Cara Nyicil bayar Tunggakan BPJS lewat tabungan Sehat

Ada kabar baik, saat ini tunggakan iuran BPJS kesehatan untuk peserta bpjs mandiri (bukan penerima upah/PBPU) sudah bisa dicicil atau diangsur lewat program Tabungan Sehat.

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan terkait iuran BPJS, terutama untuk peserta yang memiliki jumlah tunggakan yang sangat besar, dikarenakan tidak membayar iuran bpjs selama berbulan-bulan.

Pertanyaan yang sering saya temukan adalah "saya menunggak iuran selama 1,2,3 tahun bahkan ada yang lebih apakah pembayaran tunggakan BPJS bisa dicicil atau diangsur?

Jika diamati, sampai saat ini banyak sekali peserta bpjs kesehatan yang berniat ingin membayar tunggakannya, karena ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs miliknya yang diblokir karena menunggak, tujuannya tentu saja agar kartu bpjs nya bisa digunakan kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS, tapi masalahnya mereka tidak mampu jika harus membayar seluruh tunggakan yang jumlahnya cukup besar secara sekaligus.

Dulu di awal berdirinya BPJS memang tunggakan BPJS harus dibayar sekaligus untuk seluruh keluarga, artinya ketika peserta memiliki tunggakan, maka untuk melunasinya harus dibayar sekaligus untuk semua anggota keluarga yang terdapat di Kartu keluarga (KK).



Mungkin jika tunggakannya tidak terlalu besar, pembayaran tunggakan secara sekaligus kemungkinan masih mampu dilakukan, tapi permasalahannya, tunggakan iuran bpjs yang dimiliki peserta ada yang sangat besar sekali yang disebabkan karena iuran tidak dibayarkan selama bertahun-tahun.

Akhirnya dengan prosedur pembayaran tunggakan seperti itu banyak yang urung untuk mengaktifkan kembali kartunya karena jumlah pembayaran tunggakannya sangat besar yang tidak akan mampu dapat dilakukan.

Untuk meminimalisir tunggakan peserta, saat ini ada kabar baik dari BPJS, kini pihak BPJS sudah menyelenggarakan kerjasama dengan bank-bank BPJS terutama BNI dengan membuka program Tabungan SEHAT.

Apa itu tabungan Sehat?

Tabungan sehat adalah program kerjasama Bank dan BPJS (JKN KIS) khusus untuk membantu pembayaran tunggakan dengan cara dicicil untuk peserta BPJS mandiri (peserta bukan penerima upah / PBPU) yang terlanjur memiliki jumlah tunggakan bpjs yang cukup besar dan tidak mampu membayar sekaligus.

Tabungan Sehat merupakan inovasi baru perbankan dalam upaya meningkatkan kolektabilitas iuran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan produk Tabungan Sehat, peserta bisa menyimpan uangnya sebagaimana menabung pada umumnya. Saat saldo tabungan sudah mencukupi, maka otomatis pihak BANK  akan mendebet tabungan untuk pembayaran iuran JKN-KIS.

Tabungan sehat merupakan sebuah solusi untuk meminimalisir tunggakan peserta dengan model angsuran, selain itu tabungan sehat juga dapat digunakan untuk mengangsur tunggakan iuran BPJS peserta.

Cara Nyicil bayar Tunggakan BPJS lewat tabungan Sehat

Untuk anda yang kebetulan memiliki jumlah tunggakan iuran BPJS yang sangat besar, dan anda ingin mengaktifkan kembali kartu BPJS anda, namun anda tidak bisa membayar seluruh tunggakan sekaligus, maka anda bisa menggunakan produk tabungan sehat untuk mengangsur atau menyicil tunggakan anda.

Mekanisme peserta yang mengikuti program angsuran melalui Tabungan Sehat ini sangat mudah, Langkah-langkah adalah sebagai berikut:

1. Peserta bisa langsung datang ke kantor cabang BNI, BRI dan Mandiri, dengan membawa persyaratan:
a. Copy KTP
b. Copy Kartu keluarga (KK)
c. Kartu JKN-KIS peserta. 

2. Silahkan langsung ke bagian Customer service (CS).
Oleh petugas Bank (BNI, BRI dan Mandiri) peserta akan mendapatkan gambaran jumlah setoran bulanan yang harus disetor sesuai jumlah tunggakan dan jangka waktu yang diinginkan

3. Silahkan cicil pembayaran tabungan sehat anda dengan jumlah sesuai dengan yang diinformasikan oleh pihak Bank, setiap kali saldo tabungan sehat anda jumlahnya cukup untuk membayar iuran, maka pihak Bank akan otomatis melakukan autodebet untuk mengangsur iuran/tunggakan bpjs anda.


Apakah kartu BPJS akan langsung aktif setelah ikut tabungan sehat?

Oh ya perlu juga diketahui, setelah anda ikut produk tabungan sehat, kartu BPJS anda yang sebelumnya menunggak tidak akan langsung aktif, kartu akan otomatis aktif jika seluruh tunggakan sudah diangsur seluruhnya.

Tugas anda adalah upayakan untuk terus bisa menabung dengan julah sesuai yang diinformasikan oleh bank, hingga seluruh tunggakan dapat dilunasi seluruhnya.


Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Salam sehat :)

loading...

0 Response to "Cara Nyicil bayar Tunggakan BPJS lewat tabungan Sehat"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel