Nomor Kartu keluarga (KK) sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online

Nomor Kartu keluarga (KK) sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online - Perlu diketahui, saat ini Pendaftaran bpjs dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pendaftaran bpjs secara online dan pendaftaran bpjs secara offline, daftar bpjs secara online bisa dilakukang dengan mengunjungi website bpjs, sedangkan untuk pendaftaran bpjs secara offline harus datang langsung ke kantor cabang bpjs terdekat sesuai dengan lokasi faskes tingkat 1 yang ingin dipilih.

Sesuai dengan peraturan undang-undang bpjs nomor 24 tahun 2011 pasal 16 ayat (1), menyatakan bahwa Setiap orang, selain Pemberi Kerja, Pekerja, dan penerima Bantuan Iuran, yang memenuhi persyaratan kepesertaan dalam program Jaminan Sosial wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya sebagai Peserta kepada BPJS, sesuai dengan program Jaminan Sosial yang diikuti.

Berdasarkan undang-undang tersebut dapat diartikan bahwa Sistem pendaftaran bpjs mandiri yang berlaku saat ini menggunakan sistem pendaftaran 1 keluarga sesuai dengan data keluarga yang tercantum didalam KK pendaftar,  sehingga salah satu persyaratan wajib yang harus dipersiapkan ketika ingin mendaftar menjadi peserta bpjs mandiri adalah Kartu Keluarga atau KK.

Data yang terdapat di KK akan menjadi acuan dalam menentukan jumlah anggota keluarga yang harus didaftarkan menjadi peserta bpjs.

nomor kartu keluarga sudah terdaftar


Terkait Kartu keluarga, ada satu masalah yang sering dialami oleh calon peserta bpjs yang ingin melakukan pendaftaran, terutama ketika mereka melakukan pendaftaran bpjs secara online.

Masalah yang mereka alami adalah mereka tidak bisa melakukan pendaftaran bpjs secara online dengan munculnya informasi Nomor Kartu Keluarga (KK) sudah terdaftar, sehingga tidak dapat melakukan proses selanjutnya, padahal peserta yang bersangkutan tidak merasa pernah melakukan pendaftaran bpjs sebelumnya.

Dengan munculnya informasi tersebut banyak para pendaftar yang merasa kebingungan dan tidak tahu masalah apa yang sebenarnya terjadi.

Penyebab Nomor Kartu keluarga (KK) sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online

Pendaftaran bpjs baik secara online maupun offline akan mencocokan nomor kartu keluarga yang tercatat di dinas kependudukan dan catatan sipil dengan nomor kartu keluarga calon peserta secara offline.

Jika pendaftaran dilakukan secara online dan ada satu saja keluarga yang sudah melakukan pendaftaran bpjs, maka kartu keluarga akan dianggap sudah terdaftar karena sudah tercatat di sistem bpjs.

Jadi penyebab nomor kartu keluarga sudah terdaftar ketika melakukan pendaftaran bpjs secara online itu artinya, ada 1 atau lebih anggota keluarga yang tercantum di KK sudah menjadi peserta bpjs mandiri.

Karena berdasarkan ketentuan, pendaftaran bpjs secara online baru bisa dilakukan ketika anggota keluarga yang terdapat di kartu keluarga tidak satupun belum terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri.

Lalu bagaimana solusinya ?
Jika ada satu saja keluarga yang sudah terdaftar sebagai peserta bpjs, maka pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online, namun harus dilakukan secara offline dengan cara datang langsung ke kantor bpjs setempat dengan membawa persyaratan pendaftaran bpjs yang sudah ditetapkan.

Perlu diingat juga, Jika alamat bpjs tempat melakukan pendaftaran tidak sesuai dengan alamat ktp, maka calon peserta wajib menyertakan surat keterangan domisili dari rt/rw setempat.
loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!