Tidak Memiliki Rekening Bank, Masih Bisakah dafar BPJS?

Ada banyak yang mengeluh tentang peraturan baru mengenai syarat pendafaran BPJS untuk saat ini, karena si calon peserta BPJS dituntut harus memiliki Rekening Bank (BNI, BRI atau Mandiri), sehingga tidak sedikit calon peserta yang tidak menuntaskan pendaftaran mereka, karena mereka belum memiliki rekening di salah satu bank tersebut padahal persyaratan pendaftaran bpjs lainnya sudah lengkap.

Dengan terpaksa mereka harus membuat dulu rekening di salah satu bank tersebut, tapi apakah memang benar, untuk daftar BPJS harus memiliki rekening bank (BNI, BRI atau Mandiri) terlebih dahulu?, apakah bisa menggunakan rekening bank orang lain (saudara, adik, kakak dll), bagaimana jika tidak memiliki rekening bank apakah masih bisa daftar BPJS?

Bisakah daftar bpjs tanpa rekening bank



Memang, pihak BPJS saat ini sudah melakukan kerjasama dengan Pihak Bank terutama bank BRI, BNI dan Mandiri untuk membantu mengakomodir pembayaran iuran bulanan BPJS bagi para pesertanya, sehingga setiap peserta BPJS bisa lebih mudah melakukan pembayaran melalui ATM-ATM bank tersebut.

Bahkan untuk mengantisifasi telat bayar karena lupa, setiap peserta BPJS bisa bekerjasama dengan pihak bank yang bersangkutan untuk melakukan autodebet setiap bulan agar tidak terjadi telat bayar yang bisa mengakibatkan kartu bpjs dinionaktifkan.

Dan kabar baiknya, untuk saat ini, selain menyediakan metode pembayaran transfer via ATM, pihak BPJS juga sudah melakukan kerjasama dengan beberapa instansi seperti alfamart, indomart, kantor pos dan instansi lainnya, guna menyediakan jasa pelayanan pembayaran iuran bulanan BPJS sehingga pembayaran iuran bulanan BPJS bisa lebih mudah dilakukan.

Peraturan Yang berlaku tentang Kepemilikan Rekening Saat Pendaftaran BPJS kesehatan

Memang benar untuk saat ini Setiap Calon peserta BPJS (pendaftar) yang berencana mengambil kelas 1 dan kelas 2 BPJS di wajibkan untuk memiliki salah satu Rekening Bank (BRI, BNI atau Bank Mandiri), sedangkan untuk kelas 3 tidak perlu, seperti terlihat pada pada syarat pendaftaran BPJS kesehatan di gambar di bawah ini:

calon peserta BPJS kesehatan kelas 1 dan 2 wajib memiliki rekening bank

Ini sesuai dengan peraturan direktur BPJS Kesehatan No 32 tahun 2015, di peraturan tersebut jelas tertuang bahwa hanya kelas 1 dan 2 saja yang diwajibkan harus memiliki rekening bank, meskipun untuk saat ini pembayaran bisa dilakukan tanpa harus transfer via ATM.

Untuk kelas 3 bisa menggunakan pembayaran alternatif, bisa melalui teller bank yang bersangkutan, melalui kantor pos dan juga melalui indomart atau alfamart dengan membawa kartu BPJS yang bersangkutan.

Baca Juga: Perbedaan Fasilitas BPJS Kesehatan kelas 1, 2 dan 3

Di bawah ini adalah rincian mengenai peraturan tentang kepemilikan rekening untuk calon peserta BPJS:

1. Tanggal 1 januari s/d tanggal 30 september 2014, belum ada aturan bahwa peserta harus memiliki no rekening, sehingga pada waktu itu calon peserta bpjs dapat melakukan pendaftaran tanpa harus memiliki no rekening.

2. Tanggal 1 Oktober 2014 sampai dengan tanggal  31 mei 2015, setiap calon peserta yang ingin mendaftar bpjs, baik yang mengambil kelas 1, 2 maupun kelas 3 harus memiliki rekening di salah satu bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS, yaitu bank mandiri, bni atau BNI.

3. Mulai tanggal 1 Juni 2015 sampai dengan saat ini, setiap calon peserta yang mendaftar bpjs dan mengambil kelas 1 atau kelas 2, maka wajib memiliki no rekening di bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Sehingga cukup jelas, bahwa untuk calon peserta bpjs yang melakukan pendaftaran wajib harus memiliki no rekening di salah satu bank yang ditunjuk oleh BPJS yaitu Bank BNI, BRI atau Mandiri, jika kelas yang diambil adalah kelas 1 dan kelas 2, sedangkan untuk yang mengambil kelas 3 tidak harus memiliki no rekening.

Anda juga bisa menggunakan Rekening Bank Milik Saudara

Pengalaman pribadi ketika daftar BPJS, ternyata tidak harus menggunakan No Rekening pribadi, saya dulu diminta no rekening dan yang saya gunakan adalah no rekening saudara (adik) yang kebetulan memiliki rekening di Bank Mandiri, dan alhamdulilah masih bisa diterima. dan untuk iuran BPJS pertama saya menggunakan rekening tersebut.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!