-->

[Baru] - Cicil tunggakan bpjs dengan mengikuti program REHAB BPJS Kesehatan.

Telat bayar bpjs kesehatan 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun atau lebih, sekarang tidak usah khawatir anda sudah bisa menyicilnya dengan mengikuti program REHAB BPJS Kesehatan.

 Tidak dipungkiri sampai dengan saat ini ada banyak sekali peserta BPJS yang memiliki tunggakan, sehingga membuat peserta tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS. ada banyak sekali penyebab kenapa peserta memiliki tunggakan, bisa karena kesulitan keuangan atau bisa saja sengaja membiarkan tidak dibayarkan, padahal jika iuran tidak dibayarkan tidak akan membuat dikeluarkan dari kepesertaan, namun justru akan terus memperbesar tunggakan yang akan membuat peserta tidak dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang dijamin oleh bPJS kesehatan.

Untuk menanggulangi tunggakan peserta, dulu peserta diwajibkan melunasi tunggakan dalam satu kali bayar, tentu saja hal tersebut memberatkan peserta sehingga tunggakan tidak urung untuk dibayarkan apalagi jumlahnya terlalu besar, tapi saat ini di tahun 2022 pemerintah mengeluarkan regulasi baru terkait solusi untuk menangani tunggakan peserta bpjs kesehatan yaitu dengan mengeluarkan Program REHAB.


Apa itu Program REHAB BPJS Kesehatan ?

cicil tunggakan dengan Program rehab bpjs kesehatan


Rehab BPJS kesehatan merupakan program rencana pembayaran bertahap untuk meringankan pembayaran tunggakan, program ini merupakan solusi untuk mempermudah peserta membayar tunggakan iuran JKN KIS, dengan program ini peserta bisa menyicil tunggakan iuran hingga tunggakan seluruhnya bisa dilunasi.

Cara mengikuti Program Rehab ?

Untuk mengikuti program rehab caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload aplikasi mobile JKN di playstore, kemudian melakukan registrasi aplikasi lalu melalui aplikasi tersebut peserta dapat memilih menu program rehab dan ikutin langkah-langkahnya.

Berikut ini cara untuk mengikuti program Rehab BPJS agar tunggakan bisa dicicil: 

  • Unduh aplikasi Mobile JKN di Google PlayStore atau AppStore 
  • Pilih menu "Program Rehab" dan masukkan informasi yang diperlukan 
  • Setujui syarat dan ketentuan serta hasil simulasi program 
  • Tagihan iuran yang akan dibayar otomatis berubah sesuai dengan besaran simulasi 
  • Bayar nominal tagihan iuran melalui kanal-kanal pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan 
  • Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan kecuali pada Februari yang hanya bisa dilakukan hingga tanggal 27 
  • Peserta yang terdaftar autodebit, maka tagihan akan terkoneksi dengan tagihan autodebit kecuali Bank Mandiri, BCA, dan BNI.


Berapa tahun Jumlah tunggakan yang harus dilunasi ?

Jumlah tunggakan yang akan dihitung dan harus dicicil untuk dilunasi yaitu minimal 4 bulan dan maksimal sampai dengan 24 bulan atau 2 tahun.

Jadi untuk anda yang sudah memiliki tunggakan lebih dari 2 tahun misal 3 tahun, 4 tahun atau 5 tahun ke atas, maka jumlah tunggakan yang harus anda lunasi hanya akan dihitung minimal 24 bulan saja atau 2 tahun saja.

Yok jangan berkecil hati, jika punya itikad baik ingin melunasi tunggakan walaupun tunggakan lebih dari 2 tahun cukup mengikuti ikut rehab dan bayarlah tunggakan anda hingga 2 tahun saja.


Apakah selama mengikuti program rehab kartu bisa digunakan untuk berobat ?

Sayangnya selama mengikuti program rehab, kartu bpjs JKN KIS anda akan tetap nonaktif dan tetap belum dapat digunakan, kartu akan aktif dalam waktu 1 x 24 jam dan bisa digunakan kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs pada saat seluruh tunggakan sudah selesai dilunasi.




loading...

0 Response to "[Baru] - Cicil tunggakan bpjs dengan mengikuti program REHAB BPJS Kesehatan."

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel