JKN Mobile - Cara Cek Tagihan & Tunggakan BPJS secara online via Aplikasi Mobile JKN

Kewajiban peserta bpjs adalah membayar iuran bulanan yang besar-kecilnya sangat ditentukan oleh kelas perawatan bpjs yang diambil. tagihan tersebut harus dibayar setiap bulan paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulan.

Iuran harus dibayarkan dan jangan sampai terlambat, saat ini terlambat saja 1 bulan, maka kartu akan langsung dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh bpjs.

Walaupun denda keterlambatan sudah dihilangkan, namun jika peserta terlambat membayar iuran dan kartu sampai dinonaktifkan, maka konsekuensinya peserta bisa berpeluang terkena denda rawat inap.

Denda rawat inap akan dikenakan kepada peserta yang menjalani rawat inap sebelum 45 hari sejak kartu di aktifkan kembali, jadi hati-hati saja jika anda baru selesai mengaktifkan kartu bpjs anda yang diblokir, pastikan tidak menjalani rawat inap di rumah sakit seblum 45 hari sejak kartu aktif kembali, karena jika tidak maka anda akan terkena denda rawat inap yang tagihannya akan muncul pada tagihan bpjhs anda.

Agar tidak terlambat membayar iuran, pastikan anda selalu ingat dan selalu mengecek tagihan, untuk lebih memudahkan mendapatkan informasi terkait besar iuran dan tagihan bpjs, kini kita bisa menggunakan aplikasi mobile JKN, dengan aplikasi tersebut kita bisa mengetahui jumlah tagihan dan juga jumlah tunggakan yang harus dibayar.

Cara Cek Tagihan & Tunggakan BPJS secara online via Aplikasi Mobile JKN

Sebenarnya ada beberapa alternatif yang anda bisa gunakan untuk mendapatkan informasi tagihan dan sekaligus juga mengetahui jumlah tagihan  salahs atunya adalah melalui aplikasi mobile JKN.

Menggunakan aplikasi mobile JKN merupakan alternatif yang paling praktis menurut saya dengan aplikasi ini anda tidak perlu lagi repot-repot harus ke atm bank atau ke kantor bpjs, cukup dengan duduk di rumah kapanpun dan dimanapun anda bisa mengecek tunggakan dan tagihan iuran bpjs anda dengan cepat dan mudah melalui smartphone anda (android maupun iphone).

cek tunggakan via aplikasi mobile jkn
Cek Tagihan iuran dan tunggakan BPJS via Aplikasi Mobile JKN


Langkah-langkah untuk cek tagihan dan tunggakan BPJS via aplikasi mobile JKN adalah sebagai berikut:

  •     Unduh dan instal aplikasi mobile JKN dari ponsel lewat Google Play Store (untuk android) atau App Store (untuk pengguna iphone).
  •     Registrasi untuk membuat akun
  •     Masuk ke akun mobile JKN Anda
  •     Pilih menu Tagihan, lalu Premi
  •     Nanti akan tertera informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.


Alternatif Lain untuk mengecek Tagihan dan juga Tunggakan iuran BPJS

Selain aplikasi mobile JKN beberapa alternatif lainnya yang dapat anda gunakan untuk cek tunggakan dan tagihan iuran bpjs adalah sebagai berikut:

1. Melalui situs resmi bpjs kesehatan

Alternatif pertama untuk mengecek tagihan bpjs keseahtan adalah melalui situs resmi bpjs kesehatan, di alamat: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

Silahkan kunjungai situs tersebut dam masukan nomor peserta dan juga tanggal lahir, maka anda akan mendapatkan informasi tagihan iuran dan juga tunggakannya jika menunggak.

2. Melalui SMS Gateway

Selin melalui situs resminya anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai iuran bpjs melalui SMS gateway di nomor 08777 5500 400.

SMS Gateway dapat digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai layanan BPJS kesehatan, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayarkan dan jumlah denda yang dikenakan (jika Anda melakukan penunggakan pada bulan-bulan sebelumnya).

Informasi mengenai tagihan Anda tersebut bisa diakses dengan menggunakan salah satu data diri Anda, antara lain Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki.

Silahkan gunakan salah satu dari data nomor tersebut untuk mengetahui jumlah tagihan iuran bulanan BPJS Anda sekaligus tunggakan.

Format SMS:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh: Tagihan 0000123456789

Lalu Kirim ke 087775500400.

OH Ya SMS gateway terkadang tidak aktif namun bisa anda coba gunakan.

3. Melalui telepon care center BPJS.

 alternatif ke 3 untuk mengecek tunggakan dan juga tagihan iuran bpjs adalah melalui panggilan telepon care center di 1500400.

loading...

0 Response to "JKN Mobile - Cara Cek Tagihan & Tunggakan BPJS secara online via Aplikasi Mobile JKN"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel