Pindah Faskes 1 BPJS sekarang sudah bisa dilakukan via Online menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Pindah Faskes 1 BPJS sekarang sudah bisa dilakukan via Online menggunakan Aplikasi Mobile JKN berbasis android.

Faskes tingkat 1 bpjs atau Fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) adalah fasilitas kesehatan yang meliputi klinik, puskesmas, dokter pribadi yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Faskes umumnya dipilih oleh peserta BPJS ketika mereka mengajukan pendaftaran BPJS pertama kali.

Faskes tingkat 1 merupakan fasilitas kesehatan yang harus dikunjungi pertama kali oleh peserta BPJS ketika mereka ingin berobat jalan gratis dari bpjs.

Untuk beberapa alasan terkadang peserta ingin merubah faskes tingkat 1 bpjs yang telah mereka pilih, seperti ketika peserta pindah domisili, atau ketika faskes tingkat 1 pilihannya dianggap trlalu jauh, pelayanannya atau fasilitasnya kurang memuasakan dan lain sebagainya.

Dulu pindah faskes hanya bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang bpjs kesehatan terdekat, dengan membawa persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

Sehingga proses pindah faskes untuk sebagian peserta dianggap cukup merepotkan, karena peserta harus menyisihan waktu untuk datang ke kantor bpjs hanya untuk mengurus pindah faskes.

Tapi untungnya saat ini, untuk meningkatkan pelayanan, terutama untuk memfasilitasi perubahan data peserta, pihak bpjs menyediakan aplikasi Mobile JKN yang salah satu fungsinya dapat memfasilitasi perubahan data peserta seperti pindah faskes atau pindah kelas.

Dengan aplikasi Mobile JKN tersebut sekarang peserta bisa pindah faskes tingkat 1 secara online, sehingga untuk urusan tersebut peserta tidak perlu lagi harus datang ke kantor bpjs setempat.

Pindah Faskes Secara Ofline Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk anda yang memutuskan pindah faskes 1 bpjs, anda bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN berbasis android yang bisa di download di google play store.

Ketentuan Pindah Faskes

Sebelum anda melakukan pindah faskes secara online melalui Aplikasi Mobile JKN, anda sebaiknya memperhatikan ketentuan pindah faskes sebagai berikut:

a. Pindah faskes hanya bisa dilakukan ketika usia kepesertaan anda minimal sudah 3 bulan, atau usia dari pindah faskes sebelumnya sudah 3 bulan, artinya pindah faskes hanya boleh dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Kecuali untuk perubahan faskes karena pindah domisili, peserta bisa langsung mengajukan perubahan data kepesertaan (pindah faskes) dengan langsung mengunjungi kantor cabang bpjs terdekat ditempat baru.

b. Setelah peserta melakukan pindah faskes secara  Online, maka faskes yang baru akan berlaku dan bisa digunakan  pada tanggal 1 di bulan berikutnya, sebelum faskes baru berlaku, peserta bisa menggunakan faskes yang lama.

Cara Pindah Faskes secara online melalui Aplikasi Mobile JKN

Adapun langkah-langkah pindah atau ganti faskes secara online melalui aplikasi Mobile JKN adalah sebagai berikut:

1. Silahkan download dan instalkan aplikasi mobile JKN di google play store.

2. Buka aplikasi mobile JKN, lalu silahkan login menggunakan Nomor peserta BPJS atau email anda

3. Pada tampilan utama mobile JKN, pilih menu Ubah data peserta

ubah data peserta bpjs via online

4. Anda akan disajikan tampilan menu untuk merubah data peserta, data peserta yang saat ini bisa diubah secara online meliputi:

  • Nomor Handphone
  • Email 
  • Alamat Surat
  • Kelas BPJS
  • Faskes 1

Seperti tampilan gambar di bawah ini:

Ganti faskes bpjs via online

Untuk ganti faskes, silahkan tekan saja menu Fakses 1, seperti ditunjukan pada gambar di atas.

5. Selanjutnya akan muncul tampilan popup yang meminta anda untuk memilih Provinsi, kabupaten dan Faskes.

Ubah faskes tingkat 1 bpjs via online

Silahkan anda pilih provinsi, kota/ kabupaten dan juga faskes yang anda inginkan. kemudian tekan tombol simpan jika sudah selesai.

Jika muncul pesan peringatan "Faskes yang anda pilih telah memiliki lebih dari 5.000 peserta, dan berpotensi pada melonjaknya jumlah antrian, apakah anda ingin memilih alternatif faskes terdekat lainnya?"



itu artinya faskes tersebut sudah penuh, anda bisa memilih faskes tersebut dengan resiko antrian penuh atau bisa juga memilih faskes lainnya.

Tekan tombol Tidak, jika tetap ingin memilih faskes tersebut, atau tekan tombol Ya untuk memilih lagi faskes terdekat lainnya.

6. Jika faskes sudah dipilih, maka aplikasi akan mengirimkan  kode verifikasi ke email atau nomor hp anda, silahkan cek di email anda yang anda daftarkan di BPJS atau cek di pesan sms ke Nomor HP anda yang sesuai dengan nomor hp yang anda daftarkan di BPJS.

Silahkan cek kode verifikasi yang dikirim bpjs di email/ pesan sms ke nomor hp anda lalu masukan

verifikasi ubah faskes bpjs

Setelah dimasukan lalu tekan tombol verifikasi.

7. Setelah proses verifikasi faskes selesai, maka akan muncul konfirmasi perubahan fakses tingkat satu seperti gambar di bawah ini:

konfirmasi perubhan faskes via online

Pesan tersebut menginformasikan kepada anda, bahwa penggantian faskes berlaku tanggal 1 bulan berikutnya, artinya anda bisa berobat menggunakan faskes baru setelah tanggal 1 bulan berikutnya setelah anda berhasil melakukan proses ganti faskes 1 bpjs via online.

Demikian cara Pindah Faskes 1 BPJS secara Online Via Aplikasi Mobile JKN, semoga bermanfaat.

loading...

19 Responses to "Pindah Faskes 1 BPJS sekarang sudah bisa dilakukan via Online menggunakan Aplikasi Mobile JKN"

  1. Lalu ,kartu yg baru bisa kita dapatkan drimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu bisa dicetak ulang di kantor bpjs setempat

      Delete
    2. Atau bisa cetak e-id di aplikasi mobile JKN di menu peserta > Kartu peserta kemudian klik icon surat di pojok kiri bawah agar dokumen print e-id dikirim ke email.

      Cetak e-id bpjs sendiri

      Delete
  2. Kalau misalkan langsung berobat setelah pindah faskes udah bs ya? Syaratnya gmn? Soalnya ktp saya udah ngk aktf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan apakah di faskes baru kepesertaan sudah aktif, pastikan setelah ganti sudah menerima kartu baru yang mencantumkan faskes baru.

      KTP elektronik sekarang berlaku seumur hidup jadi bisa digunakan, namun untuk perubahan data bisa melalui kecamatan.

      Delete
  3. Klo mau pindah faskes via online itu harus satu satu atau bisa langsung satu keluarga

    ReplyDelete
  4. Setelah pindah faskes bisa langsung berobat?
    Sebelumnya sy pernah pindah faskes, faskes sblm tercetak dikartu, jadi harus bgmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berobat di faskes yang baru sebaiknya kartu sudah selesai diperbaharui, jika belum bisa menggunakan surat pengantar sementara dari pihak bpjs agar bisa berobat di faskes yang dimaksud

      Delete
  5. Kalau sudah pindah faskes online dan sudah diverifikasi jika cetak kartu baru apa masih ada srayat lain d kantor bpjs... Atau tinggal nunggu cetak saja...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persyaratan yang harus dibawa:
      -Copy KTP
      -Copy KK
      -Kartu BPJS Lama
      -Bukti pembayaran iuran terakhir.

      Delete
  6. Sya peserta bpjs ppu mau pindah faskes 1,klo mau ambil kartu peserta bpjs yg baru yg hrs dibawa KK KTP yg lama atau yg baru sedangkan yg terdaftar masih ktp&kk lama?

    ReplyDelete
  7. Kenapa ya saya gak bisa ubah faskes dengan mobile jkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan masa kepesertaan minimal sudah lebih dari 3 bulan

      Delete
  8. Kalau kartu blm d ctak,apa bisa bisa d gunakan d faskes baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Cetak sendiri e-id sementara di aplikasi mobile JKN, itu bisa digunakan untuk berobat di faskes baru sementara kartu KIS belum dicetak.

      Delete
  9. Kalo KIS juga harus bawa bukti iuran terakhir? Apa KTP KK sama KIS lama buat nyetak yg bru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KIS dari pemerintah atau KIS peserta PBI tidak perlu membawa bukti iuran, bisa cetak sendiri e-id sementara atau cetak kartu kis di kantor bpjs dengan membawa persyaratan di atas.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel