Melahirkan di luar kota dengan BPJS tidaklah sulit, ini prosedurnya !

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan bpjs tidaklah sulit, ketentuannya peserta harus datang ke faskes tingkat 1 sesuai dengan nama faskes yang tertera di kartu bpjs kesehatan miliknya. kecuali untuk kondisi gawat darurat maka peserta bisa langsung mengunjungi IGD di rumah sakit.

Namun bagaimanakah prosedurnya jika si peserta sedang di luar kota, apakah masih bisa menggunakan bpjs untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di kota tidak tersebut, padahal kita ketahui jikta kita sedang berada di luar kota maka faskes tidak sesuai dengan faskes yang teretera di kartu BPJS kesehatan.

Tentunya walaupun kita sedang di luar kota sebenarnya kita masih bisa menggunakan bpjs untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dijamin bpjs di kota tersebut, dan ini berlaku juga untuk anda yang kebetulan sedang hamil dan ingin melahirkan di luar kota.

proses lahiran di luar kota dengan bpjs kesehatan


Saat ini ada banyak peserta bpjs yang sedang hamil dan ingin melahirkan di luar kota namun masih bertanya-tanya apakah memang bisa melahirkan di luar kota tapi tetap ingin prosesnya ingin dijamin oleh bpjs.

Untungnya melahirkan di luar kota masih bisa menggunakan jaminan bpjs, namun tentunya harus dengan prosedur yang benar.

Prosedur melahirkan di luar kota dengan bpjs?

Untuk anda yang kebetulan sudah menjadi peserta bpjs dan ada rencana ingin melahirkan di luar kota / di luar domisili anda sekarang, maka ada 2 alternatif yang bisa anda pilih.

Menggunakan surat pengantar dari BPJS untuk kunjungan faskes di luar kota, atau ganti faskes.

Jika anda tinggal di luar kota hanya sebentar anda tidak perlu ganti faskes, cukup menggunakan surat pengantar saja dari kantor bpjs agar bisa mendapatkan pelayanan di faskes di luar kota.

Namun jika anda tinggal di luar kota dalam waktu yang lama (lebih dari satu bulan), pertimbangkan untuk ganti faskes saja, agar lebih memudahkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di luar kota yang di jamin oleh bpjs.

Prosedur melahirkan di luar kota dengan bpjs adalah sebagai berikut:

1. Pastikan anda tidak memiliki tunggakan BPJS.
Pastikan anda tidak memiliki tunggakan bpjs, karena jika menunggak kartu anda akan nonaktif dan tidak bisa pindah faskes. silahkan lunasi jika punya tunggakan agar kartu dan kepesertaan anda aktif kembali.

2. Datang langsung ke faskes tingkat 1 di luar kota.
Anda sebenarnya bisa langsung mengunjungi faskes tingkat satu di kota tersebut, untuk pemeriksaan dan persalinan, anda memiliki kesempatan sampai 3 kali kunjungan

Jika anda khawatir terjadi penolakan dari pihak faskes, sebelum anda mengunjungi faskes tingkat 1 di kota tersebut, pastikan anda sudah membuat surat pengatar  kunjungan dari kantor bpjs setempat.

3. Lakukan Ganti faskes jika tinggal di luar kota dalam waktu yang lama
Jika anda kebetulan di luar kota dalam waktu yang lama, maka pertimbangkan untuk ganti faskes, agar proses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang di jamin BPJS di kota tersebut lebih mudah.

Jika anda sedang di luar kota dan berencana ganti faskes, maka sebaiknya dipersiapkan 1 bulan sebelum lahiran, karena faskes baru akan aktif di tanggal 1 bulan berikutnya.

Silahkan anda persiapkan untuk ganti faskes, ada 2 cara yang bisa anda tempuh jika ingin ganti faskes:

a. Secara offline
Silahkan datang ke kantor bpjs di kota tersebut, dengan membawa persyaratan:

  • Copy KK
  • Copy KTP
  • Kartu BPJS lama
  • Pastikan anda tidak memiliki tunggakan dan masa kepesertaan anda minimal sudah 3 bulan.


Petugas bpjs akan membantu anda untuk merubah faskes, dan kartu anda akan diganti dengan kartu BPJS/KIS baru dengan nama faskes baru di dalamnya.

b. Secara Online
Jika anda tidak sempat datang ke kantor bpjs, untuk ganti faskes anda pun bisa menggunakan cara online, yaitu dengan menggunakan bantuan Aplikasi Mobile JKN.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • a. pastikan masa kepesertaan anda sudah 3 bulan atau lebih.
  • b. Pastikan anda tidak memiliki tunggakan dan kartu dalam keadaan aktif
  • c. Download aplikasi mobile JKN melalui playstore lalu instalkan
  • d. Silahkan lakukan registrasi di aplikasi mobile JKN.
  • e. melalui aplikasi mobile JKN silahkan lakukan ganti Faskes


f. Cetak E-ID melalui aplikasi Mobile JKN,
E-ID sama halnya sebagai pengganti kartu KIS/BPJS yang belum anda ganti. silahkan gunakan E-ID tersebut untuk mengunjungi faskes dan jangan lupa sertakan KK juga setiap kali mengunjungi faskes dengan E-ID agar tidak terjadi penolakan.


Faskes baru akan aktif pada  tanggal 1 bulan berikutnya

Jika anda di luar kota dalam waktu yang lama, dan berencana ingin lahiran di kota tersebut, sebaiknya ganti faskes.

Ganti faskes sebaiknya dipersiapkan minimal satu bulan sebalum hari perkiraan lahir, karena faskes baru akan aktif  dan bisa digunakan di tanggal 1 bulan berikutnya setelah anda melakukan perubahan faskes.


Proses persalinan dengan BPJS harus mengikuti prosedur layanan berjenjang

Proses Persalinan menggunakan bpjs harus mengikuti prosedur layanan berjenjang, untuk melakukan persalinan anda harus mengunjungi faskes tingkat satu, jika di faskes tingkat 1 sarananya tidak memadai untuk melakukan persalinan, maka anda akan dirujuk ke bidan jejaring yang sudah bekerja sama dengan faskes tersebut.

Jika tidak memiliki bidan jejaring, atau kondisi anda tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan di FASKES tingkat 1, maka anda akan di rujuk ke rumah sakit dan akan menjalani proses persalinan di rumah sakit.



loading...

0 Response to "Melahirkan di luar kota dengan BPJS tidaklah sulit, ini prosedurnya !"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel