Cara Mengurus Perubahan data Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)

Kartu jamsostek adalah kartu anggota  untuk peserta jaminan sosial tenaga kerja, untuk saat ini karena jamsostek sudah beralih menjadi bpjs ketenagakerjaan (BPJS TK), pemegang kartu JAMSOSTEK pun secara bertahap akan dialihkan menjadi pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan, kartu ini adalah kartu identitas peserta yang sangat bermanfaat untuk kepentingan yang berkaitan dengan Jamsostek atau BPJS, salah satunya adalah untuk klaim JHT (Jaminan Hari Tua).

Kartu Jamsostek atau kartu BPJS TK datanya harus dipastikan benar, karena jika tidak maka kemungkinan besar akan mempersulit urusan yang berkaitan dengan jamsostek atau bpjs tk tersebut di kemudian hari, seperti misalnya untuk pencairan dana JHT, kartu jamsotek/kartu BPJS ketenagakerjaan harus sama dengan berkas persyaratan lainnya seperti KTP, KK Akta lahir Izajajah dan lain sebagainya, jika sedikit saja ada perbedaan maka pencairan dana JHT akan sulit.

mengurus perubahaan data jamsostek


Oleh karena itu siapapun anda yang saat ini sebagai pemegang kartu Jamsostek atau kartu BPJS Ketenagakerjaan, pastikan bahwa biodata anda yang tertera di kartu seperti Nama, Tanggal Lahir dan biodata lainnya harus sama. jika tidak maka anda harus segera mengurus perubahan data kepesertaan sejak dini sebelum terlambat. anda juga bisa merubah data peserta seperti no hp atau ponsel dan biodata lainnya yang digunakan untuk mendaftar.

Syarat dan Prosedur Mengurus Data Kepesertaan Jamsostek / BPJS TK

Untuk anda yang kebetulan sebagai pemegang kartu jamsostek/kartu bpjs ketenagakerjaan dan biodata di kartu anda salah, maka langkah untuk mengurus perubahan data kepesertaan jamsostek/bpjs tk adalah sebagai berikut:

Persyaratan perubahan data kepesertaan

Berkas persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Fotocopy dan Asli KTP
  2. Fotocopy dan Asli KK (Kartu Keluarga)
  3. Asli Kartu Jamsostek/ Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Prosedur mengurus perubahan data kepesertaan

Setelah berkas persyaratan anda persiapkan, langkah berikutnya adalah mengurus perubahan data kepesertaan dengan prosedur sebagai berikut:

Bagi yang masih aktif bekerja:
Hubungi Pihak HRD Perusahaan dengan membawa berkas persyaratan di atas, pihak HRD perusahaan akan meneruskannya untuk disampaikan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan melampirkan copy KTP dan mengembalikan kartu asli tersebut ke pihak BPJS untuk di ganti dengan kartu yang baru.

Pihak BPJS akan melakukan perbaikan sesuai dengan koreksi yang disampaikan dan kartu lama akan diganti dengan kartu BPJS/Jamsostek yang baru.

Atau bisa mengurusnya sendiri dengan meminta terlebih dahulu formulir koreksi data kepesertaan dari hrd perusahaan, selanjutnya datang ke kantor bpjs tempat perusahaan melakukan pendafaran dengan membawa berkas persyaratan di atas.

Bagi yang sudah tidak aktif:
Untuk anda yang sudah tidak aktif bekerja anda bisa langsung mengurusnya sendiri dengan langsung mendatangi Kantor Cabang BPJS tempat perusahaan mendaftar, dengan membawa surat Keterangan Pengalaman Kerja / Paklaring bagi pekerja yang sudah non-aktif, anda biasanya akan diminta untuk mengisi formulir perubahaan data kepesertaan.

Informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau dapat langsung menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1-500-910

Apakah mengurus perubahan data kepesertaan Bisa dilakukan Secara Online?

Terkait perubahan data kepesertaan bpjs ketenagakerjaan atau jamsostek untuk saat ini tidak bisa dilakukan secara online, perubahan bisa melalui perwakilan HRD perusahaan untuk diteruskan ke pihak BPJS atau dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS tempat perusahaan melakukan pendaftaran.


Demikian tentang Cara Mengurus Perubahan data Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK), semoga membantu. 
loading...

28 Responses to "Cara Mengurus Perubahan data Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)"

  1. saya punya bpjs ketenaga kerjaan tapi saya cek di aplikasi bpjs mobile bahwa no bpjs saya tidak sesuai dengan e ktp saya gmana ya cara perbaikinya mohon perbantuannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas, hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan teknis bisa datang langsung ke kantor bpjs setempat

      Delete
  2. ini saya sudah datang ke bpjs setempat saya juga sudah isi fom duplikat data . tapi koq sampe saat ini saya masih gakbisa ngecek data diri saya dibpjs mobile . nama dan tgl lahir saya tetap tidak sesuai dengan bpjs gimana certanya ? udah 2kali balik loh saya ke sana . gak ditemuin stafnya tapi disuruh ditinggal sama satpamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan perubahan data kepesertaan sudah diproses, jika nama atau data di kartu di perbaharui seharusnya mendapatkan penggantian kartu.

      Seharusnya bukan hanya ditangani oleh satpam langsung saja ke petugasnya dengan menunggu antrian, dengan alasan ingin melakukan perubahan data kepesertaan.

      Delete
  3. Selamat pagi
    Jadi begini
    Saya adalah seorang perantau dari
    Jawa ke kalimantan timur
    Kebetulan saya bekerja di sebuah perusahan dan di fasilitasi bpjs dan jamsostek
    Naas ktp saya hilang saat di mintai oleh kantor sewaktu di buatkan data bpjs dan jamsostek
    Tanpa pikir panjang saya di bantu oleh rekan membuat ktp di mana saya berdomisili dan jadilah ktp trsbt dan bpjs serta jamsostek.selang beberapa tahun.saya baru mengetahui bahwa ktp sya dobel rekord dengan nik yg berbeda.otomatis data bpjs dan jamsostek saya nik saya juga berbeda dengan nik dari jawa.pertanyaan saya bagaimana mengubah data saya yg di kalimanatan dengan data asli dari jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data NIK ktp harus sama dengan data nik KK dan data nik ktp ini harus sama dengan data kepesertaan bpjs tk, jika ada perbedaan biasanya pencairan akan sulit.

      Silahkan perbaiki saja biodata ktp sesuai dengan kk di disdukcapil setempat dan lakukan perubahan data kepesertaan bpjs agar sesuai dengan biodata sebenarnya.

      Delete
  4. Bagaimana kalau KK tidak bawa yg asli,hanya photo copy nya saja dgn alasan Kk sedang di perbaharui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sudah terbit no kk dan nik peserta bisa digunakan

      Delete
  5. Alamat dan no kk saya tidak sama dng yg d bpjs lalu saya di sarankan untuk update data ke disdukcapil tp masih blum ada perubahan data
    Apakah saya harus update data jg ke bpjsnya?? Apakah saya bisa melakukannya di kcp cikarang tp sebelumny perusahaan tempat saya bekerja mendaftrkanya di kcp cileungsi

    ReplyDelete
  6. Padahal saya pekerja, tapi saya cek di BPJSTK mobile tidak bisa . Padahal berulang2 saya masukkan data nik serta no KPJ juga gk bisa dicek. Memang sih saya buat kk baru tapi dengan nik berbeda. Ge mna yah? E ktp yg lama sama yang baru NIK nya beda. Tolong dong kasih tau

    ReplyDelete
  7. Ge mna yah.. BPJS saya tidak bisa dicek melalui BPJSTK MOBILE. Padahal saya masih aktif bekerja. Memang sih baru2 ini saya ganti KK pas menikah. Tapi yg anehnya NIK E-ktp saya berbeda dari nik yg di KK baru. Tolong sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan semua Data data yang tercantum di bpjs sama dengan data KTP, data Kartu Keluarga (KK), jika berbeda Anda bisa membuat surat keterangan koreksi kesalahan dari kelurahan setempat.

      Jika masih bekerja bisa meminta bantuan hrd perusahaan untuk mengurusnya, jika sudah tidak bekerja bisa mendatangi kantor bpjs tempat melakukan pendaftaran untuk melakukan koreksi.

      Delete
  8. Nama d krtu bpjs tdak sesuai dgn ktp, bgaimana cra untuk memperbaikinya?sedangkan sya sdah berhenti bekerja, dan apa sja persyaratan yg hrus d bwa ktika memperbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ada perbedaan nama di kartu dan KTP, silahkan buat surat pernyataan nama yang seharusnya ke Desa atau kelurahan setempat dilengkapi dengan dokumen acuan (KTP) yang namanya benar.

      Lalu urus ke kantor bpjs ketenagakerjaan dengan membawa surat pernyataan tersebut.

      Delete
    2. saya punya bpjs kk sama ktp dah benar tapi saya cek mobile tgl lahir bulan thn beda

      Delete
    3. Sebaiknya segera lakukan perubahan, jika masih bekerja bisa minta bantuan HRD, jika sudah tidak bekerja bisa datang ke kantor bpjs setempat dengan membawa bukti data yang valid seperti KTP atau KK.

      Delete
  9. Assalamualaikum..
    Bu nama saya Cecep zailani,, di KTP,kk,paklaring,dan kartu bpjstk semua Cecep zailani, tp ko saya cek di bpjstk mobile Cecep Jailani, itu beda z sma j apa bisa e klim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya perbedaan data antar dokumen atau data berkas dengan data bpjs bisa menyebabkan klaim ditolak, sebaiknya lakukan perbaikan data dengan datang ke kantor bpjs setempat, sertakan bukti yang valid.

      Delete
  10. Saya berdomisili di kabupaten lebong,bengkulu..saya bekerja di perusahaan swasta dari jakarta di daerah saya.nomor NIK di ktp saya tidak sama dengan kaetu bpjs saya...saya sudah nlpon dan minta dari perusahaan yang mengurusi tapi tidak ada tanggapan..saya sudah di phk lebih dari satu bulan dan bpjs saya sampai sekarang masih aktif..tidak mungkin saya dari bengkulu ke jakarta untuk merubah data saya...apakah bisa dirubah di cabang yang ada di bengkulu...?tolobg jawaban nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam.
      Status bpjs jika masih aktif tidak akan pernah bisa melakukan pencairan.

      Masih aktifnya kepesertaan bpjs walaupun sudah keluar atau resign dari perusahaan itu karena perusahaan memiliki tunggakan.

      Pengurusan NIK dan KTP yang beda tidak perlu ke perusahaan cukup mendatangi kantor cabang bpjs dengan membawa bukti data yang valid.

      Patikan kepesertaan nonaktif dulu, baru mengurusnya, karena percuma jika masih aktif tidak akan pernah bisa dicairkan.

      Delete
  11. saya sudah coba klain bpjstk lewat online..tpi muncul nama dan tanggal lahir saya tidak sesuai dengan kepesertaan..katanya harus dtng ke pihak hrd dlu kerja..sedangkan hrd yg dulu sudah tutup perusahaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke HRD jika masih status bekerja. jika sudah tidak bekerja perbedaan nama dan tanggal lahir bisa diperbaiki di kantor bpjs dengan menyertakan surat pernyataan data peserta yang valid dari desa dan disdukcapil,

      Pastikan sama dengan akta dan ijazah, biasanya ketika perubahan data pihak bpjs akan meminta berkas pendukung seperti akta kelahiran dan ijazah ktp peserta

      Delete
  12. ktp yg terdaftar di bpjs bkn ektp apakah bisa klaim menggunakan ktp tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika datanya sama bisa, walaupun nik beda biasanya sudah terhubung dengan ktp lama

      Delete
  13. Saya sudah berhenti kerja dari sebuah perusahaan dan saya mendapatkan paklaring, namun nama di paklaring tidak sama dengan yang di KTP maupun Kk. Dan saya kembali bekerja di perusahaan yang baru dan sudah mendapatkan paklaring lagi. Pertanyaan saya, apakah bisa klaim JHT menggunakan paklaring dari perusahaan yang terakhir kali saya bekerja?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap kartu bisa diklaim secara terpisah dan masing-masing harus menggunakan paklaring sesuai dengan perusahaan yang mengeluarkan kartu tersebut.,

      Data di paklaring dan berkas persyaratan semua harus dipastikan sama, jika beda biasanya klaim akan ditolak.

      Jika sudah dan masih bekerja di perusahaan baru, agar lebih mudah melakukan klaim di kemudian hari lebih baik lakukan penggabungan saldo dari kartu lama ke kartu baru.

      Delete
  14. rencananya mau klaim jht tapi nama ktp dan kartu bpjstk saya berbeda,apa harus minta keterangan dri kelurahan at perusahaan?at gimana? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman saya sempat mengalami hal serupa, dia hanya melengkapi surat pengantar dari desa/kelurahan namun di berkas persyaratan harus ditambah izajah dan akta kelahiran.

      Ada kasus lain, perbedaan data nama ada yang harus meminta surat pernyataan dari disdukcapil nama yang valid.

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel