Penyebab Tagihan Iuran BPJS Tidak Sesuai (Membengkak) mulai september 2016

Sejak 1 September 2016, ada beberapa komplain yang saya terima dari beberapa peserta BPJS mengenai Tagihan iuran bulanan, mereka mendapatkan bahwa tagihan iuran untuk bulan september tidak seperti bulan-bulan sebelumnya dan ada anggapan besarnya iuran bulanan tidak sesuai dan cendrung membengkak, bahkan ada yang menganggap ini sebagai kesalahan sistem atau ada juga yang menanggap iuran bpjs naik.

Ada informasi bahwa mulai tanggal 1 september 2016 diterbitkan peraturan baru terutama terkait kebijakan sistem iuran bulanan bpjs kesehatan, dijelaskan bahwa iuran bulanan mulai 1 september menggunakan sistem kolektif, artinya satu nomor virtual account (VA) untuk seluruh anggota keluarga sesuai Kartu Keluarga (KK) yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS.

iuran bulanan bpjs


Kita ketahui bersama bahwa di awal sebelum adanya peratauran ini, Informasi tagihan bulanan yang ditampilkan adalah tagihan untuk setiap peserta, jika ada tunggakan maka informasi tunggakan juga dapat diketahui dengan jelas untuk setiap peserta. namun di aturan terbaru saat ini ketika anda cek menggunakan salah satu nomor virtual account dari anggota keluarga anda yang terdapat di KK, akan ditampilkan informasi tagihan yang cukup besar, yang jelas itu bukan sebuah kesalahan tapi itu adalah bentuk informasi yang mengadopsi peraturan baru tentang kebijakan pembayaran iuran bulanan yang saat ini menggunakan sistem kolektif.
Baca juga: kenapa nomor virtual account tidak terdaftar

Alasan Kenapa Tagihan Iuran BPJS Kesehatan bulan september Membengkak?

Pada dasarnya penyebab kenapa iuran bulanan membengkak adalah karena peserta punya tunggakan, namun saat ini membengkaknya informasi iuran bulanan itu bukan hanya karena tunggakan tapi penyebabnya adalah sistem pembayaran iuran saat ini menggunakan sistem kolektif, biaya iuran yang harus di bayarkan setiap bulannya adalah total untuk seluruh iuran anggota keluarga yang terdapat di KK yang sudah menjadi Peserta BPJS kesehatan.

Untuk lebih memperjelas tentang informasi iuran bulanan bulan september dan bulan-bulan berikutnya kenapa bisa membengkak saya akan coba uraikan di studi kasus di bawah ini:

Studi Kasus:
Misal Anda dan keluarga anda yang terdapat di KK jumlahnya ada 5 orang dan semuanya sudah menjadi peserta BPJS kesehatan kelas 1, maka anda akan mendapatkan informasi iuran bulanan sebagai berikut:

Kita ketahui bersama bahwa besarnya iuran kelas 1 adalah @ 80.000, maka untuk 5 orang adalah 80.000 x 5 = 400.000. 

Ketika anda mengecek tagihan untuk anda sendiri, maka anda akan mendapati iuran bulanan untuk anda adalah 400.000, itu karena nilai tersebut adalah untuk 5 orang anggota keluarga anda yang lain. begitu juga ketika istri anda mengecek tagihan iuran bulannanya, informasi yang muncul adalah 400.000, jadi kesimpulannya tidak ada kenaikan iuran bulanan atau kesalahan sistem tapi nilai tersebut adalah nilai untuk total seluruh anggota keluarga anda. anda cukup membayarnya senilai 400.000 saja untuk seluruh anggota keluarga anda.


Kelebihan Pembayaran iuran BPJS menggunakan sistem kolektif?

Adanya peraturan terbaru tentu saja tujuannya adalah perbaikan sistem sebelumnya, beberapa tujuannya  adalah untuk meminimalisir tunggakan dan untuk mempermudah pembayaran iuran, dengan sistem pembayaran iuran yang baru, maka pembayaran iuran cukup dalam 1 kali transaksi saja menggunakan 1 virtual account untuk seluruh anggota keluarga sekaligus.

Memang beda dengan sistem pembayaran sebelumnya yang harus menggunakan masing-masing virtual account peserta. sehingga jika dalam satu keluarga ada 5 orang peserta, maka pembayaran harus dilakukan sebanyak 5 kali transaksi untuk masing-masing peserta, tapi dengan aturan terbaru  saat ini sistem pembayaran menjadi lebih mudah dan cukup dilakukan dalam satu kali transaksi saja.


Demikian tentang Kenapa Iuran bulanan Anda membengkak tidak seusai dengan bulan-bulan sebelumnya padahal anda tidak memiliki tunggakan. semoga membantu.
loading...

5 comments:

  1. Kami sekeluarga ber4 mampu bayar bpjs kelas 2, kami tidak dapat layanan yang layak di faskes kami. Suatu hari anak masuk igd di rs Swasta yg layanannya kami rasa layak dg pake bpjs. Kami dapat exses klaim 3 juta yg harus dibayar langsung. Sejak itu kami tidak pernah bayar lagi bpjs sampai 2 bulan berikutnya di daftarkan dan dibayarkan oleh perusahaan saya dg gaji sudah di potong. Sampai lewat setahun kami dapat tagihan bpjs sebesar 2 bulan bpjs mandiri plus 1 tahun dg total kurang lebih 3 jutaan di kelas 2. Untuk sekarang saja di kelas 1 saja kami tidak mampu. Sudah setahun juga anggota keluarga yang baru...bayi sakit kena tbc sekarang dalam perbaikan gizi... semua ini biaya sendiri. Saya sudah konsultasi ke kantor bpjs terdekat tetap harus melunasi yg telah bengkak tersebut untuk dapat daftarkan bayi kami. Kami yakin banyak yang seperti kami karena kebutuhan hidup tiap bulan tiap tahun meningkat tidak diikuti dengan pendapatan dalam prosentasenya.tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam pa arif rahmat. semoga anaknya lekas sembuh seperti sedia kala.

      Alangkah baiknya bapak langsung urus dan koordinasikan dengan pihak bpjs dengan menunjukan nota bukti pembayaran, sehingga sangat jelas berapa sebenarnya tunggakannya.

      Memang benar peraturan bpjs saat ini jika peserta memiliki tunggakan maka tidak bisa mendaftarkan anggota keluarga lainnya yang terdapat dalam satu KK sebelum tunggakan tersebut dilunasi.

      Jika memang benar-benar merasa terbebani dengan iuran bulanan bpjs, bapak bisa beralih menjadi peserta bpjs PBI yang iuran bulannya ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah, namun hanya mendapatkan hak kelas III.

      Delete
  2. Bu, kk saya terdiri dari 3 orang. Masing2 sudah punya bpjs kelas 1. Tapi kenapa tagihan bpjs saya bulan September jadi 1.020.000 ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kenapa biaya membengkak:
      1. Memiliki tunggakan
      2. Terkena denda, biasanya akan terkena denda jika kartu yang diblokir di aktifkan kembali, namun sebelum 45 hari sejak kartu aktif kembali peserta harus menjalani rawat inap, denda akan sebesar 2,5% dari biaya rawat inap.

      3. kesalahan sistem

      Untuk mengetahuinya ibu bisa datang langsung ke kantor bpjs agar mendapatkan kejelasan

      Delete
  3. Tagihan saya membengkak menjadi 400.000 setiap bulan untuk 3 peserta kelas 1. Saya heran mengapa bisa menjadi 400.000 padahal saya rutin bayar setiap bulan. Tolong penjelasannya.

    ReplyDelete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!