Cara cetak/print Kartu BPJS Kesehatan / KIS secara online melalui aplikasi Mobile JKN

Jika kartu bpjs anda hilang atau kartu kis bpjs belum diterbitkan atau belum anda terima, maka salah satu alternatif yang dapat anda gunakan adalah kartu e-ID atau kartu elektronik identitas. kartu tersebut bisa anda cetak sendiri melalui aplikasi mobile JKN.

Kartu e-ID BPJS memiliki fungsi dan manfaat yang sama layaknya kartu BPJS, kartu ini sudah cukup lama diberlakukan dengan tujuan untuk mengantisifasi terkendalanya penerbitan kartu BPJS/KIS dan terhambatnya pelayanan kepada peserta bpjs.

Berdasarkan referensi yang diperoleh pada laman bpjs kesehatan terkait peluncuran e-ID, penerbitan e-ID BPJS Kesehatan diperuntukan bagi peserta perseorangan atau peserta mandiri (PBPU) dan BP.

e-ID memuat identitas peserta BPJS Kesehatan, dapat dicetak dengan tinta hitam, kartu ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan, bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Penggunaan kartu e-ID BPJS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan harus didukung dengan bukti identitas peserta lainnya berupa KK dan KTP atau lainnya, artinya ketika anda ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS anda bisa mengunakan kartu E-ID BPJS ini, jika kartu bpjs anda belum diterbitkan atau belum anda terima, namun penggunaannya harus disertai bukti identitas peserta seperti KK atau KTP.

Untuk anda yang kebetulan sudah terdaftar menjadi peserta BPJS dan sudah membayar iuran pertama, namun belum sempat mencetak / print kartu BPJS / KIS di kantor BPJS, maka alternatif untuk mendapatkan kartu BPJSJ adalah dengan mencetaknya secara online  melalui aplikasi mobile JKN.

Cetak Sendiri Kartu BPJS Kesehatan / KIS secara online melalui aplikasi Mobile JKN

Untuk mencetak atau print sendiri kartu peserta bpjs, baik yang hilang ataupun yang baru mendaftar namun belum memiliki kartu, maka anda bisa mencetak kartu tersebut melalui aplikasi mobile JKN.

Langkah-langkah untuk mencetak aplikasi mobile JKN adalah sebagai berikut:

1. Siapkan 1 buah HP android yang sudah memiliki jaringan internet

2. Buka aplikasi playstore, kemudian cari dan download aplikasi dengan  nama Mobile JKN kemudian instalkan di hp android anda



3. Lakukan pendaftaran atau registrasi di aplikasi mobile JKN
Setelah anda menginstal aplikasi mobile JKN, silahkan buka aplikasi tersebut, untuk pertama kali menggunakannya, silahkan anda lakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu dengan menekan tombol daftar pengguna mobile.


Untuk pendaftaran pengguna mobile, silahkan siapkan data data sebagai berikut:
  • Nomor kartu BPJS salah satu anggota keluarga
  • No KTP/Nik
  • Tanggal Lahir
  • Nama ibu kandung
  • Email (gunakan email aktif, ini digunakan untuk login user dan juga alamat pengiriman format cetak kartu via email).
  • No. Handphone yang masih aktif
  • Password
Masukan data tersebut pada form pendaftaran di aplikasi mobile JKN, setelah itu tekan saja tombol Register.

4. Login ke Aplikasi mobile JKN dengan menggunakan email yang didaftarkan dan juga passwordnya.

5. Di dalam aplikasi mobile jkn, pilih gambar icon dengan tulisan peserta di bagian atas kiri, kemudian tekan tombol Kartu Peserta


Maka akan terbuka tampilan seperti gambar di bawah ini:

6. Selanjutnya, di bawah sebelah kanan, pilih nama peserta yang ingin kartunya dicetak, kemudian tekan tombol bergambar amplop di sebelah kiri bawah.

Tunggu prosesnya, Aplikasi mobile JKN akan mengirimkan gambar cetak kartu dalam format PDF ke email yang anda daftarkan di aplikasi tersebut.

7. Silahkan periksa email yang anda daftarkan.
Masuk ke email yang anda daftarkan, lalu periksa pesan yang dikirim oleh BPJS yang berisi kartu BPJS yang siap dicetak.

Silahkan download saja file kartu bpjs yang dikirim, lalu silahkan anda cetak menggunakan printer dan kertas agar tebal biar tidak mudah rusak.


Kartu tersebut bisa anda gunakan sebagaimana layaknya kartu BPJS, bahkan saat ini untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di faskes tingkat satu, peserta bisa hanya dengan menunjukan E-Card yang terdapat di aplikasi mobile JKN.
loading...

0 Response to "Cara cetak/print Kartu BPJS Kesehatan / KIS secara online melalui aplikasi Mobile JKN"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel