pihak BPJS akan menonaktifkan salah satu kepesertaan anda, dan akan mengaktifkan kepesertaan BPJS anda yang dianggap benar.






loading...

0 Response to "Kartu BPJS Nonaktif karena data Ganda (double data) begini cara mengatasinya"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel