Cara daftar BPJS jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar

Dulu ketika pertama kali program BPJS mulai berjalan, setiap anggota keluarga bisa sendiri-sendiri mendaftar sebagai peserta BPJS, namun seiring dengan munculnya kebijakan-kebijakan baru, Aturan pendaftaran BPJS kesehatan untuk Saat ini sedikit berbeda.

Untuk saat ini jika seseorang daftar BPJS maka setiap anggota keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) semuanya harus ikut didaftarkan juga menjadi peserta BPJS, dan setiap orang yang didaftarkan menjadi peserta harus mengambil kelas perawatan yang sama.

Terkait pendaftaran, untuk memberikan kemudahan pendaftaran, pihak bpjs saat ini menyediakan beberapa media pendaftaran, bisa melalui online atau melalui offline.



Untuk daftar online calon peserta bisa daftar melalui situs resmi bpjs, atau bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN  yang bisa didownload dan di pasang di hp android atau iphone anda.

Sementara untuk Daftar offline, peserta bisa datang langsung ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan yang diminta.

Daftar BPJS Secara online hanya untuk peserta yang anggota keluarganya satupun belum ada yang menjadi peserta BPJS.

Daftar BPJS sebenarnya sangat mudah, apalagi saat ini banyak tersedia alternatif online untuk melakukan pendaftaran, namun sayangnya daftar online hanya untuk anda dimana anggota keluarga yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) satupun belum ada yang menjadi peserta.

Jika Anda ingin mendaftar menjadi peserta Mandiri, dan anggota keluarga yang tercantum di KK satupun belum ada yang menjadi peserta maka anda bisa daftar secara ONLINE agar praktis anda bisa melakukan pendaftaran di rumah.

Pendaftaran bpjs secara online tersedia dalam 3 cara, bisa melalui telepon, melalui situs resmi bpjs dan melalui aplikasi mobile JKN.

Untuk informasi selengkapnya bisa dibaca: cara daftar BPJS secara online

Cara daftar BPJS jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar

Sementara untuk anda yang ingin daftar BPJS namun salah satu anggota keluarga yang tercantum di KK sudah menjadi peserta BPJS, maka pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online, tapi harus offline dengan cara datang langsung ke kantor BPJS setempat.

Adapun persyaratan yang harus dibawa adalah sebagai berikut:

1. Copy dan asli Kartu Keluarga (KK)
2. Copy dan Asli KTP masing-masing anggota keluarga yang ingin didaftarkan
3. Photo 3x4 masing-masing anggota keluarga, kecuali balita
4. Kepemilikan rekening Bank, (BNI, BRI atau Mandiri) jika ingin mengambil kelas I atau kelas II
5. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh di kantor BPJS.

Persyaratan di bawa ke kantor BPJS, petugas akan membantu memproses pendaftaran anda.

Iuran Pertama BPJS kesehatan

setelah melakukan pendaftaran anda akan dikasih Nomor Virutal Account untuk membayar iuran pertama, pembayaran iuran pertama umumnya harus dilakukan setelah 14 hari sejak anda menerima virtual account. Pembayaran bisa dilakukan di Bank, PPOB( Alfamart, pegadaian, kantor pos dll).

Setelah iuran pertama dibayarkan maka anda bisa mencetak kartu ke kantor BPJS dengan menunjukan bukti pembayaran iuran pertama, kartu akan langsung dicetak dan langsung aktif serta bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari bpjs.
loading...

0 Response to "Cara daftar BPJS jika salah satu anggota keluarga sudah terdaftar"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel