Perbedaan KIS dan BPJS kesehatan yang perlu anda ketahui

Untuk 2020 saat ini KIS dan BPJS merupakan 2 istilah yang berbeda namun saling berkaitan, KIS adalah kartu identitas peserta BPJS sementara BPJS adalah badan penyelenggara kesehatan nasional yang mengeluarkan kartu KIS.

KIS atau sering disebut sebagai kartu indonesia sehat dulu sebenarnya adalah program jakowi untuk warga indonesia ketika jakowi menjabat sebagai gubernur dki jakarta, kartu tersebut digunakan untuk masyarakat dengan kategori miskin dan kurang mampu guna mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah.

Adanya program kis sebenarnya kurang tepat karena  pada waktu itu sudah ada bpjs kesehatan dan bpjs gratis penerima bantuan iuran dari pemerintah atau PBI, dimana keduanya memiliki program yang sama yaitu guna untuk memberikan pelayanan gratis kepada warga miskin dan kurang mampu.

Sehinga pada akhirnya tahun 2017, KIS yang awalnya merupakan kartu indonesia sehat untuk warga  miskin dan kurang mampu di daerah jakarta saja, akhirnya berubah fungsi menjadi kartu identitas yang digunakan oleh seluruh peserta BPJS penerima bantuan iuran(PBI) atau peserta bpjs kelas III yang iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah.

beda kis dan bpjs


Sementara untuk peserta bpjs mandiri dan juga bpjs kesehatan perusahaan, kartu yang digunakan adalah kartu dengan nama kartu BPJS Kesehatan.

Namun pada tahun 2018, 2019 sampai sekarang, pemerintah mulai memberlakukan Kartu KIS sebagai kartu identitas untuk seluruh peserta BPJS kesehatan, baik peserta mandiri, peserta bpjs perusahaan maupun peserta bpjs kesehatan perusahaan. sehingga kini KIS sudah menjadi kartu standar untuk seluruh peserta BPJS.

Perbedaan KIS dan BPJS kesehatan yang perlu anda ketahui

Dulu tahun 2017 KIS dan BPJS adalah 2 istilah yang berbeda, KIS merupakan kartu indonesia sehat untuk warga miskin dan kurang mampu wilayah jakarta sebagai pengganti kartu JAMKESMAS atau JAMKESDA, sementara BPJS merupakan program kesehatan nasional (seluruh indonesia) yang diselenggarakan oleh pemerintah, dimana pesertanya akan mendapatkan kartu bpjs sebagai kartu identtias.

Namun di tahun 2018,2019 sampai 2020 saat ini, KIS dan BPJS merupakan dua hal yang sangat berkaitan. KIS adalah kartu BPJS sementara BPJS adalah badan penyelenggaranya yang menerbitkan kartu KIS.

KIS saat ini bukan hanya kartu identitas untuk peserta bpjs pbi saja, namun merupakan kartu identitas yang digunakan oleh seluruh peserta BPJS.

Jadi pada saat ini KIS adalah kartu yang akan diberikan kepada seluruh peserta BPJS kesehatan yang  juga sekaligus menggantikan kartu BPJS kesehatan sebelumnya. 

Kesimpulan

KIS saat ini bukan lagi kartu BPJS untuk peserta BPJS Penerima bantuan iuran dari pemerintah, namun KIS saat ini sudah menjadi kartu identas untuk seluruh peserta BPJS, dan peserta bpjs yang sebelumnya sebagai pemegang kartu BPJS kini kartunya secara bertahap akan diganti seluruhnya menjadi KIS (Kartu indonesia sehat).

loading...

0 Response to "Perbedaan KIS dan BPJS kesehatan yang perlu anda ketahui"

Post a Comment

Anda punya pertanyaan seputar BPJS, silahkan ajukan pertanyaan anda di kotak komentar, barangkali saya bisa membantu!. Komentar Anda akan Muncul Setelah disetujui!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel