-->

Kenali Sistem Pembayaran Baru BPJS Agar Anda Tidak Kaget

Kenali Sistem Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Agar Tidak Kaget, karena September 2016 bpjs memberlakukan sistem pembayaran iuran 1  VA keluarga (1 transaksi untuk satu keluarga sekaligus) yang dikenal lebih mudah dan praktis.

Dari Awal BPJS Kesehatan memberlakukan sistem iuran existing, yaitu pembayaran perorang untuk setiap peserta bpjs, bahkan ketika selesai mendaftar bpjs pun pembayaran iuran pertama harus dibayarkan untuk setiap peserta, jika peserta bpjs yang didaftarkan dalam keluarga ada 5 orang maka akan menerima nomor virtual account sebanyak 5 untuk masing-masing peserta yang didaftarkan, dan pembayaran iuran pertamapun dilakukan 5 kali transaksi untuk masing-masing virtual account tersebut.

Tentunya jika diamati sistem ini sebenarnya kurang praktis dan cukup merepotkan, karena mau tidak mau kita harus rela melakukan berkali-kali transaksi pembayaran untuk masing-masing peserta bpjs. jika anggota keluarga yang menjadi peserta sebanyak 5 orang maka kita harus rela melakukan 5 kali transksi pembayaran untuk setiap peserta.


sistem pembayaran iuran bpjs terbaru 1 virtual account untuk satu keluarga


Sejak adanya peraturan baru tentang pendaftaran yang mulai berlaku sejak 1 november 2014 sesuai dengan peraturan bpjs no 4 tahun 2014 yang menyatakan bahwa peserta perorangan wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya dalam program Jaminan Kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Kini sistem pembayaran iuran bpjs pun mengalami perubahan, yang tadinya transaksi untuk masing-masing nomor peserta, sekarang sistem pembayaran menggunakan sistem kolektif menggunakan Nomor virtual account (VA) keluarga untuk lebih mempermudah pembayaran, dengan sistem ini anda cukup membayar 1 kali transaksi untuk total seluruh anggota keluarga peserta bpjs kesehatan yang terdapat di KK.

Mengenal Sistem Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Sistem pembayaran baru ini mulai diberlakukan pertanggal 1 september 2016, sehingga mulai bulan september 2016  data informasi tagihan iuran yang muncul akan mengatasnamakan kepala keluarga, dan jumlah tagihan iuran bpjs yang muncul adalah tagihan untuk seluruh anggota keluarga peserta bpjs sesuai yang tertera di Kartu Keluarga (KK), sehingga mulai bulan september "anda jangan kaget ataupun heran jika tagihan iuran bpjs seolah-olah membengkak dan tidak sesuai".

Silahkan baca: Kenapa tagihan iuran bpjs september 2016 membengkak

Untuk memahami secara detail mengenai sistem pembayaran VA Keluarga ini saya akan coba berikan contoh kasus sebagai berikut:

Misal Jika 1 Kartu Keluarga (KK) Peserta BPJS terdiri dari 5 orang

  1. Ayah
  2. Ibu
  3. Anak1
  4. Anak2
  5. Anak3

Jika si Ayah akan membayar iuran BPJS maka jumlah tagihan yang muncul adalah tagihan total untuk 5 orang, beda dengan yang sebelumnya tagihan yang muncul hanya untuk peserta yang bersangkutan, begitu juga untuk anggota keluarga lainnya, jika yang diinput adalah nomor peserta anak, maka informasi tagihan yang muncul adalah total tagihan untuk semua anggota keluarga peserta dan akan mengatasnamakan kepala keluarganya, bukan anak tersebut.

Anda cukup Membayar sesuai dengan informasi jumlah total yang diminta, cukup lakukan 1 kali transaksi pembayaran untuk seluruh keluarga menggunakan salah satu Virtual Account (VA) peserta, untuk anggota keluarga lainnya tidak perlu dilakukan pembayaran lagi.


Tahap implementasi Sistem pembayaran iuran BPJS VA Keluarga ini sudah diterapkan di bulan agustus 2016

Sistem pembayaran ini sebenarnya sudah mulai dilaksanakan pada bulan agustus namun masih dilakukan secara paralel, selain menggunakan sistem pembayaran iuran yang lama, juga untuk sebagian peserta diberlakukan sistem pembayaran iuran yang baru:

Tahap 1
Dilakukan di chanel PPOB (Pembayaran BPJS di Minimarket & kantor pos) yang terdapat di seluruh indonesia mulai tanggal 1 sampai dengan 18 agustus menggunakan sistem paralel, dan mulai tanggal 19 sampai sekarang menggunakan sistem baru, satu Nomor Virtual Account (VA) untuk satu keluarga.

Tahap 2
Mulai 1 september 2016 sampai sekarang sistem pembayaran terbaru VA Keluarga mulai diberlakukan untuk pembayaran via sistem perbankan, (ATM dan Bank)

Adanya sistem pembayaran baru ini sepertinya tidak lepas dari perbaikan sistem pembayaran iuran bpjs sebelumnya yang dirasa kurang praktis, dengan sistem pembayaran 1Virtual account (VA) untuk satu keluarga maka pembayaran akan lebih mudah dan lebih praktis, cukup satu kali transaksi maka pembayaran iuran untuk seluruh keluarga selesai.


***
Semoga sistem baru ini bisa berjalan dengan sangat baik dan tidak terjadi error sistem yang dapat merugikan peserta bpjs.

Demikian ulasan lengkap tentang mengenali sistem pembayaran iuran bpjs keseahatan terbaru, dengan mengenali sistem baru ini diharapkan anda tidak kaget jika informasi tagihan bpjs anda seolah-olah membengkak, itu bukan kesalahan sistem atau kesalahan perhitungan, melainkan sudah diterapkannya sistem pembayaran iuran bpjs yang terbaru. semoga bermanfaat.  
loading...

0 Response to "Kenali Sistem Pembayaran Baru BPJS Agar Anda Tidak Kaget"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel