BPJS Nonaktif Karena Premi apa sebenarnya yang terjadi?

BPJS Nonaktif Karena Premi apa sebenarnya yang terjadi? - Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs sebenarnya caranya cukup mudah, peserta tinggal membawa kartu bpjs lalu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama, peserta pun akan dilayani sebagai pasien bpjs yang seluruh biayanya akan ditanggung oleh bpjs.

Tapi sayangnya banyak peserta bpjs yang mengalami tidak bisa berobat menggunakan bpjs dengan alasan kartunya tidak aktif, bahkan peserta baru mengetahui bahwa kartunya tidak aktif pada saat ingin menjalani pelayanan kesehatan dari bpjs, akhirnya banyak peserta yang awalnya ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis justru yang ia dapatkan malah penolakan dan hanya bisa ditangani sebagai pasien umum.

Kartu bpjs nonaktif karena premi


Kasus seperti ini memang tidak dipungkiri sering sekali terjadi, dan alasan yang banyak sekali dialami oleh peserta bpjs adalah kartu bpjs nonaktif karena premi, alasannya memang tidak umum sehingga tidak heran banyak peserta yang mempertanyakan apa sebenarnya yang terjadi dengan informasi kartu bpjs nonaktif karena premi.

BPJS Nonaktif Karena Premi apa sebenarnya yang terjadi?

Kartu bpjs non-aktif karena premi memang banyak sekali dialami oleh peserta bpjs, bahkan terjadi juga untuk peserta bpjs yang iuran bulannnya menggunakan autodebet rekening bank. lantas apa sebenarnya yang terjadi ?


Ternyata Kartu bpjs yang nonaktif karena premi disebabkan oleh peserta yang dianggap menunggak atau belum melakukan pembayaran iuran bpjs.

Jalan satu-satunya untuk mengaktifkan kembali kartu bpjs yang nonaktif karena premi adalah dengan cara membayar seluruh tunggakan (melunasi) untuk setiap anggota keluarga yang terdapat dalam Kartu Keluarga (KK).

Silahkan baca: Cara mengurus pembayaran tunggakan bpjs

Setelah pembayaran dilunasi maka Kartu pun akan aktif kembali dan bisa digunakan kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs.

Lantas bagaimana dengan peserta yang menggunakan autodebet untuk pembayaran bpjs ?

Kasus nonaktifnya kartu juga sering dialami oleh peserta bpjs yang menggunakan autodebet untuk membayar iuran bulanan bpjs, seharusnya kartu terus aktif karena pembayaran otomatis setiap bulan diambil dari rekening tabungannya, tapi pada kenyataanya banyak juga yang mengalami kasus dinonaktifkannya kartu dengan alasan karena premi.

Ternyata kejadian ini disebabkan oleh autodebet yang macet, sehingga jika terjadi demikian, maka yang harus anda lakukan adalah mengecek total tunggakan bpjs yang harus anda bayar, lalu melakukan pembayaran tunggakan.

Jika setelah melakukan pembayaran iuran kartu masih saja dalam keadaan nonaktif karena premi, maka anda harus segera membuat laporan dengan datang langsung ke kantor bpjs dengan membawa kartu keluarga beserta nota bukti pembayaran tunggakan.

Kesimpulan

Dengan artikel ini semoga anda tidak lagi bertanya-tanya ketika anda mengetahui kartu bpjs anda nonaktif karena premi, itu artinya anda dianggap telat membayar iuran alias menunggak, untuk mengaktifkan kembali kartu bpjs anda yang nonaktif karena premi adalah membayar seluruh tunggakan maka kartu akan otomatis aktif kembali,

Jika setelah melakukan pembayaran iuran kartu masih saja nonaktif dalam waktu yang lama, sebaiknya segera laporkan ke pihak bpjs dengan datang langsung ke kantor bpjs, atau komplain melalui situs lapor.go.id, atau bisa juga menghubungi call center bpjs.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!