Cara Mengurus Perubahan data Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)

Kartu jamsostek adalah kartu anggota  untuk peserta jaminan sosial tenaga kerja, untuk saat ini karena jamsostek sudah beralih menjadi bpjs ketenagakerjaan (BPJS TK), pemegang kartu JAMSOSTEK pun secara bertahap akan dialihkan menjadi pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan, kartu ini adalah kartu identitas peserta yang sangat bermanfaat untuk kepentingan yang berkaitan dengan Jamsostek atau BPJS, salah satunya adalah untuk klaim JHT (Jaminan Hari Tua).

Kartu Jamsostek atau kartu BPJS TK datanya harus dipastikan benar, karena jika tidak maka kemungkinan besar akan mempersulit urusan yang berkaitan dengan jamsostek atau bpjs tk tersebut di kemudian hari, seperti misalnya untuk pencairan dana JHT, kartu jamsotek/kartu BPJS ketenagakerjaan harus sama dengan berkas persyaratan lainnya seperti KTP, KK Akta lahir Izajajah dan lain sebagainya, jika sedikit saja ada perbedaan maka pencairan dana JHT akan sulit.

mengurus perubahaan data jamsostek


Oleh karena itu siapapun anda yang saat ini sebagai pemegang kartu Jamsostek atau kartu BPJS Ketenagakerjaan, pastikan bahwa biodata anda yang tertera di kartu seperti Nama, Tanggal Lahir dan biodata lainnya harus sama. jika tidak maka anda harus segera mengurus perubahan data kepesertaan sejak dini sebelum terlambat. anda juga bisa merubah data peserta seperti no hp atau ponsel dan biodata lainnya yang digunakan untuk mendaftar.

Syarat dan Prosedur Mengurus Data Kepesertaan Jamsostek / BPJS TK

Untuk anda yang kebetulan sebagai pemegang kartu jamsostek/kartu bpjs ketenagakerjaan dan biodata di kartu anda salah, maka langkah untuk mengurus perubahan data kepesertaan jamsostek/bpjs tk adalah sebagai berikut:

Persyaratan perubahan data kepesertaan

Berkas persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Fotocopy dan Asli KTP
  2. Fotocopy dan Asli KK (Kartu Keluarga)
  3. Asli Kartu Jamsostek/ Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Prosedur mengurus perubahan data kepesertaan

Setelah berkas persyaratan anda persiapkan, langkah berikutnya adalah mengurus perubahan data kepesertaan dengan prosedur sebagai berikut:

Hubungi Pihak HRD Perusahaan dengan membawa berkas persyaratan di atas, pihak HRD perusahaan akan meneruskannya untuk disampaikan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. Dengan melampirkan copy KTP dan mengembalikan kartu asli tersebut ke pihak BPJS untuk di ganti dengan kartu yang baru. Pihak BPJS akan melakukan perbaikan sesuai dengan koreksi yang disampaikan dan kartu lama akan diganti dengan kartu BPJS/Jamsostek yang baru.

Atau anda juga bisa langsung mengurusnya sendiri dengan llangsung mendatangi Kantor Cabang BPJS tempat perusahaan mendaftar, dengan membawa surat Keterangan Pengalaman Kerja / Paklaring bagi pekerja yang sudah non-aktif, anda biasanya akan diminta untuk mengisi formulir perubahaan data kepesertaan.

Informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau dapat langsung menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 1-500-910

Apakah mengurus perubahan data kepesertaan Bisa dilakukan Secara Online?

Terkait perubahan data kepesertaan bpjs ketenagakerjaan atau jamsostek untuk saat ini tidak bisa dilakukan secara online, perubahan bisa melalui perwakilan HRD perusahaan untuk diteruskan ke pihak BPJS atau dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS tempat perusahaan melakukan pendaftaran.


Demikian tentang Cara Mengurus Perubahan data Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK), semoga membantu. 
loading...

2 comments:

  1. saya punya bpjs ketenaga kerjaan tapi saya cek di aplikasi bpjs mobile bahwa no bpjs saya tidak sesuai dengan e ktp saya gmana ya cara perbaikinya mohon perbantuannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mas, hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan teknis bisa datang langsung ke kantor bpjs setempat

      Delete

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!