Syarat Cetak Kartu BPJS Untuk Pensiunan PNS pemegang ASKES

Di artikel kali ini saya akan menguraikan syarat cetak kartu bpjs untuk pensiunan yang masih memegang kartu ASKES, saya menulis artikel ini karena ada beberapa pertanyaan dari para komentator di blog ini mengenai syarat mengganti kartu ASEKES dengan BPJS.

Kita ketahui bersama bahwa sesuai dengan Undang-Undang No. 24 tahun 2011 yang mulai beroperasi pada tanggal 1 januari 2014, program BPJS sebenarnya merupakan peralihan dari ASKES dan  jaminan kesehatan (JP) yang sebelumnya merupakan program jamsostek. sehingga masih banyak para pegawai negeri sipil (PNS) dan ASN sampai saat ini masih memegang kartu ASKES.
 
Kartu ASKES sebenarnya masih bisa digunakan layaknya kartu BPJS, namun mungkin karena ada anjuran untuk segera mengganti kartu ASKES dengan kartu BPJS, sebaiknya segera lakukan penggantian kartu ASKES menjadi BPJS.

mengganti askes menjadi bpjs untuk pensiunan pns
Mengganti askes menjadi BPJS untuk pensiunan PNS


Pegawai maupun Pensiunan PNS pemegang kartu ASEKES sebenarnya tidak perlu lagi daftar menjadi peserta BPJS,  untuk menjadapatkan kartu BPJS/KIS mereka hanya perlu melakukan perubahan kepesertaan dari ASKES menjadi peserta BPJS mandiri dengan cara datang ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Syarat mengganti / cetak kartu Askes menjadi BPJS untuk para pensiunan PNS/ASN

Untuk anda pensiunan PNS yang masih memegang kartu ASKES dan ingin diganti menjadi kartu BPJS/KIS, maka anda bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

1. Copy Asli KTP
2. Copy dan Asli KK,
3. Karip (Kartu identitas pensiun), dan
4. SK Pensiun.

Berkas persyaratan tersebut diperlukan sebagai referensi memperbarui data peserta secara keseluruhan baik data identitas diri seperti nama, NIK, tempat tanggal lahir, maupun yang berhubungan dengan data instansional seperti golongan terakhir.

Tujuannya adalah selain memperbarui data di sistem sekaligus kesesuaian dengan identitas, agar peserta tidak mengalami hambatan ketika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Peserta akan dibuatkan kartu BPJS KIS/ sebagai kartu peserta BPJS pengganti kartu ASKES sebelumnya.

loading...

0 Response to "Syarat Cetak Kartu BPJS Untuk Pensiunan PNS pemegang ASKES"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel