Solusi Mengatasi Beda data Nama di kartu BPJS Ketenagakerjaan

Beda data antara data yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan berkas persyaratan pencairan, bisa mengakibatkan dana BPJS TK tidak bisa dicairkan.

Hal ini sering sekali dialami oleh peserta BPJSTK yang ingin melakukan pencairan, padahal seharusnya ketika masih bekerja dan teridentifikasi sejak dini ada perbedaan data antara kartu dengan data KTP maupun KK, maka sebaiknya segera dilakukan perbaikan melalui HRD atau personalia perusahaan karena jika dibiarkan umumnya akan mempersulit pencairan.

Sayangnya banyak dari mereka peserta BPJS baru menyadari ada perbedaan data antara KTP dengan kartu BPJS pada saat ingin melakukan pencairan, tentu saja peristiwa tersebut bisa menghambat dan mempersulit proses pencairan dana JHT BPJS ketenagakerjaan.

Solusinya adalah peserta harus memperbaharui data kepesertaan sehingga tidak ada perbedaan data di berkas persyaratan pencairan, baik antara KTP, KK, Kartu BPJS dan berkas persyaratan lainnya.

mengatasi beda nama di kartu bpjstk


Yang jadi masalah adalah banyak peserta yang tidak mengetahui cara memperbaikinya, karena minimnya informasi yang mereka dapatkan mereka kesulitan untuk merevisi nama atau perbedaan data yang salah tersebut.

Oleh karena itu melalui artikel kali ini saya ingin menguraikan solusi bagaimana cara mengatasi jika terdapat peberdaan data nama antara Kartu BPJS dengan KTP atau KK.

Solusi Mengatasi Beda data Nama di kartu BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mengatasi perbedaan data antar kartu BPJS dengan identitas peserta, maka ada beberapa cara yang bisa diupayakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Datang ke kantor BPJS untuk meminta informasi cara melakukan perbaikannya.

Jika anda sudah berhenti bekerja namun tidak bisa melakukan pencairan dana JHT 100%, karena adanya perbedaan data antara data di kartu BPJTK dengan data identitas anda, maka anda bisa mendatangi kantor cabang bpjstk setempat. Mereka akan memberikan informasi untuk memperbaiki perbedaan nama tersebut.

Beberapa cara yang umumnya diinformasikan oleh Petugas BPJSTK diantaranya adalah

a. Membuat surat keterangan data valid dari Kepala desa
Terus terang saya pribadi belum mengalaminya, namun berdasarkan informasi dari seorang teman yang mengalami kasus serupa, untuk memperbaikinya cukup dengan membuat surat keterangan dari desa/kelurahan dengan mencantumkan data peserta yang valid.

b. Membuat surat keterangan data valid dari disdukcapil
Di beberapa tempat lainnya, untuk memperbaiki perbedaan data antara kartu dengan data, dimana data kartu salah nama, maka peserta harus membuat surat keterangan data nama anda yang benar di  disdukcapil.

Surat keterangan yang sudah jadi langsung di bawa ke kantor cabang BPJS TK dengan membawa berkas persyaratan pencairan dilengkapi dengan berkas pendukung seperti Akta kelahiran dan atau Ijazah terakhir yang namanya valid. Pastikan data berkas persyaratan semuanya sama tidak boleh ada yang berbeda.

2. Minta Bantuan Bagian Personalia atau HRD Perusahaan

Jika anda masih dalam status bekerja dan anda mengidentifikasi adanya perbedaan antara data KTP / Akta dengan data di kartu BPJS, maka anda bisa menghubungi pihak HRD Perusahaan untuk segera melakukan perubahan data kepesertaan.

Pihak HRD akan membantu anda untuk memperbaikinya dan akan diteruskan ke bpjs ketenagakerjaan. dan anda akan menerima kartu bpjs anda dengan data baru yang valid.

3. Buat Pesan Pengaduan di situs lapor.go.id

Jika setelah melakukan hal-hal di atas anda masih mendapatkan kesulitan untuk mengoreksi data kartu BPJSTK  anda yang salah, maka anda bisa membuat pesan pengaduan di situs resmi pemerintah lapor.go.id, pesan anda akan diteruskan kepada pihak BPJSTK.

KASUS:
Seperti kasus berikut:
Data Kepesertaan
LAPORAN:
YTH.Badan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan (BPJS TK) Manado sulawesi utara.
Saya sudah berhenti bekerja sekitar 3 tahun lalu,setelah saya berhenti saya mengajukan claim BPJS TK,di kantor BPJS TK yang ada di kota manado,saat di kantor saya memperlihatkan berkas-berkas pendukung yang di perlukan.
Dan memang ada perbedaan nama antara KTP lama (BUKAN KTP ELEKTRONIK,atas nama Stenly giovani rawung),saya dengan kartu peserta BPJS TK (atas nama sthanley giovani harianto rawung / harianto rawung adalah nama yang di pakai di ijazah SMA saya) ,dari PIHAK KANTOR BPJS TK menyarankan agar saya membuat KTP ELEKTRONIK terlebih dahulu dan meminta surat keterangan dari CAPIL bahwa saya dan NAMA YANG TERTERA DI KTP DAN KARTU PESERTA BPJS TK ADALAH ORANG YANG SAMA.(selasa 20 maret 2018).
5 BULAN KEMUDIAN,saya baru bisa membuat semua berkas tambahan yang di perlukan.karna waktu yang di butuhkan untuk mengurus surat,cukup lama karna ada persoalan satu dan lain hal...
Dan akhirnya saya kembali ke kantor BPJS TK,tepatnya tgl 24 agustus 2018,membawa berkas tambahan..
Saat di periksa kembali,akhirnya mereka bilang lagi,ini ada perbedaan nama KTP ELEKTRONIK (sudah memakai nama,HARIANTO RAWUNG,karna di capil mengharuskan untuk memakai nama yang tertulis di IJAZAH TERAKHIR)..dan saya pun sudah menjelaskan kenapa ada perbedaan nama,DI BPJS TK,DAN KTP ELEKTRONIK,DAN saya juga sudah membawa surat keterangan,perbedaan nama dari CAPIL dan dari DESA tempat saya tinggal,dan akhirnya MEREKA TIDAK MAU LAGI MEMPROSESNYA,dari pihak BPJS TK,menyarankan kembali, agar saya membawa AKTA KELAHIRAN.
Akhirnya saya balik lagi untuk mengurus AKTA KELAHIRAN,karna AKTA KELAHIRAN YANG LAMA HILANG...
27 agustus 2018 saya balik lagi ke kantor BPJS TK,dengan MEMBAWA SEMUA BERKAS YANG MEREKA MINTA,sesampainya di kantor BPJS TK,mereka periksa kembali berkas saya..dan mereka bilang hal yang sama, ini beda nama,dan saya menjelaskannya kembali,sema seperti beberapa bulan lalu saat saya datang,dan sama seperti minggu kemarin saat saya datang,dan mereka tidak mau lagi memprosesnya,saya di suruh lagi meminta surat keterangan beda nama dari perusahaan tempat saya kerja dulu......
PERTANYAAN SAYA SEPERTI INI,KENAPA TIDAK DARI AWAL DI JELASKAN SURAT KETERANGAN APA SAJA YANG HARUS SAYA SERTAKAN...
BPJS TK MANADO,SULAWESI UTARA TERKESAN MEMPERMAINKAN SAYA,SAYA BUKAN PENIPU,ATAU PENCURI,SAYA HANYA INGIN MENGAMBIL HAK SAYA..SAYA BAHKAN SUDAH MEMBAWA BUKTI SETORAN BPJS TK SAYA...
KTP SAYA BERASAL DARI MINAHASA SELATAN,APAKAH ANDA (BPJS TK MANADO SULAWESI UTARA),BISA MENGERTI BAHWA SAYA SUDAH RUGI,KESANA KEMARI,DAN JUGA MEMBUANG BUANG WAKTU...
JUJUR SAJA,SAYA MERASA DI PERSULIT,UNTUK MENGAMBIL HAK SAYA..
SAYA BUTUH HAK SAYA,KARNA SAYA HARUS MENCARI PEKERJAAN LAGI,MENCARI PEKERJAAN ITU BUTUH MODAL....
DAN SAYA MINTA TOLONG KEPADA BPJS TK,MANADO SULAWESI UTARA,ATAU DARI PUSAT,TOLONGLAH JANGAN MEMPERSULIT,JELASKAN JANGAN SETENGAH-SETENGAH,KALAU SEANDAINYA SAYA MEMILIKI PEKERJAAN SAAT INI,ANDA AMBIL HAK SAYA ITUPUN TIDAK MASALAH BAGI SAYA..
TAPI SAAT INI SAAT SAYA SEDANG MENCARI PEKERJAAN....
SAAT INI JUGA SAYA KEBINGUNGAN,KARNA PERUSAHAAN SAYA BEKERJA DULU SUDAH PINDAH,ITU ARTINYA SAYA BUTUH WAKTU LAGI,UNTUK MENCARI PERUSAHAAN ITU,UNTUK MEMINTA SURAT KETERANGAN " BAHWA SAYA ORANG YANG SAMA".
SEMENTARA KEBUTUHAN PUN TIDAK BISA MENUNGGU....
SEKIRANYA PIHAK BPJS TK MANADO SULAWESI UTARA BISA MEMBERIKAN SOLUSI DAN TIDAK MEMPERSULIT LAGI,
TRIMAKASIH.....

Jawaban dari PIHAK BPJSTK:
BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sulawesi Maluku (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan)
Mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang Bapak dapatkan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Manado dan terima kasih atas kritikan yang Bapak sampaikan.
Untuk pengajuan klaim, Bapak dapat langsung menemui Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kacab Manado (Ibu Hamyuliawati Hamzah) atau staf Pelayanan yang didelegasikan yaitu Bpk. Reinhard Tua Pandapotan dengan membawa seluruh dokumen pengajuan klaim (asli + FC) beserta dokumen tambahan yang telah diinformasikan sebelumnya oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan dengan menunjukkan tanggapan dari BPJS Ketenagakerjaan ini.
Terima Kasih


Jika terjadi perbedaan data, baik itu nama, nama ibu kandung antara data bpjs dengan berkas persyaratan biasanya akan mempersulit pencairan, segeralah perbaiki.

Demikian solusi untuk mengatasi beda data nama di kartu BPJS ketenagakerjaan dengan nama di KTP, KK atau ijazah. Semoga membantu

loading...

No comments:

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!