Mengatasi NIK Sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online

Pendaftaran bpjs mandiri secara online memang dianggap sebagai salah satu cara paling praktis yang dapat kita tempuh untuk menjadi peserta bpjs, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor bpjs.

Caranya cukup dengan mengunjungi halaman website bpjs untuk melakukan pendaftaran online, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan data dan syarat pendaftaran, setelah itu kita tinggal menunggu proses pendaftaran selesai diproses.

Sayangnya walaupun terdengar cukup mudah, ternyata ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan yang harus kita ikuti, salah satu ketentuan untuk daftar bpjs secara online adalah setiap anggota keluarga yang tercatat di kartu keluarga (KK) satu pun belum ada yang menjadi peserta bpjs kesehatan.



Jika ada satu anggota keluarga saja yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS kesehatan maka proses pendaftaran secara online tidak akan bisa dilakukan.

Permasalahan pendaftaran bpjs kesehatan online ini memang sering sekali dialami oleh beberapa calon peserta bpjs yang ingin melakukan pendaftaran,  satu permasalahan yang sering sekali dialami adalah munculnya informasi "Data tidak diproses, NIK KTP sudah terdaftar mohon ke kantor cabang terdekat untuk mengurus kartu bpjs", padahal si peserta yang bersangkutan merasa tidak pernah melakukan pendaftaran bpjs sebelumnya, sehingga mereka tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran secara online karena masalah tersebut.

Penyebab NIK KTP Sudah terdaftar ketika melakukan pendaftaran BPJS kesehatan secara online

Jika anda mengalami permasalahan tersebut itu artinya sistem bpjs mengidentifikasi ada anggota keluarga di kartu keluarga yang anda gunakan atau Anda pribadi sudah dianggap menjadi peserta bpjs kesehatan.

Kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Anda mungkin pindah tempat tinggal dan hendak melakukan pendaftar ulang bpjs secara online di tempat tinggal baru anda padahal sebelumnya sudah menjadi peserta.

Perlu diperhatikan bahwa jika sudah menjadi peserta bpjs tidak bisa daftar untuk yang kedua kali, jika pindah tempat tinggal maka anda cukup melakukan perubahan data kepesertaan bpjs saja


2. Tanpa sepengetahuan anda, anda mungkin sudah masuk menjadi peserta BPJS PBI pemegang kartu KIS / Jamkesmas / jamkesda yang iuran bulanan nya ditanggung oleh pemerintah.

Jika ini terjadi maka silahkan anda lakukan proses penggantian kartu Jamkesda / jamkesmas menjadi kis bpjs.


3. Identitas NIK KTP atau Nomor kartu keluarga anda digunakan oleh orang lain (karena kekeliruan) tanpa sepengetahuan anda.


4. Kesalahan sistem BPJS atau kesalahan operator bpjs ketika memasukkan nomor KK / NIK KTP pada saat orang lain melakukan pendaftaran bpjs.

5. Ada anggota keluarga anda yang sudah terdaftar menjadi peserta bpjs kesehatan, entah itu peserta bpjs PBI, peserta bpjs PPU Perusahaan atau peserta bpjs mandiri.

Mengatasi NIK Sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online

Jika muncul informasi nik sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online, maka anda tidak akan pernah bisa melanjutkan daftar bpjs secara online.

Solusinya adalah mendaftar bpjs secara offline dengan cara datang langsung ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan bpjs kesehatan yang telah ditetapkan.

Petugas bpjs akan mencari tahu penyebabnya, dan petugas akan memproses pendaftaran bpjs anda sampai selesai.




loading...

0 Response to "Mengatasi NIK Sudah terdaftar ketika daftar bpjs secara online"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel