Status Peserta BPJS Mandiri yang dapat kartu KIS BPJS PBI?

Ada banyak sekali keluhan dari beberapa peserta bpjs mandiri menyangkut perubahan kepesertaan bpjs mereka tanpa mereka perkirakan sebelumnya, awalnya mereka terdaftar sebagai peserta bpjs mandiri lalu beberapa bulan kemudian tanpa disangka-sangka dan tanpa di kehendaki mereka akhirnya mendapatkan karu KIS, sebuah kartu yang saat ini diperuntukan bagi peserta BPJS PBI (peserta bantuan iuran, yang iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah).

Bahkan ada juga kejadian si peserta tidak bisa didaftarkan untuk menjadi peserta bpjs perusahaan di tempat kerjanya karena diketahui dia sedang terdaftar menjadi peserta BPJS PBI, padahal sebelumnya dia adalah peserta Non-PBI sehingga jalan keluarnya agar dia bisa menjadi peserta bpjs ppu badan usaha adalah keluar atau mengundurkan diri terlebih dahulu dari kepesertaan bpjs PBI sebelumnya untuk menonaktifkan kepesertaan PBI, setelah pbi non-aktif baru mereka bisa dialihkan.

bpjs mandiri yang mendapatkan kartu kis

Peralihan dari bpjs mandiri ke PBI, sebenarnya bukanlah masalah jika si peserta bisa menerima, apalagi kita tau bahwa dengan menjadi peserta bpjs pbi maka kita tidak harus pusing-pusing untuk membayar iuran bulanan bpjs karena iuran akan  dibayarkan oleh pemerintah, tapi perlu anda tau bahwa dengan menjadi peserta BPJS PBI maka itu artinya anda harus rela untuk mengambil hak kelas 3 bpjs dan anda hanya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas kelurahan atau desa. ditambah lagi saat ini kelas 3 tidak bisa naik kelas perawatan maupun turun kelas perawatan ketika anda harus di rawat di rumah sakit.

Bagaimana Status kepesertaan peserta BPJS Mandiri yang mendapatkan kartu KIS?

Pengalihan dari mandiri menjadi peserta PBI ini bisa terjadi sebenarnya bukan tanpa alasan, ini karena mereka sudah terlanjur melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS Mandiri, sementara data rekonsiliasi penerima PBI dari dinas soasial belum diproses oleh menteri kesehatan, dikarenakan proses rekonsiliasi harus menunggu setiap 6 bulan sekali. sehingga ketika mereka sudah terdaftar menjadi peserta BPJS mandiri, data rekonsiliasi selesai diproses yang menjadikan dia sebagai peserta BPJS PBI pemegang kartu KIS.

Karena peserta bpjs tidak boleh memiliki kepesertaan ganda, maka untuk anda yang kebetulan secara tiba-tiba mendapatkan kartu kis dari pemerintah padahal anda masih aktif sebagai peserta bpjs mandiri, maka kepesertaan anda secara otomatis sudah beralih menjadi peserta BPJS PBI pemegang kartu kis dan hanya berhak atas kelas 3 bpjs.

Tapi iuran bulanan bpjs dari kepesertaan mandiri harus dibayarkan sampai bulan ini, dan jika si peserta sebelumnya menunggak maka tunggakan harus dilunasi seluruhnya, jika tidak maka akan mempersulit proses administrasi kepesertaan bpjs.

Apa dampak peralihan dari Mandiri menjadi peserta BPJS PBI?
Dampak peralihan dari peserta mandiri menjadi peserta bpjs pbi pemengang kartu KIS adalah, anda akan kesulitan ketika ingin beralih menjadi peserta bpjs ppu badan usaha atau mandiri, sehingga jalan keluarnya anda harus menon-aktifkan kepesertaan bpjs pbi anda yang biasanya harus menunggu setiap 6 bulan sekali. jika pbi anda berhasil di nonaktifkan maka anda baru bisa beralih baik menjadi peserta bpjs badan usaha (bpjs ppu) maupun menjadi peserta bpjs mandiri.


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, jika anda sebelumnya terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri lalu anda tiba-tiba dikeahui sebagai pemegang kartu KIS atau sebagai peserta PBI maka, kepesertaan anda secara otomatis sudah beralih menjadi peserta BPJS PBI sebagai pemegang kartu KIS.

Dan untuk anda yang kesulitan ketika ingin beralih menjadi peserta bpjs ppu perusahaan atau badan usaha, maka anda harus mengundurkan diri dari kepesertaan bpjs pbi sebelumnya, agar kepesertaan PBI anda non-aktif, jika kepesertaan PBI masih aktif maka sampai kapanpun anda tidak bisa beralih baik menjadi peserta bpjs PPU mapun kembali menjadi peserta BPJS Mandiri.

Demikian artikel penjelasan tentang Status Peserta BPJS Mandiri yang dapat kartu KIS BPJS PBI?, semoga membantu.

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!