Prosedur menggunakan Kartu BPJS di Faskes tingkat 1

Cara menggunakan kartu BPJS di faskes tingkat 1 Agar biaya berobat ditanggung sepenuhnya oleh BPJS maka anda harus menggunakan layanan BPJS sesuai dengan prosedur yang berlaku, jika tidak maka bisa jadi biaya harus ditanggung oleh sendiri.

Prosedur pelayanan kesehatan dengan BPJS menggunakan sistem berjenjang, artinya ketika anda ingin berobat menggunakan layanan BPJS, untuk pasien rawat jalan yang harus dikunjungi pertama kali  adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama (faskes tk1) yang sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS anda. sedangkan untuk pasien gawat darurat, bisa langsung menuju IGD rumah sakit dimanapun berada, baik di kota terdaftar maupun diluar kota, luar daerah atau provinsi lain.

Untuk memahami prosedur menggunakan layanan BPJS anda dapat lihat ilustrasi gambar di bawah ini:

Prosedur berobat dengan BPJS di faskes tingkat 1

Untuk sebagian peserta yang sama sekali belum pernah menggunakan layanan BPJS untuk berobat sepertinya akan sedikit bertanya-tanya mengenai bagaimana prosedur cara menggunakan kartu BPJS untuk berobat di  faskes tingkat 1, oleh karena itu melalui artikel ini saya akan uraikan tentang tata-cara menggunakan kartu BPJS di faskes tingkat 1 khusus untuk pasien bpjs rawat jalan yang baru pertamakali menggunakan layanan BPJS.

Prosedur menggunakan Kartu BPJS di Faskes tingkat 1

Biaya Berobat menggunakan layanan BPJS akan ditangung sepenuhnya oleh BPJS jika prosedur berobat yang anda lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ingat untuk pasien rawat jalan ketika ingin berobat menggunakan layanan BPJS harus dimulai dari faskes tingkat 1, sesuai dengan yang tertera pada kartu BPJS anda.

Ketika anda ingin berobat menggunakan layanan BPJS maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Jangan lupa bawa KTP dan kartu BPJS anda.

2. Datang ke faskes tingkat 1 sesuai dengan nama faskes tk1 yang tertera di kartu BPJS anda, silahkan lihat kembali kartu BPJS anda, disana ada label Faskes tk1, biasanya isinya nama puskesmas, poliklinik, praktek dokter pribadi, praktek dokter gigi atau nama rumah sakit tipe d yang sudah bekerja sama dengan BPJS, fasilitas kesehatan itulah yang harus anda datangi pertama kali.

3. Masuk ke ruang layanan khusus BPJS, saat ini fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS menyediakan ruangan khsusus untuk pasien BPJS, ada juga yang belum tapi rata-rata sudah menyediakan ruangan khusus.

Silahkan anda masuk ke ruangkan khusus pelayanan BPJS, dan antrilah sampai anda mendapatkan giliran pemeriksaan.

4. Ketika giliran anda, biasanya petugas faskes akan meminta kartu BPJS anda dan juga KTP anda, silahkan serahkan kartu bpjs dan KTP untuk dilakukan validasi data, perawat akan memeriksa tekanan darah dan juga berat badan anda.

5. Tunggu sampai giliran anda diperiksa dokter di fasilitas keseahatan tingkat pertama.

6. Ketika giliran anda dipanggil, dokter akan memeriksa kondisi anda, jika kondisi anda tidak memungkinkan untuk ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama, maka dokter akan memberikan surat rujukan untuk ke faskes tingkat II (RSUD), namun jika kondisi anda masih bisa ditangani d fakses tingkat 1, maka dokter akan memberikan resep.

7. Menuju apotek di faskes tk1 untuk tebus resep, petugas aptek akan menyiapkan resep untuk anda. setelah resep diterima anda bisa langsung pulang tanpa dipungut biaya sepeserpun.

itulah prosedur tentang cara menggunakan Kartu BPJS di Faskes tingkat 1, semoga bermanfaat.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!