-->

Pengalaman: Pindah faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan

Pada artikel kali ini saya hanya ingin berbagai pengalaman ganti faskes bpjs kesehatan yang pernah saya lakukan secara online melalui aplikasi mobile JKN.

Aplikasi mobile JKN adalah aplikasi berbasis mobile yang bisa anda download dan anda instal secara gratis pada perangkat mobile anda baik android maupun iphone, aplikasi tersebut bisa anda peroleh dari playstore atau appstore.

Aplikasi tersebut cukup bermanfaat, selain dapat anda gunakan untuk memperoleh informasi mengenai kepesertaan anda juga bisa melakukan penggantian faskes secara online lewat aplikasi mobile JKN tersebut.

Nah untuk anda yang saat ini ingin memutuskan ganti faskes dengan faskes pilihan anda, saat ini anda tidak perlu lagi datang ke kantor bpjs, cukup menggunakan aplikasi mobile JKN anda sudah bisa melakukan ganti faskes yang anda inginkan.

Oh ya sebelum saya uraikan langkah-langkah bagaimana cara mengganti faskes secara online, saya ingin sedikit membahas mengenai fakses, agar anda paham apa itu faskes sehingga keputusan anda dalam mengganti faskes lebih mantap.

Faskes atau lebih dikenal dengan faskes tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan yang meliputi puskesmas, poliklinik, dokter pribadi yang harus dikunjungi pertama kali pada saat peserta bpjs kesehatan ingin memeriksakan kesehatan dengan jaminan BPJS.

Faskes sifatnya tidak tetap, artinya peserta bisa mengganti faskes yang dipilihnya kapanpun dan dimanapun secara online melalui aplikasi mobile JKN, namun ada syarat yang harus dipenuhi, syaratnya adalah masa atau usia kepesertaan bpjs anda sudah menginjak minimal 3 bulan, atau 3 bulan setelah peserta melakukan pindah fasekes sebelumnya dan  faskes tujuan yang ingin anda pilih sebagai pengganti harus dalam kondisi masih kosong atau quotanya masih tersedia.

Pindah faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan

Dulu saya pribadi pernah melakukan pindah faskes melalui aplikasi mobile JKN, dengan mengambil faskes tingkat 1 yang lebih dekat dengan rumah, pindah faskes baru bisa dilakukan jika quota peserta di faskes tujuan masih tersedia, dan kepesertaan sudah menginjak 3 bulan.

Dengan kata lain pindah faskes bisa anda lakukan setiap 3 bulan sekali, artinya jika usia kepesertaan anda sudah menginjak 3 bulan, atau 3 bulan setelah anda ganti faskes sebelumnya jika pernah, maka anda baru bisa melakukan pergantian faskes. setelah pindah faskes dilakukan maka faskes baru akan berlaku tanggal 1 bulan berikutnya.

Langkah-langkah untuk mengganti faskes adalah sebagai berikut:

1. Silahkan download dan instalkan aplikasi mobile JKN di google playstore /di appstore.

2. Buka aplikasi mobile JKN, lalu silahkan login menggunakan Nomor peserta BPJS atau email anda

3. Pada tampilan utama mobile JKN, pilih menu Ubah data peserta

ubah data peserta bpjs via online

4. Anda akan disajikan tampilan menu untuk merubah data peserta, data peserta yang saat ini bisa diubah secara online meliputi:

  • Nomor Handphone
  • Email 
  • Alamat Surat
  • Kelas BPJS
  • Faskes 1

Seperti tampilan gambar di bawah ini:

Ganti faskes bpjs via online

Untuk ganti faskes, silahkan tekan saja menu Fakses 1, seperti ditunjukan pada gambar di atas.

5. Selanjutnya akan muncul tampilan popup yang meminta anda untuk memilih Provinsi, kabupaten dan Faskes.

Ubah faskes tingkat 1 bpjs via online

Silahkan anda pilih provinsi, kota/ kabupaten dan juga faskes yang anda inginkan. kemudian tekan tombol simpan jika sudah selesai.

Jika muncul pesan peringatan "Faskes yang anda pilih telah memiliki lebih dari 5.000 peserta, dan berpotensi pada melonjaknya jumlah antrian, apakah anda ingin memilih alternatif faskes terdekat lainnya?"



itu artinya faskes tersebut sudah penuh, anda bisa memilih faskes tersebut dengan resiko antrian penuh atau bisa juga memilih faskes lainnya.

Tekan tombol Tidak, jika tetap ingin memilih faskes tersebut, atau tekan tombol Ya untuk memilih lagi faskes terdekat lainnya.

6. Jika faskes sudah dipilih, maka aplikasi akan mengirimkan  kode verifikasi ke email atau nomor hp anda, silahkan cek di email anda yang anda daftarkan di BPJS atau cek di pesan sms ke Nomor HP anda yang sesuai dengan nomor hp yang anda daftarkan di BPJS.

Silahkan cek kode verifikasi yang dikirim bpjs di email/ pesan sms ke nomor hp anda lalu masukan

verifikasi ubah faskes bpjs

Setelah dimasukan lalu tekan tombol verifikasi.

7. Setelah proses verifikasi faskes selesai, maka akan muncul konfirmasi perubahan fakses tingkat satu seperti gambar di bawah ini:

konfirmasi perubhan faskes via online

Pesan tersebut menginformasikan kepada anda, bahwa penggantian faskes berlaku tanggal 1 bulan berikutnya, artinya anda bisa berobat menggunakan faskes baru setelah tanggal 1 bulan berikutnya setelah anda berhasil melakukan proses ganti faskes 1 bpjs via online.

Apakah setelah pindah faskes kartu perlu diganti?

Karena faskes dicantumkan di kartu BPJS, setelah melakukan pindah faskes kartu BPJS sebaiknya diganti dengan cara datang ke kantor BPJS kesehatan di kota faskes tersebut berada.


Atau jika tidak memungkinkan untuk datang, anda bisa menggunakan aplikasi mobile JKN untuk mencetak kartu E-ID BPJS kesehatan anda, kartu bisa digunakan fakses baru pada tanggal 1 di bulan berikutnya.

Perlu juga diketahui, saat ini walaupun setiap peserta harus memegang kartu, pada saat berobat kita bisa menggunakan kartu virtual yang terdapat pada aplikasi mobile JKN dengan menunjukannya pada petugas faskes.

Sehingga jika kartu bpjs tidak terbawa atau lupa/hilang, anda masih tetap bisa berobat di faskes tingkat 1 cukup dengan menunjukan kartu virtual yang tertera pada aplikasi mobile JKN.

loading...

0 Response to "Pengalaman: Pindah faskes secara online melalui aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel