Sekarang daftar BPJS bisa dilakukan dimana saja walaupun tidak sesuai KTP

Ada kabar baik sekarang daftar BPJS Kesehatan bisa dilakukan dimana saja di setiap kantor cabang bpjs yang terdapat di seluruh indonesia walaupun anda pemegang KTP Luar dengan syarat anda harus menyertakan surat Keterangan tinggal sementara dari RT/RW tempat anda tinggal saat ini.

Memang Pada umumnya daftar BPJS dilakukan di kantor BPJS kesehatan yang berada sesuai dengan alamat KTP dan juga sesuai dengan alamat yang tertera di Kartu Keluarga (KK) peserta, dan fasilitas kesehatan tingkat 1 yang dipilihpun biasanya adalah fasilitas kesehatan yang terdapat di alamat sesuai dengan KTP, Namun terkadang bisa saja terjadi anda ingin daftar BPJS di luar kota atau di tempat domisili anda sekarang yang kebetulan alamatnya beda dengan alamat yang tertera pada kartu keluarga maupun KTP anda.

Contoh kasus Misalkan anda tinggal di jakarta dan banyak menghabiskan waktu di jakarta sementara alamat KTP anda tinggal di garut, tapi anda ingin daftar BPJS di jakarta.

Jika kasus tersebut menimpa anda, anda tidak perlu ambil pusing karena saat ini anda bisa daftar BPJS dimanapun diseluruh indonesia menggunakan KTP luar atau KK luar.

Pendaftaran BPJS kesehatan dengan ktp luar
Proses pendaftaran BPJS kesehatan


Berikut Persyaratan untuk daftar BPJS menggunakan KTP atau KK Luar

Jika anda ingin mendaftar BPJS menggunakan KTP atau KK luar maka persyaratan yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Asli dan Fotocopy kartu keluarga (KK)
  2. Asli dan fotocopy KTP anggota keluarga yang akan didaftarkan
  3. Fotocopy bukti kepemilikan rekening bank (BNI, BRI atau Mandiri) jika anda berencana mengambil kelas 1 dan kelas 2, kelas 3 tidak harus memiliki rekening.
  4. Photo ukuran 3x4 masing-masing 1 kecuali untuk balita.
  5. Surat keterangan tinggal sementara dari RT/RW dan kelurahan tempat anda tinggal saat ini. ini sebagai salah satu persyaratan agar anda bisa memilih faskes tingkat 1 yang terdapat di alamat domisili anda sekarang.

Untuk melakukan pendaftaran anda bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan membawa persyaratan diatas, prosedur pendaftaran peserta BPJS pemegang KTP luar tidak jauh berbeda dengan prosedur daftar BPJS perorangan pada umumnya.

Yang perlu anda perhatikan adalah dalam memilih fasilitas kesehatan tingkat 1, sebaiknya pilih fasilitas kesehatan yang terdekat dengan tempat tinggal anda, anda bisa memilih fasilitas kesehatan di kota anda sekarang jika memang anda banyak menghabiskan waktu di lokasi tersebut. namun jika anda banyak menghabiskan waktu di alamat sesuai KTP anda lebih baik memilih fasilitas kesehatan yang sesuai dengan KTP anda.
loading...

1 comment:

  1. Saya daftar online tp ga bisa trs harus ada nomor bpjs yg diisi tp saya ga tau nomor nya tsbt. Saya daftar perorangan

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!