BPJS Ketenagakerjaan bukan BPJS Kesehatan jadi tidak bisa digunakan untuk berobat

Ada dua kategori bpjs saat ini yaitu BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, walaupun keduanya sama sama program BPJS yang diselenggarakan oleh pemerintah, namun sasaran keduanya berbeda.

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan nasional, sementara BPJS ketenagakerjaan merupakan program pemerintah untuk memberikan jaminan sosial ekonomi kepada setiap pekerja.

Saat ini sepertinya masih banyak warga masyarakat salah persepsi dengan menyamakan antara bpjs kesehatan  dengan bpjs ketenagakerjaan, sehingga banyak yang beranggapan bpjs ketenagakerjaan bisa digunakan untuk berobat, padahal bpjs ketenagakerjaan itu untuk memberikan jaminan sosial ekonomi para pekerja dan bukan memberikan jaminan kesehatan.

Perlu di ketahui bahwa untuk pekerja penerima upah (para pekerja), akan mendapatkan 2 jenis bpjs dari perusahaan tempat peserta bekerja, yaitu BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan perusahaan.

BPJS kesehatan perusahaan sering juga disebut dengan BPJS peserta penerima upah atau disingkat BPJS PPU, merupakan bpjs yang diperuntukkan bagi pekerja yang bekerja di perusahaan. bpjs jenis ini sama halnya dengan BPJS mandiri yang difungsikan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi para pekerja.



Sementara BPJS ketenagakerjaan merupakan program pemerintah untuk para pekerja guna memberikan jaminan sosial dan ekonomi, bpjs ini memiliki beberapa program yaitu, jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JK), jaminan Pensiunan (JP) dan jaminan lainnya.

BPJS Ketenagakerjaan bukan BPJS Kesehatan jadi tidak bisa digunakan untuk berobat

Dengan informasi di atas setidaknya anda sebagai peserta yang saat ini bekerja di perusahaan menjadi tahu, bahwa bpjs ketenagakerjaan (BPJS TK) yang saat ini mungkin sudah anda miliki kartunya, tidak bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Namun kartu yang bisa digunakan untuk berobat atau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan adalah kartu bpjs kesehatan perusahaan, sementara kartu BPJS ketenagakerjaan selain seabagai kartu identitas peserta bpjs tk juga dapat digunakan untuk pencairan dana JHT ketika peserta tidak lagi bekerja di perusahaan.

BPJS Kesehatan perusahaan beda dengan BPJS ketenagakerjaan

BPJS kesehatan perusahaan merupakan Kategori bpjs kesehatan untuk para pekerja yang bekerja di perusahaan bpjs jenis ini sering disebut sebagai bpjs perusahaan atau bpjs peserta penerima upah, jadi fungsinya berbeda dengan bpjs ketenagakerjaan.

BPJS kesehatan perusahaan bisa digunakan untuk berobat  atau mendapatkan pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan yang tersedia. setiap pekerja yang didaftarkan oleh perusahaan menjadi peserta BPJS akan mendapatkan kelas rawat inap kelas I atau kelas II sesuai dengan besar kecilnya gaji pokok peserta. selain itu iuran bulanan bpjs juga dibayarkan sebagian oleh perusahaan.





loading...

0 Response to "BPJS Ketenagakerjaan bukan BPJS Kesehatan jadi tidak bisa digunakan untuk berobat"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel